Trip To Australia: Sydney – Day 2

Tulisan ini merupakan sambungan dari post sebelumnya tentang jalan-jalan di Sydney.

27 September 2019 

Blue Mountain National Park

Agenda perjalanan hari ini tidak banyak seperti halnya hari kemarin, hanya saja lokasi tujuan kita ini berada 100 km di luar kota Sydney atau sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kereta. Jadi khusus hari ini kita memulai perjalanannya lebih pagi supaya bisa lebih lama menikmati pemandangan disana.

P_20190927_114032_vHDR_Auto
Blue Mountain National Park

Tempat tujuan hari ini adalah kawasan Blue Mountain. Kawasan ini adalah taman nasional seluas 1 juta hektar dan berisikan banyak pepohonan, tebing batu pasir, ngarai dan air terjun. Di Blue Mountain kita akan mengunjungi Scenic World, Echo Point dan Three Sisters yang ada di area Katoomba. Sebenarnya mungkin masih banyak lagi yang bisa dijelajahi di Blue Mountain kalau punya lebih banyak waktu, sayangnya disini kita hanya melakukan day trip.

Info lebih lanjut tentang Blue Mountain National park bisa dilihat di website: https://www.nationalparks.nsw.gov.au/visit-a-park/parks/blue-mountains-national-park

Weather

Cuaca di Blue Mountain jauh lebih dingin dari kota Sydney, suhu berkisar antara 2 – 23 derajat Celcius dan lumayan berangin saat musim semi. Jadi pastikan membawa jaket / pakaian yang sesuai kalau tidak mau kedinginan ya. Disarankan untuk datang ke Blue Mountain pada saat weekdays karena biasanya saat weekend pengunjungnya lebih banyak dan akan sulit bagi kita mendapatkan spot foto yang bagus.

Sebelum berangkat ke Blue Mountain, sebaiknya cek aplikasi prakiraan cuaca setempat dulu. Jangan sampai kesini saat lagi hujan atau mendung karena pemandangannya jadi kurang bagus. Selain itu, beberapa ruas jalanan untuk trekking juga jadi becek dan licin.

Getting Here

Untuk pergi kawasan Blue Mountain, tepatnya di area Katoomba, kita bisa naik kereta dari Sydney sampai ke Katoomba Station. Detail keretanya apa saja, bisa dicek di website https://transportnsw.info/ ya. Jadwal kereta dari Central Station menuju Katoomba Station tidak begitu banyak dan interval waktunya lumayan lama, sekitar 15 menit – 1 jam. Jadi waktu kepergian dan kepulangan dari Katoomba harus diatur dengan baik supaya tidak kelamaan menunggu di stasiun. Selain itu, disarankan untuk menggunakan Opal Card sebagai sarana pembayaran transportasi karena kita bisa mendapatkan benefit Daily Cap. Dengan jarak sejauh 100 km, kita hanya perlu membayar AUD 16,1 per orang dengan Daily Cap. Apabila mau lebih hemat lagi, bisa menggunakan fasilitas Sunday Cap dari Opal Card dan berangkat di hari Minggu. Dengan Sunday Cap kita hanya perlu membayar AUD 2,8 per orang, tapi konsekuensinya adalah kereta dan juga tempat wisatanya akan jauh lebih padat karena ramai pengunjung.

P_20190927_103637_vHDR_Auto
Katoomba Station

Dari Katoomba Station, ada 2 pilihan transportasi menuju ke Scenic World, yaitu:

  • Blue Mountain Explorer Bus
    Explorer bus ini adalah semacam hop on – hop off bus. Jadi kita nanti akan dibawa keliling dan bisa turun di halte-halte yang telah disediakan. Harga mulai dari AUD 55 per orang. Untuk  jadwal explorer bus bisa dicek pada website mereka:  https://www.explorerbus.com.au/
  • Public Bus 686.
    P_20190927_111301_vHDR_Auto
    Public Bus 686

    Pak suami memilih naik public bus 686 karena lebih affordable, hanya AUD 2,24 per orang untuk sekali jalan. Harga ini bisa jadi gratis karena termasuk ke dalam Daily Cap bagi pengguna Opal Card. Lokasi halte bus 686 berada di depan The Carrington Hotel dekat Katoomba Station. Jadwal bus bisa dilihat di website: https://transportnsw.info/

Admission

Untuk masuk ke Scenic World kita akan dikenakan biaya admission sebesar AUD 44 per orang. Tiket itu bisa kita gunakan untuk menikmati atraksi rides yang ada disana: Skyway, Cableway, Railway dan Walkway secara unlimited dalam satu hari. Sementara untuk ke Echo Point dan Three Sisters free admission.

Tiket bisa dibeli online lewat website resmi https://scenicworld.com.au/ atau lewat travel agent (online maupun offline). Kalau pak suami beli tiket Scenic World secara go-show di travel agent sekitar Katoomba Station, namanya Trolley Shoppe yang terletak di Bathrust Rd.

Travel Experiences

Scenic World

Scenic World adalah bagian dari taman nasional Blue Mountain yang menawarkan pengalaman menjelajah dan sightseeing secara berbeda. Di tempat ini ada 4 atraksi rides yang sayang kalau dilewatkan:

  1. Skyway (https://scenicworld.com.au/experience/scenic-skyway)
    Skyway adalah atraksi rides pertama yang diikuti pak suami begitu sampai di Scenic World. Untuk mengakses Skyway kita mulai dari Top Station. Top Station ini semacam stasiun central bagi semua rides. Bangunannya bertingkat dan tiap tingkat ada atraksi rides yang berbeda.

    P_20190927_114457_vHDR_Auto
    Scenic Skyway

    Skyway bisa dibilang semacam cable car dengan kapasitas yang lebih besar, hanya saja bagian lantainya dibuat transparan sehingga kita bisa melihat pemandangan dari ketinggian 270 meter diatas taman nasional Blue Mountain. Jangan lewatkan pemandangan Three Sisters dan Air terjun Katoomba dari atas Skyway. Jarak tempuh Skyway tidak begitu jauh, hanya sekitar 720 meter dari Top Station ke East Station.
    Begitu kita turun di East Station, kita akan bertemu dengan jalan setapak Prince Henry Cliff Walk yang akan membawa kita ke sebuah anjungan kecil (lookout point). Di anjungan ini kita bisa menikmati pemandangan alam Blue Mountain. Setelah puas berfoto disini, pak suami kembali naik Skyway dari East Station ke Top Station.

  2. Cableway (https://scenicworld.com.au/experience/scenic-cableway)
    Seperti namanya, cableway ini adalah cable car. Bedanya dengan Skyway, ukuran cabin di Cableway lebih kecil dan tidak ada bagian lantai yang transparan. Seperti biasa, titik mulai untuk menaiki ride ini selalu dimulai dari Top Station. Jarak tempuh dari Top Station ke Base station adalah 545 meter. Di Base Station ini ada akses untuk menuju ke Walkway.

    P_20190927_123515_vHDR_Auto
    Scenic Cableway
  3. Walkway (https://scenicworld.com.au/experience/scenic-walkway)
    Walkway adalah jalur pejalan kaki berupa elevated boardwalk sejauh 2,4 km yang melintasi rainforest di Jamison Valley. Di Walkway, pak suami sempat jalan sedikit sampai di lokasi site tambang batu bara bersejarah. Sebenarnya jalur Walkway ini akan menyambung dengan Railway Base Station, sekitar 10 menit jalan kaki. Tapi, pak suami memilih untuk kembali ke Cableway Base Station dan naik kembali ke Top Station untuk bisa mendapatkan pengalaman naik Cableway dengan arah berlawanan (menanjak).

    P_20190927_130918_vHDR_Auto
    Scenic Walkway
  4. Railway (https://scenicworld.com.au/experience/scenic-railway)
    Railway ini atraksi rides yang paling seru dan menegangkan karena kereta yang kita naiki akan berada di jalur rel dengan derajat kemiringan yang curam (52 derajat kemiringan). Jalur rel-nya tidak terlalu panjang, hanya sekitar 310 meter. Untuk menambah efek kemiringannya, di tiap kursi dalam Railway bisa diatur posisi kemiringannya, ada 3 macam posisi yang bisa diatur sendiri.
    Seperti biasa, pak suami selalu mulai dari Top Station untuk naik Railway ke Base Station untuk merasakan efek turunan dan kemudian balik lagi dari Base Station ke Top Station untuk merasakan efek tanjakan.

    P_20190927_135209_vHDR_Auto
    Scenic Railway

Setelah puas bolak-balik merasakan semua atraksi rides di Scenic World, pak suami kembali naik public bus 686 untuk menuju Echo Point.

Echo Point Dan Three Sisters

IMG-20190927-WA0004.jpg
Echo Point

Echo point adalah suatu anjungan besar (lookout point) yang menampilkan pemandangan pepohonan, bukit-bukit hijau dan deretan bebatuan yang menjulang yang lebih dikenal dengan sebutan Three Sisters. Dari Echo Point ada jalur trekking sepanjang 500 meter untuk turun ke bawah ke tempat Three Sisters berada (Three Sisters Walk). Setelah selesai trekking dan foto-foto, pak suami kembali naik public bus 686 untuk kembali ke Katoomba Station, mengejar jadwal kereta untuk balik ke Central Station.

P_20190927_145345_vHDR_Auto
Three Sisters

Secara keseluruhan, Blue Mountain National Park menurut pak suami worth to visit. Suasana alam yang masih asri, udara segar dan pemandangan hijau membuat tempat ini cocok dijadikan alternatif wisata selain hanya beredar di Kota Sydney saja.

To Be Continued…

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s