Eggless Kaastangel

Kaastangel ini adalah salah satu varian jualan Liz Kitchen pada lebaran lalu. Sebelum ini saya mencoba resep kaastangel NCC yang menggunakan telur, tapi saya kurang suka teksturnya yang lembut. Saya lebih suka tekstur yang ngeprul seperti resep Eggless Kaastangel dari blog Just My Ordinary Kitchen ini. Untuk alasan ekonomis saya mengganti komposisi keju edam dan […]

Liz Kitchen : Jual Aneka Kue Kering Lebaran 2015 (Khusus Wilayah Jakarta dan Tangerang)

Sekian lama ga sempat nge-blog karena lagi ngurusin launching dan orderan Liz Kitchen. Liz Kitchen adalah brand dari dagangan saya. Saat ini karena momen lebaran, saya fokusnya jualan kue kering dulu. Ke depannya nanti saya niatnya juga jualan kue basah dan aneka snack. Berawal dari hobby kemudian coba dikomersilkan. Bikin dan sebar tester sana-sini. Eh ternyata respon pasar cukup bagus lho, buktinya saya bisa dapat order sampai 55 toples. Padahal awalnya saya cuma berharap paling ga order 1 lusin aja alias 12 toples. Lumayan lahh untuk newbie kayak saya. Semoga customer bisa puas dan bisa repeat order lagi di kemudian hari.

Orang-orang yang berjasa di balik ter-realisasinya Liz Kitchen ini adalah suami saya yang terus mengingatkan saya, walaupun kita secara ekonomi sudah lumayan berkecukupan, jangan lengah dan jangan cepat puas. Dia selalu berkata bawa aktualisasi diri itu penting. Jadi saya menganggap Liz Kitchen ini sebagai salah satu ajang mengaktualisasikan diri saya sembari mencari tambahan penghasilan dan belajar bisnis kecil-kecilan. Kemudian yang tidak kalah berjasa adalah adik saya, yang memberikan semangat untuk saya dalam memulai usaha ini, bahkan dia yang awalnya membantu membagikan tester kue di kantornya dan berbuntut orderan menjadi 21 toples, hehe. Selain itu tentu saja adalah para customer. Semoga Liz Kitchen bisa terus memberikan yang terbaik bagi para customer.

Kendala yang dialami selama menjalankan Liz Kitchen ini adalah masalah pengiriman. Banyak kurir yang area pelayanannya tidak sampai ke daerah rumah saya di Tangerang ini. Jadi disiasati dengan menitipkan kue yang akan dikirim via suami sampai di kantornya di Jakarta, baru kemudian dikirim pakai kurir ke alamat tujuan. Karena itulah saat ini Liz Kitchen hanya melayani order untuk wilayah Jakarta dan Tangerang saja.

Berikut adalah varian kue kering dari Liz Kitchen yang mulai dipasarkan menjelang Lebaran 2015 ini:

1. Nastar (Nanas / Coklat)
Tersedia grade standar (butter non Wisjman) dan grade premium (pakai butter Wisjman).

2. Lidah Kucing Keju

3. Kastangel

4. Koko Krunch Chocolate Butter Cookies

5. Green Tea Snowball Choco Chips


Semacam Kue Putri Salju dengan rasa green tea dan ada choco chipsnya di dalamnya

6. White Snowball Chococheese

White Snow Ball Chococheese_LizKitchen

Versi Putri Salju Putih dengan choco chips dan keju parut.

Dan Best Seller-nya adalah Green Tea Snowball Choco Chips 🙂

Bagi yang berminat silahkan menghubungi saya di 081286546137 (Khusus Wilayah Jakarta dan Tangerang)

Nastar Pilihanku

This is me again 🙂

Mumpung masih semangat menulis, jadi sekalian nge-post untuk kedua kalinya deh, hoho. Jangan bosan-bosan yaa dengan tulisan ini yang semuanya perihal dunia emak-emak.

Chinese New Year is coming soon.. jadi seperti biasa kalau imlek biasa selalu ada kue kering. Nah salah satu kue kering kesukaan saya dan suami adalah nastar. Dalam tulisan kali ini saya akan sharing resep andalan saya untuk membuat nastar klasik (nanas) dan nastar coklat. Untuk membuat nastar yang enak, faktor paling penting adalah pemilihan butter yang berkualitas, jadi jangan segan-segan untuk memilih butter yang mahal kayak wijsman ya Bu Ibu. Dijamin mantap ntar nastarnya 🙂 Trus kalau ngocok margarin dan butternya jangan kelamaan, ntar hasilnya nastarnya jadi mekar/lebar-lebar 😀

Resep Nastar Klasik (Nanas)

(Resep ini diambil dari resep nastar NCC by Fatmah Bahalwan)

Bahan Kulit Nastar:

  • 250 gr Margarin
  • 250 gr Butter
  • 100 gr Gula Halus / Gula Kastor
  • 4 butir Kuning Telur
  • 700 gr Tepung Terigu (Resep asli hanya menggunakan tepung terigu protein sedang, modifikasi dari saya: saya mencampurkan tepung terigu protein sedang dan rendah 1:1 serta ditambah tepung maizena 40 gr, yang penting jumlah tepung in total harus sama dengan resep), diayak
  • 4 sdm Susu Bubuk Fullcream
  • 1/2 sdt Vanili Bubuk (Tambahan dari saya)

Bahan Olesan:

3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair (Modifikasi saya: Kuning Telur diencerkan dengan sedikit madu, 2x oles)

Cara Membuat:

  1. Kocok sebentar Margarine – butter, gula, vanili bubuk dan telur, cukup sampai tercampur saja.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yg lain.
  4. Oven dengan suhu 140’C selama kurang lebih 30 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat (kurang lebih 15 menit)
  5. Angkat, biarkan dingin. Susun dalam toples, tutup rapat.

Selai Nanas

Bahan:

  • 4 bh nanas palembang, parut atau blender
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 potong kayu manis

Cara Membuat:

Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering. Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat.

Note: Kalau malas membuat selai nanas sendiri kayak saya ini, bisa beli selai nastar yang dijual di TBK, pilih yang bagus selainya (Banyak serat dan tidak terlalu basah)

Nastar Coklat

(Resep ini diambil dari Just My Ordinary Kitchen by Ricke Indriani)

Bahan Kulit dan Olesan idem diatas (pakai resep NCC modified by me)

Selai Coklat

Bahan:

  • 100 gr Tepung Terigu Protein Sedang, diayak
  • 20 gr Coklat Bubuk, diayak
  • 90 gr Gula Pasir
  • 35 gr Butter / Margarin
  • 35 gr Air Matang
  • 75 gr Dark Cooking Chocolate (saya biasa pakai Collata Dark Compound Chocolate), dicincang

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu dan coklat bubuk, sisihkan
  2. Campur gula pasir, butter/margarin dan air. Panaskan di panci menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan gula larut.
  3. Masukkan Dark Cooking Chocolate cincang, aduk-aduk sampai rata dan coklat meleleh. Matikan api.
  4. Masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata menggunakan sendok kayu, nyalakan lagi api kecil, aduk-aduk sampai kalis dan membentuk adonan pasta yang licin. Angkat, biarkan agak dingin (hangat)
  5. Pulung/bulatkan adonan sesuai ukuran yang diinginkan

Bahan Topping:

Dark Cooking Chocolate lelehkan, masukkan ke piping bag segitiga

Membuat nastar ini memang dibutuhkan kesabaran ekstra karena memang rempong cyiiinn ;D dari mulai bikin selai, membulatkan selai, bikin adonan kulit, membulatkan adonan kulit yang diisi selai, memberikan bahan polesan dan menunggu hingga matang di oven. Belum pula ntar deg-degan kalau hasilnya setelah dipanggang jadi mekar/lebar-lebar. Harus banyak-banyak berlatih untuk membuat nastar yang cantik. Kalau males bikin ya silakan beli di toko2 kue (untuk yang bahannya berkualitas yang dijual di toko-toko pasti mehong, kalo yang murah-murah itu sih ga terjamin ya kualitas rasa butternya, apalagi yang dijual kiloan), atau bisa juga pesan di Liz Kitchen 😉 Silakan contact ke no. 081286546137 bagi yang berminat, harga bersaing deh pokoknya, hehe. (Numpang iklan)

Ini penampakan hasil nastar klasik dan coklat buatan saya. Nastar klasik yang tanpa topping, nastar coklat yang ada topping dark cooking chocolatenya.