Trip To Australia: Sydney – Day 1

25 September 2019 (Day 0)

Pak suami mendarat di Sydney airport sekitar jam 06:05 pagi waktu setempat. Saat itu cuaca di Sydney lumayan dingin dan berangin, sekitar 15 derajat Celcius. Begitu urusan bagasi selesai, dia pergi ke toko WH Smith di Sydney International Arrival untuk membeli Opal Card yang akan digunakan untuk pembayaran transportasi umum selama di Sydney.

Untuk menuju ke kota dari Sydney Airport, ada beberapa pilihan moda transportasi, tapi yang paling sering digunakan adalah:

  • Airport train (Airport Link). Moda transportasi yang paling praktis, nyaman dan cepat. Hanya butuh waktu sekitar 13 menit untuk sampai ke kota. Kita tidak perlu keluar dari airport lagi, langsung bisa akses kereta ke kota. Kekurangannya adalah harganya cukup mahal. Dari Sydney airport ke Central station biayanya AUD 17 per orang.
  • Kombinasi bus dan kereta. Dari Sydney airport kita harus jalan kaki ke arah luar ke halte bus. Naik bus nomor 400 dan turun di Coward St dan lanjut jalan kaki ke Mascot Station. Dari Mascot Station sambung naik kereta lagi ke Central station. Cara ini memang lebih lambat, tapi lebih murah. Total biaya bus dan kereta ke Central Station hanya AUD 2,5 per orang

Untuk pilihan moda transportasi lainnya bisa dicek pada website berikut: https://www.sydneyairport.com.au/info-sheet/transport-options-international#

26 September 2019

Queen Victoria Building (QVB)

Opening Hours: Everyday, 11:00 – 17:00
Address: 455 George St, Sydney, NSW 2000, Australia
Getting here: https://www.qvb.com.au/visit/getting-here/#public-transport
Website: https://www.qvb.com.au/#home

P_20190926_142002_vHDR_Auto
Queen Victoria Building
P_20190926_142738_vHDR_Auto
Queen Victoria Building

QVB adalah salah satu gedung peninggalan bersejarah di Sydney. Bangunannya cantik dan klasik. Dalam QVB kita bisa menemukan deretan pertokoan dan restoran. Di tempat ini saya nitip beli cokelat Haigh’s ke pak suami. Brand cokelat Haigh’s cukup populer di Australia karena kualitas bahannya premium. Tidak heran harganya cukup mahal. Info lebih lanjut tentang cokelat Haigh’s bisa dicek di website mereka: https://www.haighschocolates.com.au/

Hyde park

Opening Hours: 24 Hours
Address: Elizabeth St, Sydney, NSW 2000, Australia
Website: https://www.cityofsydney.nsw.gov.au/explore/facilities/parks/major-parks/hyde-park

P_20190926_145526_vHDR_Auto
Hyde Park

Dari QVB, pak suami jalan kaki sekitar 600 meter untuk mencapai Hyde park. Hyde park adalah taman tertua yang ada di Australia dan bisa diakses umum secara free. Ruang terbuka hijau yang terletak di tengah kota Sydney ini kerap kali dijadikan tempat untuk piknik keluarga, olahraga atau sekedar duduk santai menghirup udara segar. Fasilitas toilet umum dan restoran juga tersedia di taman ini. Kalau berkunjung kesini, pastikan sekalian mampir ke Anzac Memorial, St. Mary Cathedral dan Art Gallery of New South Wales. Ketiga tempat populer itu bisa diakses dengan berjalan kaki dari Hyde park.

Anzac Memorial (Australian and New Zealand Army Corps Memorial) 

Opening Hours: Mon – Fri, 10:00 – 16:00 (for entry the building)
Address: Elizabeth St, Sydney, NSW 2000, Australia
Website: https://www.anzacmemorial.nsw.gov.au/

P_20190926_145648_vHDR_Auto
Anzac Memorial
P_20190926_150303_vHDR_Auto
Anzac Museum

Anzac Memorial adalah monumen peringatan untuk para pejuang Australia dan New Zealand yang gugur para Perang Dunia I. Di dalam bangunan memorial ini terdapat museum yang diakses oleh umum secara free.

St. Mary’s Cathedral 

Opening Hours: Everyday, 06:30 – 18:30 (for entry the building)
Address: 2 St. Mary’s Rd, Sydney, NSW 2000, Australia
Website: https://www.stmaryscathedral.org.au/

 

P_20190926_151314_vHDR_Auto
St. Mary’s Cathedral
P_20190926_151808_vHDR_Auto
Inside St. Mary’s Cathedral

St. Mary’s Cathedral adalah gereja katolik roma dengan ekterior dan interior gedung yang megah. Selain untuk beribadah, turis yang non-katolik pun bisa masuk ke dalam gereja secara free. Hanya saja, sebagai pengunjung kita diharapkan bisa tetap sopan dengan berpakaian yang pantas (tidak boleh menggunakan celana / rok pendek dan pakaian dengan bahu terbuka, tidak boleh bare feet, dan tidak boleh memakai topi). Selain itu, disarankan untuk tidak mengambil foto dengan flash. Pihak gereja juga mengadakan tour keliling cathedral untuk group kecil maupun besar dengan biaya tertentu.

Art Gallery Of New South Wales

Opening Hours: Everyday, 10:00 – 17:00
Address: Art Gallery Rd, The Domain, Sydney, NSW 2000, Australia
Website: https://www.artgallery.nsw.gov.au/

P_20190926_153059_vHDR_Auto
Art Gallery Of NSW
P_20190926_154922_vHDR_Auto
Exhibition inside Art Gallery of NSW

Apabila kalian pecinta seni, bisa disempatkan mampir ke art gallery ini. Tempat ini bisa diakses oleh umum secara free. Butuh waktu beberapa jam kalau kalian mau meng-explore semua karya seni yang ada disini. Koleksi karya seni yang ada di art gallery ini dikelompokkan menjadi Aboriginal & Torres Strait Islander art, Asian art, Australian art, Contemporary art, Pacific art, Photography, Western art, dan beberapa temporary exhibition.

Sydney Opera House

Address: Bennelong Point, Sydney NSW 2000, Australia
Getting Here: https://www.sydneyoperahouse.com/visit-us/parking.html
Website: https://www.sydneyoperahouse.com/

P_20190926_173945_BF
Pak suami dengan Sydney Opera House

Tempat wajib yang harus dikunjungi saat ke Sydney tentunya adalah opera house. Semua turis pasti punya foto di tempat ini sebagai bukti pernah berkunjung ke Sydney. Bangunan opera house pertama kali diresmikan pada tahun 1973. Saat ini, opera house dijadikan tempat untuk menyelenggarakan berbagai pertunjukan seni dan budaya, restoran fine dining, bar serta toko souvenir. Gedung ini bisa diakses secara free (hanya sampai zona tertentu, kalau mau full keliling di dalam gedung harus ikut tour berbayar), tapi untuk bisa mengikuti pertunjukan kita harus membeli tiketnya terlebih dahulu. Harga tiket bervariasi tergantung pertunjukannya.

P_20190926_163826_vHDR_Auto
Tempat Nongkrong di Sydney Opera House
P_20190926_182708_NT
Badu Gili Sail Lighting

Di sisi luar gedung juga banyak tempat duduk-duduk santai di pinggir laut untuk menikmati pemandangan dan udara segar. Tapi hati-hati dengan burung camar laut yang banyak beredar disana. Salah-salah kita bisa kena kotorannya. Hahaha. Pastikan juga untuk tidak melewati pertunjukan lighting di luar gedung opera house yang dikenal dengan nama Badu Gili Sail Lighting. Pertunjukan ini berlangsung setiap hari dengan jadwal sunset time, jam 20:30, 21:00 dan 21:30 dengan durasi sekitar 7 menit. Pada saat pertunjukan berlangsung, bagian eastern Bennelong sail akan dihiasi dengan cahaya lampu yang berisikan cerita tentang Gadigal people.

Demikianlah perjalanan pak suami yang lumayan padat di hari pertamanya di Sydney. Untuk hari kedua akan saya tulis di post terpisah supaya tidak terlalu panjang tulisannya.

To Be Continued..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s