Cruise Vacation: Tips

Setelah tulisan sebelumnya membahas tentang itinerary dan fasilitas apa saja yang ada dalam kapal pesiar Royal Caribbean yang kami tumpangi: Mariner Of The Seas, maka dalam tulisan ini saya mau berbagi tips bagi teman-teman yang berencana untuk mengikuti cruise vacation:

  1. Untuk best deal price, kalian harus rajin-rajin mengecek website resmi perusahaan cruise yang kalian incar. Kalau bisa dapat promo BOGOHO (Buy One Get One Half Off) seperti saya maka biaya cruise-nya untuk berdua jadi jauh lebih murah. Hindari membeli paket cruise dari travel agent karena akan lebih mahal jatuhnya. Untuk Royal Caribbean bisa cek website-nya: https://www.royalcaribbean.com
  2. Dalam memilih jam penerbangan ke negara tempat cruise akan berlayar (misal Singapore), perhatikan check in time (biasanya siang – sore hari dan dibagi per deck). Jangan terlalu mepet karena beresiko telat.
  3. Berdasarkan pengalaman saya kemarin, balkon di kamar tidak terlalu terpakai. Awalnya saya memilih kamar balkon supaya bisa melihat sunrise / sunset sambil bersantai di balkon, tapi kenyataannya selama cruise 4D/3N kemarin cuacanya selalu mendung jadi tidak mendukung untuk menikmati sunrise/sunset. Selain tu, dengan padatnya jadwal aktivitas yang kami ikuti selama di kapal, kami jadi jarang bisa menikmati balkon. So, mungkin lebih bijaksana kalau memilih kamar non balkon. Bisa lebih hemat juga biayanya.
  4. Bagi orang tua yang membawa anak kecil dan memilih kamar balkon, harap diawasi sekali anak kecil-nya saat di balkon. Jangan memanjat pagar pengaman yang ada karena bisa jatuh ke laut! Harus hati-hati.
  5. Dikarenakan semua jadwal aktivitas di atas kapal sudah diinfokan lewat media Cruise Compass, maka menurut saya kehadiran tour guide tidak diperlukan. Kita tinggal memilih jenis aktivitas apa yang kita sukai untuk dilakukan.
  6. Bisa berbahasa Inggris akan lebih baik untuk menjalin komunikasi di atas kapal. Tidak perlu bahasa yang baku dan sesuai grammar, paling tidak orang yang dajak bicara bisa mengerti maksud kita. Selain itu, dengan menguasai bahasa Inggris, kita jadi bisa mengerti pengumuman-pengumuman yang disampaikan oleh kru kapal.
  7. Dalam kamar tidak disediakan air minum sehingga disarankan untuk membawa botol air minum sendiri. Botol minum yang kita miliki akan digunakan untuk menampung air minum dari water dispenser ataupun air yang kita masak sendiri di kamar menggunakan kettle listrik. Kalau tidak mau repot, silakan beli air mineral botolan yang dijual di Cafe Promenade, tapi sepertinya harganya mahal deh.
  8. Walaupun water dispenser ada beberapa unit di atas kapal tapi tidak semuanya bisa digunakan untuk mengisi botol minum milik pribadi (ada tulisan larangannya). Lokasi water dispenser yang bisa diakses untuk mengisi botol minum ada di area jogging track dan lapangan basket. Kalau lokasi kamar kita jauh dari lokasi tersebut, lebih baik masak air sendiri saja di kettle listrik.
  9. Setiap hari kamar kita akan dibersihkan oleh room attendant jadi untuk barang berharga harap disimpan di safe box.
  10. Daripada banyak menghabiskan waktu di dalam kamar saja, lebih baik ikuti semua aktivitas yang kalian sukai dan nikmati fasilitas kapal yang ada. Jangan mau rugi dong! Hehe.
  11. Bawa uang USD yang cukup kalau berencana membayar gratuities dengan cash dan ada agenda jajan serta belanja-belanja diatas kapal. Selama di kapal saya tidak melihat ada money changer. Untuk berjaga-jaga kalau uang cash kurang, lebih baik bawa credit card juga.
  12. Bawa obat-obatan pribadi. Walaupun di kapal ada disediakan medical supplies tapi belum tentu cocok buat kita. Lebih baik bawa obat sendiri yang kita tahu cocok dan ampuh untuk kita.
  13. Bawa toiletries dan perlengkapan pribadi (pembalut, sikat gigi, dll) karena di kapal tidak ada toko / minimarket yang menjual barang-barang tersebut.
  14. Bawa pakaian dan sepatu olahraga serta kaos kaki kalau ada niat mengikuti kegiatan olahraga di kapal.
  15. Bawa pakaian renang kalau ada niat berenang atau jacuzzi di kapal.
  16. Saat berada di laut lepas, sinyal GSM atau portable wifi akan hilang. Sinyal baru akan muncul saat kapal mendekati daratan. Kalau urusan pekerjaan mengharuskan kita untuk selalu terhubung dengan internet, silakan registrasi Voom (wifi milik Royal Caribbean) dengan harga USD 12,99 – 17,99 per device per day.
  17. Bawa pakaian yang cukup karena kita tidak bisa mencuci baju di kapal (tidak ada tempat jemurnya, bahkan di balkon kamar pun tidak bisa). Tersedia jasa laundry dengan harga yang mahal.
  18. Selain baju casual, kita harus membawa setelan baju smart casual dan formal juga untuk acara malam hari. Banyaknya baju smart casual dan formal yang harus dibawa biasa tergantung dengan lamanya cruise yang diikuti:
    Cruise 3-5 hari:
    Casual: 2 – 4
    Smart Casual: –
    Formal: 1
    Cruise 6-9 hari:
    Casual: 3 – 6
    Smart Casual: 1
    Formal: 2
    Cruise 10-12 hari:
    Casual: 5 – 7
    Smart Casual: 3
    Formal: 2
    Cruise 13-15 hari:
    Casual: 6 – 8
    Smart Casual: 4
    Formal: 3

Sekian dulu tips dari saya. Kalau ada pertanyaan silakan comment di tulisan ini ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s