Trip To Australia: Melbourne – Day 3

2 Oktober 2019

Great Ocean Road

Getting Here: https://www.visitgreatoceanroad.org.au/getting-here/#
Website: https://www.visitgreatoceanroad.org.au/

Agenda perjalanan hari ini adalah ke luar kota Melbourne, yaitu tour ke Great Ocean Road. Pak suami sudah daftar ikut tour ini jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Australia. Dia beli paket 1-day tour di aplikasi Klook dengan harga AUD 115 per orang.

Great Ocean Road adalah jalan raya sepanjang 243 km yang membentang antara kota Torquay dan Allansford. Jalan ini merupakan objek wisata yang terkenal. Daya tarik utama dari Great Ocean Road adalah pemandangan indah yang akan membuat kita terpana karena jalan ini melintasi berbagai medan seperti pinggir pantai, hutan, dan tebing. Great Ocean Road juga merupakan akses ke tempat wisata seperti Twelve Apostle dan Loch Ard Gorge.

Kenapa pak suami memilih ikut tour dan tidak mengatur travel sendiri? Ada dua alasan utama; yaitu minimnya transportasi umum ke area sana, serta pak suami malas untuk sewa mobil sendiri dan menyetir seharian. Apalagi hanya solo traveller, rasanya sayang untuk sewa-sewa mobil.

Operator tour ke Great Ocean Road sebenarnya ada banyak dengan penawaran paket yang bervariasi:

  • Kendaraan: bus besar, minibus, atau mobil dengan grup kecil / private.
  • Itinerary: ada yang start point-nya mulai dari Melbourne ke arah Twelve Apostle dan ada yang sebaliknya.
  • Jadwal berangkat: mayoritas tour akan berangkat di pagi hari dari Melbourne, namun ada juga yang menawarkan berangkat agak siang untuk menghindari keramaian di tempat wisata.
P_20191002_114352_vHDR_Auto
Minibus Bunyip Tour

Pak suami memilih operator Bunyip dengan paket kendaraan minibus dan berangkat pagi hari dari Melbourne. Setelah reservasi paket tour, Bunyip akan mengirimkan e-mail untuk menanyakan alamat tinggal di Melbourne, jadi peserta tour bisa dijemput di area terdekat dengan hotel.

Titik jemput terdekat dari apartment pak suami hanya berjarak sekitar 500 meter, dan diminta sudah datang sebelum jam 07.25 pagi. Udara dan angin pagi Melbourne cukup dingin saat itu. Pak suami tidak lupa membawa jaket untuk antisipasi kedinginan disana dan juga bekal makanan yang cukup (untuk alasan penghematan, hahaha).

Tepat jam 07.25 pagi, minibus Bunyip Tour datang untuk menjemput pak suami di titik yang disepakati, kemudian minibus tersebut keliling ke beberapa titik di kota Melbourne untuk menjemput peserta tour lainnya. Total ada 13 orang peserta tour dengan 1 driver yang merangkap sebagai tour guide. Minibus yang dipakai cukup nyaman dengan AC dan WiFi. Tour guide-nya seorang veteran bernama Bill, yang sangat ramah dan informatif sepanjang tour.

Itinerary

P_20191002_095519_vHDR_Auto
Beach In Great Ocean Road
P_20191002_102509_vHDR_Auto
Memorial Arch

Perjalanan dimulai sekitar jam 8 pagi, dimana minibus meninggalkan kota Melbourne melewati kota Geelong dan stop pertama di daerah Anglesea untuk menikmati biskuit, kopi, dan teh. Setelah itu minibus lanjut ke Memorial Arch untuk berfoto. Sepanjang jalan mata dimanjakan dengan pemandangan garis pantai yang seolah tiada habisnya. Bill juga sempat stop di satu spot pinggir pantai dan mempersilahkan peserta tour untuk turun dan foto-foto. Perjalanan dilanjutkan ke arah Apollo Bay untuk lunch break. Ada banyak restoran yang bisa dipilih disini. Bill merekomendasikan peserta tour untuk mencoba es krim Dooley yang terkenal. Jangan lewatkan juga untuk mampir ke pantai pasir putih di Apollo Bay.

P_20191002_130557_vHDR_Auto
Es Krim Dooley

Perjalanan lanjut menuju ke Cape Otway melewati jalan yang menembus hutan. Tujuan utamanya adalah datang ke Cape Otway Lighthouse, yang merupakan mercu suar (lighthouse) tertua di Australia yang masih berfungsi. Kita bisa naik ke atas lighthouse dan melihat selat Bass dari ketinggian. Oiya, ada entry fee untuk bisa masuk ke area ini, yang sudah termasuk dalam biaya tour dari Bunyip.

P_20191002_135857_BF
Cape Otway Lighthouse

Kemudian minibus lanjut ke arah Twelve Apostle, namun di tengah perjalanan sempat stop di satu area (lupa namanya, hehe) untuk melihat wild Koala di pohon Eucalyptus.Pak suami senang karena bisa melihat Koala lagi, walaupun kali ini hanya dari jauh karena rata-rata mereka ada di pohon yang cukup tinggi.

P_20191002_161633_vHDR_Auto
Twelve Apostle (bagian kanan lookout point)
P_20191002_161549_vHDR_Auto
Twelve Apostle (bagian kiri lookout point)

Setelah puas melihat Koala, perjalanan lanjut ke Twelve Apostle yaitu formasi batu kapur yang menjulang di pantai di area Port Campbel National Park. Jumlah formasinya sebenarnya tidak dua belas, tapi hanya 6 atau 7 saja. Tetap bagus untuk difoto dan dikagumi. Ada juga akses untuk turun ke pantai dan melihat Twelve Apostle dari dekat, yaitu melalui Gibson Steps.

P_20191002_165228_vHDR_Auto
Loch Ard Gorge

Tidak jauh dari Twelve Apostle, terdapat objek wisata Loch Ard Gorge yang berupa pantai yang diapit oleh tebing batu kapur berwarna kuning. Untuk menuju area pantai, pengunjung harus menuruni tangga yang lumayan curam. Di area ini juga terkenal sebagai situs shipwreck.

Tidak terasa hari sudah gelap, sehingga tour harus kembali ke arah kota Melbourne. Rute pulang berbeda dengan rute pergi, dengan melewati sisi utara dan sempat stop di Colac untuk beli makan malam. Akhirnya tiba kembali di Melbourne sekitar jam 9 malam.

Overall, pak suami cukup merekomendasikan Bunyip Tour untuk pergi ke Great Ocean Road. Service dari mereka juga profesional. Tips: Sebelum booking paket tour atau merencanakan perjalanan ke Great Ocean Road, selalu periksa prakiraan cuaca dulu. Jangan sampai kesana dalam keadaan hujan karena pemandangannya jadi kurang bagus nantinya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Bunyip Tour bisa cek link dibawah ini.

Contact:
Bunyip Tour Melbourne
Website: https://bunyiptours.com/

To Be Continued…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s