Wisata Batam: Jembatan Barelang I

Disclaimer:
Tulisan ini adalah late post. Saya mengunjungi tempat tersebut pada tanggal 1 Maret 2020 sebelum wabah COVID-19 merebak di Indonesia dan belum ada anjuran pemerintah untuk #DiRumahAja.

Hello guys! Dengan tulisan ini, saya berhasil membuat blog post 3 days in a row! Luar biasa! Hahaha. Efek pengangguran #DiRumahAja. Eh, sebenarnya sih tidak pengangguran banget, tapi berhubung lagi tanggal merah (10 April 2020), saya bebas tugas masak. Untuk makanan pesan delivery dan take away saja. Daripada rebahan terus (sampai bingung mau rebahan gaya apa lagi di rumah, hahaha), saya mencoba untuk lebih produktif. Sekalian membuat follower blog ini bisa jalan-jalan online ke Batam. Hahaha. Nanti kalau Si Corona sudah enyah dari bumi Indonesia, baru deh jalan-jalan beneran ke Batam ya! Keluarga saya saja belum sempat nih visit ke Batam karena wabah Corona ini.

P_20200301_162945_vHDR_Auto_HP.jpg
Jembatan Barelang I

Jembatan Barelang adalah salah satu wisata iconic di Batam. Konon kita belum pernah ke Batam kalau belum menyambangi jembatan ini. Nama Barelang merupakan sebuah singkatan dari Batam, Rempang dan Galang yang merupakan pulau-pulau besar di daerah Batam. Jembatan Barelang menghubungkan beberapa pulau yang ada di daerah Batam, Kepulauan Riau. Pulau tersebut adalah Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Rempang dan Pulau Galang Baru.

Jembatan Barelang dibagi menjadi beberapa segmen:

  • Jembatan Barelang I: Jembatan Tengku Fisabilillah
  • Jembatan Barelang II: Jembatan Nara Singa
  • Jembatan Barelang III: Jembatan Raja Ali Haji
  • Jembatan Barelang IV: Jembatan Sultan Zainal Abidin
  • Jembatan Barelang V: Jembatan Tuanku Tambusai
  • Jembatan Barelang VI: Jembatan Raja Kecik

Total panjang Jembatan Barelang I sampai VI adalah 54 km. Tapi, dari semua jembatan tersebut, yang paling terkenal sebagai tourist spot adalah Jembatan Barelang I. Jembatan Barelang I memang yang paling bagus diantara semuanya karena bentuknya yang unik dengan 2 tiang penyangga dan susunan kabel-kabel besi yang melintang diatasnya. Selain itu dari tempat ini pula kita bisa menyaksikan pemandangan laut. Pada pagi hari, jembatan ini kerap kali dijadikan spot untuk mencari sunrise bagi penggemar fotografi. Selain itu pernah beberapa kali juga diadakan event besar di daerah Jembatan ini.

Tips bagi turis yang mau mencari sunrise di Jembatan Barelang, menginaplah di hotel yang terdekat dengan Jembatan Barelang I, yaitu Hotel Harris Barelang. Dari lokasi hotel tinggal jalan kaki beberapa menit untuk menemukan Jembatan Barelang I. Kalau mau sedikit repot, silakan menginap di daerah Batam Kota / Batam Centre dan menempuh perjalanan dengan kendaraan selama sekitar 30 menit untuk mencapai Jembatan Barelang I. Keuntungan menginap di Batam Kota / Batam Centre adalah bisa sekalian wisata kuliner juga. Hehehe.

Untuk mendapatkan spot foto yang bagus di Jembatan Barelang I, kita harus menuju ke Pantai Dendang Melayu. Lokasi ini bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Batam Kota  / Batam Centre dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sejauh mata memandang, sewaktu saya kesana, saya tidak melihat adanya kendaraan / transportasi umum. Kalau bingung rute jalan kesananya bagaimana, bisa pakai program navigasi Google Maps / Waze.

P_20200301_164343_vHDR_Auto_HP.jpg
Karcis Masuk Pantai Dendang Melayu (Tarif Masuk dan Parkir Mobil)

Apabila kita membawa mobil pribadi ke Pantai Dendang Melayu, kita akan dikenakan tarif masuk dan parkir per kedatangan Rp. 5.000. Murah kan?! Dari tempat parkir mobil, kita tinggal jalan kaki sebentar ke arah Jembatan Barelang I. Di Pantai Dendang Melayu, ada panggung pertunjukan kesenian Melayu. Banyak juga warung / kedai yang jual makanan / snack disana. Saat saya kesana, kondisinya cukup ramai pengunjung. Ada yang sekedar berkunjung untuk foto-foto saja, ada pula yang nongkrong-nongkrong disana. Jangan lupa pakai tabir surya saat kesini ya karena matahari di Batam lumayan terik. Saya sarankan juga bagi yang wanita jangan pakai rok atau heels kesini karena kondisinya cukup berangin dan juga kita harus melalui beberapa anak tangga untuk mencapai ke Jembatan Barelang I.

Demikian tulisan edisi jalan-jalan (online) di Batam. Besok-besok akan saya lanjutkan lagi dengan tulisan lainnya seputar kehidupan di Batam ya.

Informasi lebih lanjut tentang Harris Hotel Barelang, silakan cek link berikut ini:
https://www.harrishotels.com/en-US/Barelang

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s