Trip To Australia: Melbourne – Day 2

Hari ini kita jalan-jalannya masih seputaran kota Melbourne saja. Agendanya pun cukup santai. Besok baru ada rencana untuk main ke luar kota. Travel hari ini dimulai agak siang sekitar jam 10, dengan tujuan pertama adalah State Library of Victoria.

1 Oktober 2019

State Library of Victoria

Opening Hours: weekday 10:00 – 21:00, weekend 10:00-18:00
Address: 328 Swanston St, Melbourne VIC 3000, Australia
Getting Here: https://www.slv.vic.gov.au/visit/getting-here
Website: https://www.slv.vic.gov.au/

Perpustakaan ini lokasinya cukup dekat dengan apartment, hanya sekitar 500 meter, jadi pak suami cukup berjalan kaki saja sambil menikmati suasana dan dinginnya udara pagi kota Melbourne. Mungkin banyak yang bertanya apa yang menarik di perpustakaan sehingga layak dikunjungi? Ternyata kebanyakan turis tertarik datang untuk mengagumi interior gedung yang megah, terutama di The Dome atau La Trobe Reading Room yang sangat instagram-able. Ruangan baca tersebut berbentuk oktagonal dengan diameter dan tinggi 34 meter, pengunjung bisa naik hingga ke lantai 4 untuk sekedar melihat-lihat koleksi di perpustakaan dan berfoto ria.

P_20191001_104149_vHDR_Auto
Suasana di dalam State Library Of Victoria

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan publik utama dan tertua di Australia, serta memiliki jutaan koleksi buku, ratusan ribu fotografi, manuskrip, peta, dan koran dengan fokus utama berupa material dari negara bagian Victoria. Ruang baca yang tersedia juga cukup banyak seperti The Dome, Chess Reading Room, Heritage Collection Reading Room, dan lain-lain. Saat berkunjung kesana terlihat pepustakaan ini cukup ramai oleh penduduk lokal, menandakan budaya literasi yang cukup baik di Melbourne.

Queen Victoria Market

Opening hours: Tuesday, Thursday, Friday 6:00-15:00. Saturday 6:00-16:00. Sunday 09:00-16:00. Wednesday (seasonal) 17:00-22:00.
Address: Queen St, Melbourne 3000 VIC, Australia
Getting Here: https://qvm.com.au/visit-us/
Website: https://qvm.com.au/

Dari perpustakaan pak suami menuju ke Queen Victoria Market dengan naik tram. Tujuan utama kesini adalah untuk makan siang dengan harga yang affordable. Ada area foodcourt dan restoran di pasar ini yang menjual berbagai menu makanan. Pak suami memilih makan nasi lemak di foodcourt.

P_20191001_114718_vHDR_Auto
Queen Victoria Market
P_20191001_114745_vHDR_Auto
Tempat beli oleh-oleh di Queen Victoria Market

Queen Victoria Market sendiri merupakan pasar terbesar di Melbourne yang terdiri dari banyak sekali toko dan kios. Luas areanya mencapai 7 hektar. Terbagi menjadi Fresh Produce/Eat & Drink dan Specialty Shop. Ada banyak penjual souvenir juga jika ingin mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Dikarenakan tempat ini begitu luas, butuh waktu seharian untuk bisa explore keseluruhan areanya.

University of Melbourne

Address: Parkville, VIC 3010, Australia
Website: https://www.unimelb.edu.au/

Tujuan selanjutnya adalah mampir ke Universitas of Melbourne. Lokasinya di area yang cukup luas di Parkville. Selain kampus utama di Parkville, juga ada kampus lain yang berlokasi di Southbanks, Burnley, Creswick, dan lain-lain.

Di kampus area Parkville, pak suami cukup senang dengan jalan-jalan dan bersantai di area taman kampus mulai dari university square hingga ke south lawn, masuk ke beberapa gedung fakultas, dan melihat atmosfir kampus.

P_20191001_133434_vHDR_Auto
Suasana hijau di kampus University Of Melbourne

Kenapa berkunjung ke kampus? Pak suami sebenarnya punya keinginan untuk lanjut kuliah di luar negeri, bahkan sudah dapat Letter of Acceptance (LoA) dari 2 universitas di Belanda beberapa tahun yang lalu. Namun karena belum berhasil dapat beasiswa, akhirnya tidak jadi berangkat. Jadi mampir ke area kampus ini untuk mengobati rasa penasarannya tentang belajar di luar negeri sekalian melihat suasana kampus.

Brighton Beach

Address: Esplanade, Brighton VIC 3186, Australia
Website: https://www.bayside.vic.gov.au/brighton-beach-bathing-boxes

Tujuan pak suami berikutnya adalah ke Brighton beach untuk melihat Bathing Box yang terkenal sebagai destinasi favorit tourist di Melbourne. Konon belum sah ke Melbourne kalau belum foto di depan bathing box. Hehe. Pak suami naik tram dari dekat University of Melbourne ke Flinders Street Railway Station, lalu lanjut naik kereta Sandringham line dan turun di Brighton Beach Station. Dari sana jalan menyusuri pantai hingga ketemu bathing box.

P_20191001_164541_vHDR_Auto
Deretan bathing box di Brighton Beach

Ada sekitar 82 bathing box dengan eksterior warna yang beragam. Tempat ini lumayan ramai dengan turis yang berfoto-foto. Bathing box sendiri merupakan sejenis pondok kecil dimana pemiliknya menyimpan barang-barang untuk piknik di pantai. Pantai disana juga cukup ramai dengan keluarga dan anak kecil yang bermain.

P_20191001_165506_vHDR_Auto
Ini salah satu bathing box favorit

Setelah puas melihat dan foto-foto di Brighton Beach, pak suami duduk santai sambil menunggu datangnya sunset di sini. Pemandangannya lumayan bagus tapi harus tahan dengan dinginnya angin di pantai. Jadi kalau kalian datang kesini saat musim semi, sebaiknya bawa jaket supaya tidak kedinginan. Setelah dari sini, pak suami balik ke apartemen dan beristirahat.

To Be Continued…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s