Olahraga Yuk Di Batam!

Dengan adanya wabah COVID-19 di negara Indonesia, kita dituntut untuk meningkatkan imunitas tubuh kita dengan menjalani pola hidup sehat, yaitu dengan makan bergizi dan juga berolahraga. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga di ruang terbuka alias outdoor. Sebenarnya, saya pribadi lebih senang berolahraga di dalam ruangan atau indoor, seperti halnya gym dan ikut kelas fitness karena tidak suka panas-panasan. Hahaha. Tapi, konon berolahraga di ruang tertutup beresiko jadi tempat penyebaran COVID-19. Jadi sekarang ini saya membiasakan diri berolahraga outdoor bersama pak suami saat weekend.

Keuntungan tinggal di Batam adalah kotanya minim polusi sehingga udaranya masih segar. Panas sih tetap panas ya, apalagi matahari di daerah kepulauan kan tidak ada lawannya. Hahaha. Tapi, kondisi tersebut tidak menyurutkan antusias warga Batam untuk berolahraga outdoor. Olahraga outdoor yang sedang naik daun saat ini di Batam adalah jogging / lari dan bersepeda. Bahkan saya liat olahraga itu punya komunitasnya sendiri dan rajin bikin kegiatan bersama.

Di saat pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Kota Batam, saya agak kesulitan mencari info tentang tempat atau sarana umum yang bisa dipakai untuk berolahraga. Akhirnya setelah beberapa bulan disini, saya baru ketemu 3 tempat yang biasa dijadikan tempat olahraga bagi penduduk Batam. Nanti kalau ketemu lagi tempat yang baru akan saya tambahkan lagi di tulisan ini.

  1. Sukajadi
    Address: Jln. Bukit Indah Raya, Sukajadi, Batam Kota, Batam 29444

    1594974925370.jpg
    Jogging track Bukit Golf Sukajadi

    Lokasinya ada di dalam kompleks perumahan Bukit Indah Sukajadi. Ketika masuk kita harus melewati pemeriksaan pos satpam dan menjelaskan maksud dan tujuan kita masuk ke area perumahan tersebut. Saat itu saya dan suami hanya bilang mau olahraga dan satpam mengijinkan mobil kami untuk masuk. Tidak jauh dari pos satpam, ada sebuah cluster perumahan yang belum jadi (belum dibangun) bernama: The Golf Residence. Di tempat tersebut biasanya orang-orang memarkirkan mobilnya dan masuk ke lapangan untuk jogging / lari. Lintasan lapangannya tidak terlalu besar juga, sekitar 900 meter untuk sekali keliling. Kalau mau lintasan yang lebih panjang, bisa lari keliling kompleks perumahannya dengan kontur jalanan yang agak berbukit.

  2. Harbour Bay
    Address: Jln. Duyung, Sei Jodoh, Batu Ampar, Batam 29432

    1594042478122.jpg
    Jogging Track di Harbour Bay
    1594042482299.jpg
    Pemandangan pinggir laut
    1594042487590.jpg
    Deretan restaurants dan hotel di Harbour Bay

    Kompleks Harbour Bay terletak di daerah Batu Ampar. Kompleks ini sangat luas karena terdiri dari pelabuhan, hotel-hotel, residence, restaurants dan mall. Tidak perlu khawatir tentang parkir karena slot parkiran disini banyak dan lebih aman karena kita harus mengambil karcis parkir berbayar untuk masuk ke area ini. Tidak mahal kok tarif parkirnya, hanya Rp. 2.000 untuk 2 jam pertama dan Rp. 1.000 untuk tiap jam berikutnya. Karena kompleksnya luas, tempat ini cocok untuk jadi lintasan lari dan bersepeda jarak jauh. Kerennya lagi, karena lokasi Harbour Bay ada di pinggir laut, sembari olahraga kita bisa menikmati udara dan pemandangan laut. Apabila cuaca sedang cerah, kita juga bisa melihat pemandangan negara tetangga Singapura, di seberang lautan.

  3. Alun-alun Engku Putri
    Address: Jln. Engku Putri, Tlk Kering, Batam Kota, Batam 29444

    1594974947171.jpg
    Museum Raja Ali Haji
    1594974938265.jpg
    Lapangan tengah yang biasa dijakikan tempat jogging / lari
    1594974951823.jpg
    Lapangan futsal
    1594974942670.jpg
    Kursi taman
    1594974933951.jpg
    Jam operasional Alun-Alun Engku Putri selama pandemi COVID-19

    Lokasi alun-alun ini bertepatan dengan kantor PemKot Batam dan museum Raja Ali Haji. Biaya masuk ke tempat ini gratis. Di dalam alun-alun Engku Putri ada beberapa lapangan. Lapangan tengah biasa dipakai untuk jogging / lari / sepeda dengan panjang lintasan sekitar 500 meter untuk sekali keliling. Ada juga lapangan basket dan futsal serta lintasan untuk skate board. Banyak tersedia kursi taman juga yang bisa kita gunakan setelah lelah berolahraga. Cocok untuk olahraga keluarga sekalian sambil foto-foto. Hehe.

Apabila ada teman-teman yang berdomisili di Batam ingin menambahkan lokasi olahraga lainnya di Batam, silakan isi kolom komentar di bawah ya. Nanti akan saya update kembali setelah ketemu tempat baru.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s