Newborn Shopping List

Sebenarnya sudah lama mau sharing tentang newborn shopping list. tapi apa daya karena kesibukan mengurus bayi, blog ini hampir mati suri. Hahaha. Akhirnya baru sempat menulis ini saat anak bayi-nya sudah bukan newborn lagi. Anyway, shopping list ini sebenarnya tidak mutlak harus sama bagi setiap Ibu karena setiap Ibu dan bayinya itu karakternya beda-beda. Jadi memang list ini disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan juga budget masing-masing. Berikut adalah list barang perlengkapan bayi yang perlu dimiliki menurut versi saya:

BABY WEAR

Bedong / Swaddle
– Qty: 6 pcs
– Brand yang dipakai: Libby
Pada saat awal lahir, bayi perlu dibedong untuk memberikan kehangatan dan kenyamanan supaya dia merasa seperti di rahim Ibu-nya. Tapi, tidak semua bayi suka dibedong. Anak saya cuma mau dibedong sampai usia 1 bulan saja. Setelah itu, dia cenderung berontak saat dibedong. Alhasil, kain bedongnya dialih fungsikan untuk hal lain seperti selimut tambahan atau alas tidur. Jumlah kain bedong tidak terlalu banyak karena pemakaian sehari 1 kali ganti saja, kecuali kalau kena pipis atau poop.

Pakaian
– Qty: 12 pcs
– Brand yang dipakai: Mothercare, Libby, Little Palmerhaus, Fluffy
Saya sangat menyarankan untuk new mom seperti saya yang masih grogi memegang bayinya, pilih tipe pakaian yang menggunakan kancing depan supaya lebih mudah saat mengganti pakaian bayi. Baju tidur juga saya sarankan tipe yang one piece seperti sleepsuit, bukan piyama two pieces karena akan lebih gampang untuk ganti popok tanpa membangunkan bayi. Pilihlah bahan yang agak tebal karena bayi baru lahir gampang kedinginan. Apalagi kalau di kamar tidur menggunakan AC. Sekedar saran, sebaiknya suhu AC di-set ke 25-26 derajat Celcius dengan fan low saja kalau tidur bersama bayi.

Mitten & Booties
– Qty: 6 pasang
– Brand yang dipakai: Little Palmerhaus, Libby, Fluffy
Sarung tangan dan kaki ini sangat penting untuk bayi baru lahir yang tangan dan kakinya selalu kedinginan. Selain itu juga berfungsi untuk menghindari cakaran pada kulit bayi karena kuku bayi yang tajam. Penggunaan Mitten & Booties ini sebaiknya dibatasi hanya sampai bulan ke-2 saja karena dikhawatirkan akan menghambat kemampuan sensorik bayi. Proses lepas mitten & booties sebaiknya dibuat bertahap, dari awalnya dipakai sepanjang hari berubah menjadi hanya dipakai saat tidur malam hari, kemudian seminggu kemudian bisa dilepas saja. Awalnya memang tangan dan kaki bayi akan dingin, tapi lama-lama akan jadi terbiasa.

Topi
– Qty: 2 pcs
– Brand yang dipakai: –
Topi bayi berguna untuk menjaga kepala bayi tetap hangat. Diperlukan saat membawa bayi pulang dari rumah sakit atau kalau pergi vaksin. Tapi, bayi saya tidak begitu suka pakai topi, jadi hanya dipakai sekali dua kali saja. Seiring lingkar kepalanya makin bertambah, topinya sudah tidak muat lagi. Hahaha.

Sapu tangan kain / wash cloth
– Qty: 8 pcs
– Brand yang dipakai: Little Palmerhaus
Sapu tangan kain digunakan untuk lap mulut / gumoh bayi supaya menghemat penggunaan tissue. Sapu tangan ini diganti setiap hari atau sesuai kebutuhan.

Bib / Slabber / Celemek
– Qty: 8 pcs
– Brand yang dipakai: Fluffy, Royal Bebe
Celemek dipakai setiap feeding dan diganti setiap harinya atau sesuai kebutuhan. Penggunaan celemek akan melindungi bagian kerah/leher baju bayi dari noda susu (terutama kalau pakai sufor).

Deterjen Pakaian
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: BabyMax Detergent
Saya selalu memisahkan cucian pakaian bayi dengan pakaian dewasa. Penggunaan deterjennya pun dibedakan. Deterjen bayi biasanya lebih lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan alergi di kulit bayi. Penggunan deterjen yang tepat juga akan menjaga kualitas baju bayi tetap baik dan bersih. Deterjen BabyMax ini masih ada wanginya tapi samar, tidak strong. Tersedia juga dalam kemasan isi ulang.

Baby Hanger
– Qty: 20 pcs
– Brand yang dipakai: –
Baby hanger / gantungan kecil digunakan untuk menjemur pakaian bayi yang sudah dicuci.

SLEEPING / NURSERY

Baby Crib
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Chicco Next to Me
Pada awalnya saya masih idealis bahwa bayi harus tidur terpisah dari orang tuanya untuk menghindari resiko SIDS. Tapi ternyata anak saya selalu nangis kalau ditaruh di crib, dia hanya mau tidur seranjang dengan saya. Untung saja baby crib ini cuma sewa, jadi tidak rugi. Hahaha. Saran saya, kalau mau pakai crib mending coba sewa dulu karena tidak semua bayi mau tidur di crib.

Perlak Kain waterproof
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Little Palmerhaus Wonderpad
Saya pakai perlak kain waterproof ini untuk alas tidur. Jaga-jaga kalau sampai popok bocor karena kepenuhan, tidak akan mengotori kasur.

Selimut
– Qty: 2
– Brand yang dipakai: Sumimo
Selimut ini jadi barang wajib kalau bayi tidur di kamar ber-AC supaya tidak kedinginan. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terbuat dari bahan yang berat (seperti bed cover). Selalu awasi penggunaan selimut pada bayi baru lahir karena ada resiko menyebabkan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Jangan sampai selimutnya menghalangi jalan napasnya.

Nursing Pillow
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Cottonseeds
saya suka nursing pillow Cottonseeds karena bahannya lembut dan lingkaran pinggangnya cukup besar. Selain itu juga empuk untuk bayi tiduran diatasnya sambil menyusu. Selain untuk menyusui, bantal ini juga bisa digunakan untuk alat bantu latihan tummy time.

Bantal (anti peyang)
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Babymoov Lovenest+
Saya baru pakai bantal untuk bayi saat anak saya berusia 2 bulan. Sebelum itu masih takut-takut karena bisa menimbulkan SIDS. Karena kepala anak saya agak peyang, saya beli bantal anti peyang dari Babymoov ini tapi hasilnya belum terbukti nyata bisa mengkoreksi kepala bayi yang peyang, mungkin butuh waktu lebih lama. Let’s see.

BABY BATH

Perlak Karet
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Sugar Baby
Perlak karet waterproof ini berguna untuk alas ganti popok atau mandi.

Handuk
– Qty: 2 pcs
– Brand yang dipakai Tottori by Little Palmerhaus
Saya suka handuk Tottori karena ringan, mudah meresap dan gampang dikeringkan. Bahannya juga lembut di kulit bayi.

Wash Lap
– Qty: 4 pcs
– Brand yang dipakai: Little Palmerhaus
Wash Lap dipakai untuk mandi seka bayi. Sebaiknya wash lap diganti (dicuci) secara berkala, kalau saya biasanya 2 hari sekali ganti wash lap. Setelah pakai, cuci sedikit dengan air bersih dan jemur sampai kering supaya tidak lembab.

Baskom
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: –
Baskom ini saya pakai untuk mandi seka bayi dan juga untuk meniriskan cucian botol susu. Tidak ada ketentuan khusus tentang baskom, hanya saja saya memilih ukuran yang medium dan juga bahan yang tahan air panas.

Bak Mandi
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Pliko, Aqua Scale
Saya baru memandikan bayi di rumah saat tali pusarnya puput. Sebelum puput, bayi hanya saya seka saja dengan air hangat dan sabun, menghindari tali pusarnya jadi basah. Pertama kali memandikan bayi, saya menggunakan baby tafel Pliko (changing table dan bath tub) karena setelah operasi caesar tidak mungkin untuk jongkok / duduk rendah di lantai menggunakan bak mandi biasa. Baby tafel ini tingginya kurang lebih seperut dewasa sehingga posisi memandikan bayi jadi lebih enak. Kekurangannya hanya ukuran bak mandinya kecil jadi saat bayi sudah usia sebulan rasanya sudah mulai sempit. Apalagi anak saya terlahir dengan ukuran yang terbilang besar. Untungnya baby tafel ini saya cuma sewa saja karena masa pakainya cuma sebentar ternyata.

Shampo
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Mustela Foam Shampoo (for newborn) dan Cussons Baby Shampoo (varian coconut oil & aloe vera)
Bayi saya sempat mengalami masalah cradle cap (kerak pada kulit kepala) saat berumur 2 bulan, pada saat itu saya menggunakan Mustela Foam Shampo setiap hari untuk membantu mengatasi permasalahan kerak kepala. Setelah masalah kerak kepala selesai, saya menggunakan shampo Cussons untuk perawatan harian dan shampo Mustela-nya hanya dipakai 1-2 kali dalam seminggu untuk maintain saja supaya kerak kepalanya tidak muncul lagi. Mustela Foam Shampoo sebaiknya tidak digunakan tiap hari kalau kulit kepala bayi baik-baik saja karena shampo tersebut mengandung salicylic acid sebagai exfoliating agent.

Body Wash
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Mustela Gentle Cleansing Gel dan Cussons Baby Hair & Body Wash Mild and Gentle (warna biru)
Saya memandikan bayi saya 2 kali sehari. Pagi hari biasa hanya seka air hangat / wash lap dengan sabun cussons, sedangkan sore hari waktunya mandi bak dengan menggunakan sabun Mustela.

DIAPERING

Popok
– Qty: 1 pak (untuk seminggu pemakaian)
– Brand yang dipakai: Mamy Poko Royal Soft (Newborn Size) tipe perekat
Saya menggunakan popok sekali pakai karena saya tidak punya asisten rumah tangga atau suster untuk menjaga bayi saya. Penggunaan popok kain atau clodi tidak praktis dan akan menyusahkan saya karena banyaknya cucian. Pengunaan popok sekali pakai secara biaya memang jatuhnya akan lebih mahal, belum lagi masalah isu lingkungan. Tapi, saya berusaha untuk tidak terlalu idealis demi kewarasan hidup. Hahaha. Catatan penting untuk penggunaan popok sekali pakai: ganti langsung saat BAB (Buang Air Besar) dan ganti setiap 3-4 jam sekali saat BAK (Buang Air Kecil), walaupun pada kemasan produk tertulis bisa menampung pipis bayi sampai 8-12 jam. Hal ini untuk menghindari terjadinya ruam popok atau infeksi saluran kemih pada bayi. So far, bayi saya bebas dari ruam popok dengan menerapkan cara tersebut.

Diaper Rash Cream
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Mustela Barrier Cream
Saya beli diaper cream untuk jaga-jaga kalau bayi saya mengalami ruam popok atau iritasi di lipatan tubuhnya. Tapi, ternyata jarang dipakai karena bayi saya tidak bermasalah dengan ruam. Alhasil, diaper cream-nya jadi nganggur. Hahaha. Tekstur Mustela Barrier Cream ini gampang dioleskan tapi menimbulkan bekas lapisan putih diatas kulit bayi, sehingga harus ekstra saat dibersihkan.

Baby Wipes / Tissue Basah
– Qty: 1 pak (untuk 2-3 minggu)
– Brand yang dipakai: Pigeon Pure Water
Baby Wipes ini saya gunakan untuk membersihkan poop bayi sebelum nantinya akan dicuci lagi dengan kapas basah. Saya memilih jenis baby wipes tanpa alkohol dan pewangi karena menurut saya bagian sensitif bayi (kelamin dan pantat) rentan iritasi.

Round Cotton Ball / Kapas Bulat
– Qty: 1 pak (untuk 2 minggu)
– Brand yang dipakai: Medisoft (warna biru)
Kapas bulat ini saya basahi dengan air bersih dan digunakan untuk membersihkan kelamin / pantat bayi ketika dia pipis atau poop. Setelah itu baru dikeringkan dengan tissue kering dan dipasangkan popok.

Tissue kering
– Qty: 1 pak (untuk 1 bulan)
– Brand yang dipakai: Multi Facial Tissue (1000 gram)
Karena penggunaannya akan banyak sekali setiap harinya untuk ganti popok, saya prefer beli dalam kemasan besar sekaligus karena jatuhnya jauh lebih hemat.

GROOMING & BABY CARE

Gunting Kuku
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Pigeon
Saat bayi lahir, dia sudah punya kuku yang tajam dan perlu segera digunting. Kuku tangan bayi juga tipenya cepat tumbuh sehingga perlu digunting setiap 3 hari sekali. Untuk memudahkan proses gunting kuku bayi, sebaiknya dilakukan saat bayi tidur. Gunting kuku pigeon ini ujung guntingnya dibuat tumpul sehingga aman dipakai untuk memotong kuku bayi.

Kain Kassa Steril
– Qty: 1 pak (untuk 2 minggu)
– Brand yang dipakai: Onemed
Guna kain kassa ini adalah untuk membersihkan mulut (gusi dan lidah) bayi. Caranya, kain kassa digulung pada jari telunjuk, kemudian celup kain kassa dalam air minum hangat dan lap gusi dan lidah bayi sampai bersih. Sebaiknya membersihkan mulut bayi ini rutin dilakukan tiap hari supaya lidah bayi selalu bersih dari sisa susu yang kalau kelamaan menebal bisa bikin jamuran.

Facial Cream
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Mustela Face Cream (Normal Skin)
Untuk menjaga kulit muka bayi selalu lembab dan sehat, saya selalu memakaikan krim wajah ke bayi saya setelah kulit mukanya dibersihkan dengan kapas dan air hangat. Saya tidak pernah menggunakan sabun untuk kulit muka bayi saya.

Body Lotion
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Mustela Body Lotion (Normal Skin)
Penggunaan sabun setiap harinya untuk memandikan bayi cenderung membuat kulit bayi jadi lebih cepat kering, oleh karena itu saya selalu mengoleskan body lotion ke seluruh tubuh bayi setelah mandi.

Hair Lotion
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Cussons Baby Hair Lotion (varian coconut oil & aloe vera)
Penggunaan hair lotion Cussons ini menurut saya membantu rambut bayi saya jadi lebih cepat tumbuh dan panjang. Selain itu wanginya soft dan khas bayi sekali.

Baby Cologne
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Cussons Baby Cologne (varian cheerful smile, warna ungu)
Saya tidak menggunakan pelembut atau pewangi pakaian saat mencuci baju bayi karena khawatir bisa memicu iritasi kulitnya, oleh karena itu supaya bayi tetap harum dan wangi, saya mengoleskan baby cologne ke pakaian bayi setiap habis mandi. Wanginya lumayan tahan lama sekitar 2 atau 3 jam-an.

Baby Oil
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Cussons Baby Oil Gentle & Mild (warna biru)
Baby oil selain bisa dipakai pijat bayi, juga bisa digunakan untuk mengatasi kerak kepala bayi atau kulit bayi yang kering. Selain itu bisa dipakai untuk membersihkan daun telinga bayi (hanya telinga bagian luar) dari kulit-kulit keringnya.

Sisir rambut
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Pigeon Comb & Hair Brush Set
Dalam kemasan box Pigeon tersebut kita akan dapat 2 macam sisir, sisir plastik biasa dan sisir bentuk sikat halus (hair brush). Untuk bayi yang rambutnya sedikit seperti bayi saya, disarankan pakai hair brush saja. Sikatnya lumayan lembut dan tidak bikin kemerahan di kulit kepala bayi.

FEEDING

Botol Susu
– Qty: 6 pcs
– Brand yang dipakai: Phillips Avent
Untuk newborn sebaiknya beli botol ukuran kecil dulu, 125 ml, karna kebutuhan susunya masih sedikit. Wajib punya minimum 2 botol. Setelah 2 bulan sudah bisa beli yang ukuran besar, 260 ml. Botol ukuran kecil tidak usah stok banyak karena hanya terpakai sebentar.

Sendok makan
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Sugar Baby
Walaupun bayi saya belum saatnya MPASI, tapi saya sudah beli sendok bayi berbahan silikon merk Sugar Baby ini untuk keperluan minum ASI perah (karena ASI saya tidak banyak jumlahnya jadi sayang kalau pakai botol) dan suplemen Interlac (baca post saya sebelumnya). Hitung-hitung buat latihan buat anak bayi juga supaya terbiasa dengan penggunaan sendok nantinya.

Sabun Cuci Botol
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: BabyMax Bottle & Utensils Cleanser
Saya cukup suka dengan sabun cuci botol BabyMax karena tidak terlalu wangi, berbusa dan hasilnya bersih kesat. Semua lemak susu bisa dibersihkan dengan baik. Spons untuk cuci botol dan peralatan makan bayi lainnya sebaiknya tidak digabung dengan spons cuci piring di rumah ya.

Sikat Botol
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Pigeon Basic 2 in 1 Bottle and Nipple Brush
Dalam satu kemasan tersebut kita akan dapat 2 macam sikat, yaitu sikat botol dan sikat dot-nya. Penggunaan sikat ini cukup penting untuk memastikan botol dan dot-nya benar-benar bersih dari sisa susu. Sikat botol-nya cukup halus dan tidak membuat botol jadi gores / lecet.

Sterilizer
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Upang
Walaupun sudah mencuci botol dengan bersih, bisa jadi masih ada sisa kuman / bakteri yang masih menempel di badan botol atau dot. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan sterilisasi dulu sebelum digunakan.

Bottle Warmer
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Baby Safe
Kegunaannya adalah untuk menghangatkan sufor, ASI ataupun MPASI (setelah bayi sudah bisa makan, usia 6 bulan). Saya juga pakai warmer untuk memanaskan air sampai di suhu 70 derajat Celcius sebelum menyeduh sufor.

Kantong ASI Perah
– Qty: 1 pak
– Brand yang dipakai: Spectra
Kantong ASI perah digunakan untuk menampung hasil pompa ASI. Kantong ini adalah kantong steril sekali pakai, jadi begitu sudah dibuka dan diambil ASI perahnya, tidak bisa dipakai lagi.

Pompa ASI
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Spectra 9+
Untuk pompa ASI, saya hanya sewa, tidak beli karena rencananya mau coba-coba dulu, cari mana yang cocok. Pompa ASI Spectra 9+ ini cukup oke karena punya banyak pilihan level suction dan massage. Selain itu pompa-nya kecil dan bisa dibawa mobile / travel.

TRAVEL

Stroller
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Joie Signature Pact Flex
Memilih stroller ini susah-susah gampang ya. Sering kali tergiur dengan penampilan dan performa stroller tapi ujung-ujungnya budget tidak sesuai. Hahaha. Untuk awalnya, saya sewa dulu stroller-nya, untuk melihat kenyamanan bayi dengan brand yang dipilih, kalau oke baru saya beli sendiri. Saya pilih stroller Joie Signature Pact Flex yang harganya termasuk middle class saja. Kebetulan anak bayi nyaman-nyaman saja di stroller ini. Stroller Joie cukup oke, ringan, gampang dilipat dan ukurannya bisa masuk cabin pesawat. Selain itu ada opsi recline position sehingga bisa digunakan dari bayi newborn. Kekurangannya, stroller ini hanya bisa untuk berat maksimum 15 kg (sekitar 2 tahun). Tapi, tidak apalah menurut saya, karena pada saat itu si anak yang sudah bisa jalan sendiri belum tentu mau duduk di stroller lagi.

Baby Carrier (Ring Sling)
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Obayito
Ring sling ini adalah produksi lokal. Kalau boleh dikata, ring sling ini semacam upgraded version dari versi tradisional kain jarik. Hahaha. Saya tidak begitu suka tipe begini karena agak ribet, selain itu entah kenapa posisi anaknya jadi seperti kemasuk gitu ya? Mungkin karena bahan kainnya kurang menopang dengan baik atau saya yang salah setting. Selain itu, gendongan ini hanya menumpu di salah satu pundak, efeknya bisa bikin sakit pinggang atau punggung.

Baby Carrier (Soft Structured Carrier / SSC)
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Optima by Nana Baby Carrier
Gendongan produksi lokal dengan kualitas kain yang berkualitas dan lembut serta mendukung M-Shape position yang direkomendasikan untuk menghindari hip dysplasia. Tipe gendongan ini lebih praktis karena cuma butuh setting di awal, setelah itu seperti pakai ransel di depan tubuh aja dan kencangkan buckle-nya. Gendongan Optima by Nana Baby Carrier ini support 3 posisi, yaitu: gendong depan (bayi hadap ke penggendong), gendong samping (untuk anak usia 6 bulan ke atas), dan gendong belakang (untuk anak yang lebih besar). Untuk bayi newborn tidak disarankan gendong hadap depan (bayinya melihat ke depan, bukan ke arah penggendong) karena takutnya bayi akan jadi over stimulated dan juga karena lehernya belum terlalu kuat. Hindari penggunaan gendongan tipe hip seat yang ada bantalan dudukannya sampai bayi sudah berusia 6 bulan dan bisa duduk sendiri. Bayi kecil biasanya belum bisa duduk tegak dan lehernya masih goyang-goyang, apabila duduk di hip seat dan digendong hadap depan, apalagi pas tidur, mereka cenderung jatuh kepalanya ke arah dagu. Hal ini bisa menghalangi saluran nafas bayi. Jadi jangan salah pilih gendongan ya.

Diaper Bag
– Qty: 1 pc
– Brand yang dipakai: Machine Bird
Saya pilih diaper bag bentuk ransel dengan warna yang netral supaya bisa dipakai juga sama suami. Bentuk ransel akan membuat beban tas jadi terdistribusi rata di kedua pundak. Selain itu, diaper bag yang saya pilih juga bantalan pundaknya lumayan tebal. Seperti halnya standar diaper bag yang lain, tas ini juga punya banyak kantong atau partisi di dalam tas.

Demikian newborn shopping list versi saya. Lumayan banyak juga, kan?! Hahaha. Untuk sewa peralatan bayi (dan juga mainan anak) di Batam, silakan lihat contact dibawah ini. Pelayanan mereka cukup bagus dan sudah termasuk jasa antar-jemput. Kita hanya tinggal duduk manis di rumah. Kalau untuk perlengkapan bayi lainnya, kebanyakan saya pesan secara online lewat market place seperti Tokopedia yang memberikan fasilitas bebas ongkir (ongkos kirim). Lumayan beda harganya dengan beli langsung di Batam yang menurut saya harganya jadi lebih mahal.

Contact:
Hoopla Rental Mainan
Instagram: hoopla_rentalmainan
WA: 085667651688


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s