Wisata Batam: Pantai VioVio / Pantai Cantik

Disclaimer:
Saya dan suami pergi ke Pantai VioVio ini ketika belum diberlakukannya self quarantine oleh pemerintah Indonesia sehubungan dengan COVID-19. Jadi masih bisa bebas jalan-jalan dan nongkrong di pantai. Kalau saat ini, kemungkinan besar pantai VioVio ditutup untuk umum karena menghindari kerumunan orang banyak (Physical Distancing). Semoga saja wabah Virus Corona ini segera berakhir supaya tempat rekreasi umum bisa dibuka kembali.

1 Maret 2020

Sebagai daerah kepulauan, Batam dan pulau tetangganya punya banyak pantai. Ada yang sudah terkenal seperti Pantai Nongsa, tapi ada juga yang sepertinya masih belum dikenal khalayak ramai karena terhitung pantai baru. Salah satu pantai baru yang masih sedikit diketahui orang adalah Pantai VioVio. Pantai VioVio / Pantai Cantik adalah sebuah pantai yang ada di Pulau Galang. Akhir-akhir ini Pulau Galang jadi lebih sering disebut di media nasional karena dibangunnya rumah sakit khusus Corona di pulau ini. Hehehe. Saat saya pergi ke Pantai VioVio, status rumah sakitnya masih dalam tahap pengerjaan.

Untuk menuju Pantai VioVio dari Batam Kota, kita harus menempuh perjalanan selama sekitar 1 jam. Rutenya mengikuti jalan ke arah Jembatan Barelang 1 sampai nanti melewati Jembatan Barelang 5 dan sampailah kita di Pulau Galang. Dari situ tinggal ikuti jalan sampai menemukan petunjuk arah selanjutnya ke “Pantai VioVio / Pantai Cantik”. Atau lebih gampangnya tinggal mengikuti petunjuk Google Maps saja.

Akses jalanan ke Pulau Galang sudah bagus dan berupa jalanan aspal. Hanya saja minim lampu jalanan. Jadi kalau senja / malam hari cukup gelap dan hanya mengandalkan lampu dari kendaraan. Akan tetapi, dari jalan raya Pulau Galang menuju belokan ke Pantai VioVio, medan jalannya masih jelek. Jalannya masih berupa tanah merah yang agak berbatu dan memiliki turunan / tanjakan yang cukup curam. Saya dan suami cukup khawatir pada saat itu, apakah mobil yang kami kendarai bisa melalui medan tersebut ? (Mobil Calya Matic 1.200 cc). Ternyata bisa-bisa saja tuh. Hahaha. Dengan pertimbangan kondisi jalanan yang masih berupa tanah merah ini, saya tidak menyarankan untuk berkunjung kesini saat hujan karena agak berbahaya.

P_20200301_174213_vHDR_Auto.jpg
Tiket Masuk ke Pantai VioVio

Untuk masuk ke Pantai VioVio kita akan diminta untuk membayar tiket masuk ke petugas yang berjaga di pos. Harga tiket masuk per mobil Rp. 5.000 dan per orang dihitung Rp. 10.000. Pembayaran hanya menerima cash.

Pantai VioVio adalah pantai yang memiliki pasir putih dan air yang jernih. Pantainya juga bersih dan minim sampah. Tipikal pantainya agak landai dan tidak berombak besar. Cocok untuk leyeh-leyeh dan bersantai menikmati suara air, udara segar dan pasir putih yang halus. Semoga saja ketika pantai ini nanti sudah lebih dikenal khalayak ramai, pantai ini bisa tetap terjaga kebersihannya.

P_20200301_181159_vHDR_Auto.jpg

Saat terbaik untuk menikmati Pantai VioVio adalah saat sunset. Sayangnya saat kami kesana, cuaca sedang agak mendung sehingga sunset-nya kurang maksimal. Fasilitas di pantai ini cukup lengkap: Tempat parkir luas, ada toilet dan kamar mandi (berbayar), dan beach cafe yang menjual snack dan minuman. Selain itu, disediakan juga beberapa spot yang cantik untuk foto-foto disini yang cukup instagramable.

P_20200301_180447_vHDR_Auto.jpg

Dikarenakan saya dan suami sampai ke Pantai VioVio agak telat, kondisinya sudah agak gelap (menjelang sunset) sehingga kami tidak banyak foto-foto. Tapi kalian bisa lihat banyak foto yang keren-keren di Instagram account-nya pantai VioVio yang saya tulis dibawah ini.

P_20200301_180737_vHDR_Auto_HP.jpg

Di saat leyeh-leyeh menikmati sunset di Pantai VioVio dan berasa pantai hanya milik berdua, saya dan suami make a wish supaya kami bisa diberikan kesempatan memiliki keturunan dan semoga kali ini kehamilannya sehat, tidak terulang kembali kejadian yang dulu. Setelah momen sunset selesai, pantai ini langsung jadi sepi dan gelap. Sepertinya memang pantai ini tidak dimaksudkan untuk aktivitas di malam hari. Tidak lama setelah itu juga kami langsung bersiap pulang.

More Info:
Pantai VioVio
Lokasi: Pulau Galang, Batam
Instagram: vioviobeach

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s