Biaya Melahirkan di Rumah Sakit Swasta Batam

Sewaktu usia kandungan saya sekitar 4 bulan-an, saya mengajak pak suami untuk survey ke beberapa RS swasta yang ada di Batam untuk mencari info tentang biaya melahirkan di Batam. Menurut saya, sangat penting untuk mempersiapkan biaya persalinan sedari dini karena biayanya tidaklah murah. Ada 3 RS yang saya kunjungi:

  1. RS Awal Bros Batam
    Address: Jl. Gajah Mada Kav. 1 Batam
    Phone: +62 (778) 4317777
    Website: http://awalbros.com/en/branch/batam/

    RS Awal Bros Batam adalah rumah sakit umum tipe B yang cukup populer dan sibuk di Kota Batam. RS Awal Bros Batam berdiri sejak 26 Juni 2003. Selain di Batam, RS Awal Bros juga punya beberapa cabang lainnya di Indonesia. Lokasi RS Awal Bros lumayan dekat dari kediaman saya di Batam, hanya berjarak sekitar 10 menit berkendara. Saya dan suami sudah pernah beberapa kali berkunjung ke rumah sakit ini untuk urusan kesehatan, tapi belum pernah sama sekali untuk urusan pemeriksaan kandungan. Dari dokter-dokter kandungan yang pernah saya datangi untuk konsultasi, tidak ada satupun dari mereka yang praktek di RS Awal Bros Batam. Hehe. Tapi, tidak ada salahnya untuk tetap survey biaya melahirkan disini karena reputasi RS Awal Bros lumayan bagus juga.

    Untuk mendapatkan detail harga biaya melahirkan, saya dan pak suami mendatangi bagian administrasi rawat inap di RS Awal Bros Batam. Staf yang ada disana sangat ramah dan melayani semua pertanyaan kami. Berikut adalah kisaran harga melahirkan di RS Awal Bros Batam:
    – Lahiran Normal: +- Rp. 10 Juta (sudah termasuk jasa tindakan dokter dan obat-obatan, tapi diluar biaya kamar Ibu dan Bayi). Harga tindakan tidak bergantung pada kelas kamar.
    – Lahiran Sectio: +- Rp. 30 – 35 Juta (sudah termasuk jasa tindakan dokter, obat-obatan dan anestesi, tapi diluar biaya kamar Ibu dan Bayi). Harga tindakan tidak bergantung pada kelas kamar.
    – Kamar Ibu: Deluxe (hanya 1 pasien dalam 1 ruangan) Rp. 1.250.000 / hari
    – Kamar Bayi: Kamar biasa Rp. 450.000 / hari; kamar perina Rp. 700.000 / hari; kamar NICU Rp. 1.450.000 / hari
    Visit dokter kandungan / dokter anak: Rp. 285.000 / visit

    Di RS Awal Bros Batam tidak memperkenankan Bayi untuk sekamar dengan Ibu-nya. Tujuannya mungkin supaya ibu bisa lebih fokus di pemulihan diri pasca lahiran. Bayi hanya akan diantar ke ruangan kamar ibu untuk menyusui saja. Perkiraan masa inap setelah melahirkan adalah 1 hari untuk lahiran normal dan 3 hari setelah lahiran sectio.

  2. RS Elizabeth Batam Kota
    Address: Jl. Raja Ali Kelana, Batam.
    Phone: +62 (778) 4803193
    Website: https://rsebk.com/

    RS Elizabeth Batam Kota adalah RS umum tipe C yang terbilang cukup baru di Kota Batam. RS Elizabeth Batam Kota berdiri sejak 17 November 2015. Saya dan suami belum pernah berkunjung sebelumnya ke RS ini karena lokasinya cukup jauh dari kediaman kami, yaitu sekitar 20 menit berkendara. Tapi, 2 dokter kandungan yang pernah kami datangi, dokter Herman dan dokter Steven, praktek di RS Elizabeth Batam Kota ini. Jadi, kalau mau lahiran dengan mereka berarti saya harus melahirkan di rumah sakit ini.

    Untuk mendapatkan detail harga biaya melahirkan, saya dan pak suami mendatangi bagian kasir di RS Elizabeth Batam Kota. Staf yang ada disana saat itu tidak begitu ramah seperti halnya di RS Awal Bros Batam, tapi staf tersebut masih bersedia melayani pertanyaan kami. Berikut adalah kisaran harga melahirkan di RS Elizabeth Batam Kota:

    IMG-20200704-WA0005.jpg
    Biaya Melahirkan di RS Elizabeth Batam Kota (tidak termasuk obat dan alat kesehatan)

    Terlihat pada tabel tersebut bahwa harga tindakan persalinan bergantung pada kelas kamar. Tambahan biaya yang akan timbul diluar angka pada tabel tersebut adalah:
    – Kamar Ibu: VIP (1 pasien dalam 1 ruangan) Rp. 900.000 / hari
    – Kamar Bayi: mengikuti kelas kamar Ibu, VIP Rp. 228.000 / hari; kamar NICU Rp. 300.000 / hari
    Visit dokter kandungan / dokter anak: Rp. 290.000 / visit
    – Obat-obatan dan alat kesehatan: tergantung indikasi dan kebutuhan pasien.

    Tentang peraturan Bayi sekamar dengan Ibu di RS Elizabeth Batam Kota, saya agak lupa detailnya bagaimana, soalnya staf yang saya tanyakan waktu itu agak kurang bersahabat. Tapi, sepertinya Bayi diletakkan di kamar terpisah dengan Ibu dan hanya dibawa ke kamar saat akan menyusui saja. Untuk info lebih pasti, silakan telepon ke rumah sakitnya langsung ya.

  3. RSIA Frisdhy Angel
    Address: Jalan Raden Patah Blok B No. 1-3, Batam
    Phone: +62 (778) 424901
    Website: No website but you can download their apps on Google Play

    Berbeda dengan 2 rumah sakit di atas, Frisdhy Angel adalah rumah sakit khusus untuk Ibu dan Anak. Dari segi gedung juga kapasitasnya tidak sebesar 2 rumah sakit di atas. Lokasinya cukup strategis, dekat dengan pusat keramaian di Nagoya sehingga tidak akan kesulitan untuk mencari makanan bagi keluarga pendamping pasien. Saya sendiri belum pernah datang untuk konsultasi ke rumah sakit ini, tapi salah satu dokter kandungan saya praktek disni, yaitu dokter M. Dezarino.

    Saya kesana bersama pak suami saat hari Minggu siang, kami langsung menemui staf kasir untuk menanyakan perihal biaya melahirkan disana. Staf yang ada sangat ramah dan membantu menjawab semua pertanyaan kami dengan baik. Berikut adalah biaya melahirkan di RSIA Frisdhy Angel:

    PhotoGrid_1597049250108-1.jpg
    Biaya Melahirkan di RSIA Frisdhy Angel (sudah termasuk kamar, obat dan alat kesehatan)

    Terlihat pada tabel tersebut bahwa harga tindakan persalinan bergantung pada kelas kamar. Tambahan biaya yang akan timbul diluar angka pada tabel tersebut adalah:
    Visit dokter anak: Rp. 286.000 / visit
    Visit dokter kandungan: Rp. 260.000 / visit
    – Perawatan bayi: Rp. 300.000 / hari
    – Tindakan dan obat-obatan lain sesuai kebutuhan pasien.

    Dari ketiga pilihan rumah sakit tersebut, so far sepertinya saya akan memilih RSIA Frisdhy Angel. Alasannya adalah tipe rumah sakitnya hanya khusus melayani Ibu dan Anak, bukan rumah sakit umum. Pada masa pandemi ini saya agak takut kalau harus berurusan dengan rumah sakit umum. Apalagi, dengar-dengar kabar, ada rumah sakit umum yang dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19. Menurut saya ibu yang habis melahirkan dan bayi yang daya tubuhnya masih rendah cukup rentan tertular COVID-19. Jadi harus extra hati-hati sekali sekarang.

    Untuk masalah apakah rumah sakit tersebut ada kerjasama atau tidak dengan BPJS untuk urusan melahirkan, saya tidak tahu dan tidak menanyakan saat survey. Kalau saya pribadi, selama masih bisa menabung dan menyiapkan biaya melahirkan sendiri, lebih baik pakai biaya pribadi, kebetulan kantor pak suami juga tidak menanggung biaya maternity. Biarlah BPJS dipakai oleh orang-orang yang benar-benar membutuhkan di luar sana.

    Dari pengalaman pribadi adik kandung saya, karena istrinya tiba-tiba mengalami pre-eklampsia dan harus melahirkan segera sebelum due date, akhirnya bayi prematur-nya harus dirawat inap di NICU selama sekitar 2 minggu. Akibatnya terjadi extra cost karena biaya NICU tidaklah murah. Untung saja semua berakhir bahagia, bayinya tumbuh sehat sampai sekarang dan sudah jadi balita. Moral of the story, sebaiknya budget biaya lahiran disiapkan double dari biaya yang disebutkan diatas untuk persiapan emergency cases.

    Tentang pilihan melahirkan secara normal atau sectio, sejujurnya saya belum memikirkannya. Nanti saja dipikirkan kalau sudah masuk trimester 3. Lagipula keputusan normal atau sectio baru bisa diambil saat pemeriksaan USG 36 weeks dengan melihat posisi janin, ukuran janin dan ukuran panggul Ibu. Saya tidak akan menjadi Ibu yang idealis dan egois. Lahiran normal atau sectio sama saja, yang penting bagi saya adalah minim resiko untuk Ibu dan Bayi mengingat umur saya yang sudah tidak muda (37 tahun). Saya masih mau hidup sehat dan panjang umur untuk merawat dan membesarkan anak saya. Semoga saja kelak semua urusan persalinan bisa dilancarkan. Amin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s