Wisata Batam: Sea Forest Adventure

Hai teman-teman sekalian. Di masa “New Normal” ini kalian sudah kemana saja? Atau masih setia “Stay At Home”? Kalau di Batam, tempat wisata perlahan sudah mulai buka. Jadi, saya dan pak suami mulai explore lagi tempat-tempat wisata di Batam, tentunya tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah Covid-19. Biasanya saya dan pak suami hanya jalan-jalan keluar rumah saat weekend, sisanya diusahakan untuk stay at home. Tidak keluar kalau tidak penting-penting sekali.

28 Juni 2020

It’s weekend already dan saatnya mencari tempat-tempat baru untuk dijelajahi di Batam. Soalnya kita tidak tahu akan sampai kapan tinggal di Batam, jadi kesempatan yang ada lebih baik digunakan untuk membuat kenangan jalan-jalan di Batam, hehe.

20200501_142820

Tujuan kami hari ini adalah ke Sea Forest Adventure. Lokasinya ada di Nuvasa Bay, Nongsa. Dari Batam Centre, jarak tempuh ke lokasi Sea Forest Adventure hanya sekitar 30 menit dengan berkendara. Sejauh mata memandang saat ke sana, saya tidak melihat ada jalur transportasi umum-nya. Jadi memang kita harus membawa kendaraan pribadi untuk ke tempat ini.

Sea Forest adventure adalah salah satu kawasan wisata di Batam yang cukup populer. Luas kawasan ini sekitar 10 hektar, terdiri dari pantai dan berbagai atraksi permainan. Kawasan ini dikelola oleh Sinar Mas Land. Terkadang, bagi pendatang baru, pantai Nuvasa Bay seringkali dikira sama dengan pantai Nongsa. Padahal tidak demikian karena mereka beda pengelola, walaupun lokasi keduanya lumayan berdekatan. Pantai Nongsa konsepnya lebih ke pantai rakyat sehingga pengunjungnya lebih ramai. Karena lebih ramai itulah, saya dan suami mengurungkan diri melihat pantai Nongsa dan lebih memilih ke Nuvasa Bay.

20200628_131122
Ticketing Counter Sea Forest Adventure
20200628_121625
Tiket Masuk Sea Forest Adventure

Biaya tiket masuk ke Sea Forest Adventure adalah Rp. 40.000 per orang (untuk turis lokal) dan Rp. 60.000 per orang (untuk turis international). Harga itu belum termasuk akses ke wahana permainan. Harga tiap jenis wahana permainan berbeda-beda dan tergantung lama permainannya juga. Pembelian tiket masuk dan tiket atraksi permainan dilakukan di counter. Pembayaran bisa dilakukan dengan cash ataupun kartu (debit / kredit).

20200628_104530
Peta kawasan Sea Forest Adventure

Selama masa pandemi ini, Sea Forest Adventure hanya buka pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Jam operasionalnya mulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore. Waktu ideal untuk datang kesini adalah setelah jam 1 siang karena kalau pagi-pagi air pantainya masih surut. Seperti halnya kami yang waktu itu datang jam 11 siang kesana dan air pantainya masih surut sehingga wahana permainan yang bisa diakses pun terbatas.

20200628_123510
Pantai Nuvasa Bay (Sea Forest Adventure)

Pantai di Sea Forest Adventure atau disebut juga pantai Nuvasa Bay memiliki pasir coklat kekuningan yang lembut. Air pantainya berwarna kebiruan dan jernih. Pantainya bersih dari sampah. Kotoran yang ada di pantai paling hanya berupa dedaunan atau ranting yang jatuh dari pohon. Seperti halnya pantai yang lain, tentu saja disini terik pada saat siang hari, walaupun angin-nya lumayan sepoi-sepoi. Pastikan untuk membawa topi dan memakai sunblock. Kalau cuaca cerah, kalian berkesempatan melihat negara Singapura yang ada di seberang pantai.

20200628_122206
Peringatan tentang ikan Batu

Bagi kalian yang mau berenang di pantai Sea Forest Adventure, harap perhatikan spot-nya. Ada beberapa spot yang harus dihindari sesuai dengan rambu-rambu yang ada. Pihak pengelola memberikan peringatan dini akan keberadaan ikan Batu yang beracun. Biasanya ikan Batu akan berkamuflase menjadi batu atau pasir pantai.

Kalau ke Sea Forest Adventure, saya sarankan membawa makanan dan minuman sendiri. Di lokasi ini hanya ada sebuah minimarket yang menjual minuman dan aneka snack serta sebuah kedai yang menjual Indomie dan es krim. Di sekitar pantai, disediakan beberapa meja piknik oleh pengelola. Tapi, saat kami kesana meja pikniknya penuh semua. Untungnya kami membawa tikar untuk alas duduk di pantai sambil makan siang.

Fasilitas umum yang ada di Sea Forest Adventure cukup lengkap, yaitu locker untuk menyimpan barang berharga (berbayar), mushola, toilet dan kamar mandi. Untuk kamar mandinya, tidak disediakan handuk dan toiletries jadi lebih baik bawa sendiri dari rumah.

20200628_104429
Harga Untuk Tourist Lokal
20200628_104510
Harga untuk Tourist Internasional
20200628_104516
Harga paket atraksi permainan di Sea Forest Adventure
20200628_104453
Bisa sewa electric scooter juga di Sea Forest Adventure

Wahana permainan di Sea Forest Adventure banyak sekali dan bisa diakses berbagai kalangan usia, mulai anak kecil sampai dewasa. Sering juga tempat ini dijadikan tempat untuk outbound kantor dan acara camping. Berbagai jenis wahana permainan dan harganya bisa dilihat pada gambar. Harga dibedakan untuk tourist lokal dan tourist internasional.

20200628_124308
Kawasan Palm Spring Golf

Tepat di sebelah kawasan Sea Forest Adventure ada Palm Spring Golf Resort. Jadi selain pantai, kita juga bisa melihat pemandangan hijau-hijau rumput golf. Cantik sekali jadinya. Hehe. Tidak terasa saya dan pak suami menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam disini untuk nongkrong-nongkrong di pinggir pantai, makan siang dan tentunya hunting foto-foto yang keren.

Kalau kalian berlibur ke Batam dan sudah bosan hunting kuliner di kota Batam, silakan coba main ke Sea Forest Adventure. Dijamin seru dan bikin refresh sejenak dari suasana perkotaan.

Contact:
Sea Forest Adventure
Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29465
Website: https://www.seaforestadventure.com/
Instagram: seaforestadventure

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s