Soft Dough Mini Pizza

Sudah beberapa kali bikin pizza selalu pakai resep JTT. Pas beberapa waktu yang lalu saya melihat postingan salah satu member di grup memasak NCC, pizza dengan soft dough ala Rina Rinso. Banyaknya komentar positif membuat saya penasaran mencobanya. Dan memang ternyata hasilnya memang adonan roti pizza yang empuk dan terasa aroma susunya. Enak deh. Saya memang lebih suka adonan pizza yang tanpa telur seperti resep JTT dan Rina Rinso ini karena kalau pakai telur rasanya malah cenderung kayak roti, hehe. Oya, untuk resep ini empuknya bisa bertahan sampai 2-3 hari lho.. asalkan kita menguleni-nya sampai kalis elastis.

Resep kali ini saya mencoba bentuk pizza yang mini, terinspirasi dari Mini Pizza Bites (Blog Hesti’s Kitchen). Mumpung lagi rajin nimbangin dan buletin adonan kecil-kecil, hahaha. Lucu dan imut sih tapi¬†kesabaran saya membuat pizza ini ternyata hanya sampai 15 buah mini pizza, sisa adonannya saya bikin pizza besar pakai loyang diameter 26 cm ;D Untuk topping masih sama dengan resep pizza saya sebelumnya¬†Pizza Homemade. Berikut resepnya yang saya ambil dari blog Rina Rinso:

Bahan:

  • 350 gr terigu terigu protein tinggi (misalnya cakra)
  • 15 gr gula pasir
  • 5 gr ragi instan
  • 20 gr susu bubuk full cream
  • 200 ml air es / susu cair dingin
  • 50 gr mentega putih (saya pakai margarin pakai blueband)
  • 1 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Setelah kalis diamkan sampai adonan mengembang 2 kali (sekitar 1 jam).
  3. Setelah mengembang, kempiskan adonan, kemudian timbang adonan @ 16 gram dan bulatkan. Letakkan di muffin tray yang telah diolesi mentega. Pipihkan dan ratakan adonan di dasar muffin tray dengan bantuan tangan.
  4. Beri saus, bahan topping dan keju mozzarela. Usahakan saus tidak mengenai sisi loyang muffin karena akan lengket. Diamkan 10 menit.
  5. Panggang dengan oven 200 derajat celcius selama 15 menit.

Apabila kamu membuat pizza loyang besar, untuk langkah 3 bisa diganti sebagai berikut:

  1. Setelah mengembang, kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
  2. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan lebih tebal, tetapi kalau merasa ribet bikin rata aja semuanya.
  3. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  4. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat celcius selama 8 menit sampai roti setengah matang. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza, bahan topping dan terakhiri taburi dengan keju mozzarela parut. Oven lagi selama 15 menit sampai matang.

Burger Bun ala Rina Rinso

Burger Bun ala Rina Rinso

Resep burger bun ini menurut saya pas rasanya dan juga teksturnya. Lembut tapi ga kopong, tidak terlalu manis dan terasa susunya. Kalau burger bun yang beli jadi di supermarket saya kurang suka teksurnya karena rata-rata kopong dan cenderung terlalu kering rotinya. Kalau ga terpaksa banget sih saya males beli, lebih suka bikin sendiri. Ga susah bikinnya dan sekali bikin langsung jadi banyak, haha. 1 resep ini bisa jadi sekitar 12 buah burger bun. Di resep ini memanggangnya menggunakan cara Au Bain Marie, tapii karena rak oven saya cuma ada 1, saya pakai cara panggang biasa aja, hanya saja jumlah air / susu dingin saya tambah 1 sdm lagi dari resep. Hasilnya tetap lembut koq, yang penting menguleni-nya sampai kalis ya. Resep ini selalu jadi andalan saya dalam membuat burger bun.

Berikut resep yang saya ambil dari blog Dapurnya Rina dan sedikit saya modifikasi:

Bahan:

  • 1 cup (250 ml) air / susu cair dingin (kalau saya tambahkan sekitar 1 sdm lagi karena dipanggang dengan cara biasa, bukan Au Bain Marie)
  • 2 sdt ragi instan
  • 2 1/2 sdm gula
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 3 cup (420 gr) tepung protein tinggi (misal Cakra Kembar)
  • 1/3 cup (42 gr) tepung protein sedang (misal Segitiga Biru)
  • 2 1/2 sdm butter

Bahan Olesan: Putih telur dan biji wijen putih

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu protein sedang dan tinggi, ragi instan, gula. Aduk rata.
  2. Setelah memastikan adukan tepung, gula dan ragi sudah rata, baru masukkan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan telur, air / susu cair dingin, dan mulai uleni.
  4. Setelah adonan setengah kalis, masukkan butter.
  5. Setelah adonan kalis elastis, diamkan adonan sampai mengembang 2x lipat sambil ditutup dengan serbet bersih lembab.
  6. Setelah adonan mengembang 2x lipat, kempiskan adonan dan uleni lagi sebentar. Bagi adonan menjadi @70 gr. Bulatkan dan letakkan diatas loyang yang sudah diolesi mentega. Tekan-tekan sampai agak pipih supaya burger bun nantinya tidak terlalu mengembang naik ke atas. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  7. Diamkan kembali adonan sampai mengembang 2x lipat sambil ditutup dengan serbet bersih lembab.
  8. Setelah adonan mengembang 2x lipat, beri bahan olesan dan taburi biji wijen putih sesuai selera.
  9. Panggang di oven yang telah dipanaskan 200 derajat celsius selama 15 menit.