Staycation at Harris Resort Barelang

Kelamaan di rumah karena anjuran “Stay at home” di masa pandemi ini pasti bikin bosan setengah mati. Apalagi kalau seperti saya yang sekarang tinggalnya di apartemen yang lebih kecil dari rumah yang di Tangerang. Rasanya mentok sana-sini. Saya merasa butuh liburan sekali! Tapi, kalau mau bepergian naik pesawat ke luar kota, rasanya riskan juga. Dilema mau liburan tapi takut dengan Corona. Hahaha. Akhirnya dengan pertimbangan matang, saya dan suami memilih untuk staycation di salah satu hotel yang ada di kota Batam. Walaupun judulnya masih kota yang sama, at least kita berdua dapat suasana baru supaya refresh. Selain itu, staycation ini juga a little celebration for our 8th wedding anniversary.

20200521_191030

Kami berdua memilih Harris Resort Barelang karena lokasinya masih terjangkau, hanya 30 menit berkendara dari tempat tinggal kami. Selain itu, lagi ada promo potongan harga menginap disana. Dari harga sekitar 1,1 Juta Rupiah per malam menjadi 789 Ribu Rupiah per malam untuk kamar standard (Harris Room Garden View) dan sudah termasuk breakfast untuk 2 orang. Karena lagi sepi, kamar kami dapat free upgrade jadi Harris Room Sea View senilai 1,4 Juta Rupiah per malam. Wow!

20200521_161838
Pemandangan dari lobby hotel

21 Mei 2020

Kami baru berangkat dari apartemen setelah makan siang karena waktu check-in di Harris adalah jam 2 siang. Kami sudah membekali diri dengan membawa air mineral botolan karena tahu disana akan susah menemukan minimarket untuk belanja-belanja keperluan begini. Ujung-ujungnya harus beli air mineral dari hotel yang harganya overprice sekali. Hehehe. Oh iya, layanan “Go-Food” tidak diperkenankan memasuki area hotel. Jadi pastikan bawa makanan (snack favorit) dan minuman yang cukup dari rumah.

20200522_104314
Mobil Buggy Golf

Sampai di lobby hotel dan selesai mengurus check-in, kami langsung diantar ke depan kamar dengan mobil buggy golf. Area hotel cukup luas jadi kalau jalan kaki lumayan juga, sehingga hotel difasilitasi dengan mobil buggy golf. Uniknya kompleks kamar di Harris Resort Barelang ini dibuat seperti kompleks perumahan. Kamar kami terletak di lower ground tapi masih di atas bukit dengan pemandangan menghadap laut. Namun sayangnya sudut pemandangan lautnya agak miring kalau dari kamar kami, bukan yang langsung tepat di depan kamar. But it’s not a big deal to us. We still enjoy our staycation.

20200521_153841
Deretan unit kamar hotel yang seperti kompleks perumahan

 

20200521_142425
Our Room

Kamar kami sangat spacious (luas kamar 33 m2) dan modern. Saya suka sekali dengan hotel yang terang seperti Harris Hotel Barelang. Lampu dalam kamar ada banyak sehingga walaupun malam, kamar tidak remang-remang. Ranjangnya super duper empuk dan nyaman. Bawaannya bikin mau tiduran terus. Hahaha. Eits, tapi sayang rasanya kalau tiduran melulu di kamar tanpa explore sekitar hotel.

20200522_102152
Keliling area hotel

Sore hari, kami jalan-jalan di sekitar hotel. Sehubungan lagi pandemi, beberapa fasilitas hotel ditutup, seperti kolam renang anak, playground anak, dan bar. Kolam renang dewasa yang bisa diakses hanya ada satu, infinity pool yang bersebelahan dengan cafe Rocksalt. Spa hotel juga buka, tapi harus bikin perjanjian dulu. Tapi, harga spa disini mahal sekali menurut saya. Hahaha.

20200522_102831
Area pantai Harris Resort Barelang
20200521_155516
Menjelang sore di pantai

Harris Resort Barelang punya akses private beach. Di pantai ada banyak wahana permainan. Tapi, sehubungan pandemi, wahana permainannya ditiadakan. Dulunya tempat ini tidak jarang dijadikan tempat outing kantor untuk acara outbound. Di area pantai, ada wedding chapel yang cantik sekali menghadap laut.

20200521_155953
Jalanan ke wedding chapel jadi terlihat dramatis karena mendung

Untuk dinner, karena lokasi resort ini agak jauh dari mana-mana, mau tidak mau kita harus makan di hotel. Kebetulan saat kami menginap disana, sedang ada paket iftar dengan harga spesial Rp 75.000 per orang. Untuk mengikuti acara iftar ini kita harus melakukan reservasi dahulu karena kuota terbatas. Untungnya, last minute kami daftar, masih tersisa paket iftar untuk 2 pax.

Menjelang Maghrib, orang-orang yang mengikuti acara iftar mulai berdatangan ke restaurant Harris. Ternyata peserta acara iftar lumayan banyak, kebanyakan bukan tamu hotel melainkan peserta acara buka puasa kantor. Lokasi antar meja dibuat berjauhan dan saat itu meja kami hanya ada kami berdua saja. Jadi, kami cukup tenang makan di hotel. Menu yang disajikan lengkap sekali, dari mulai appetizer, main course dan dessert.

22 Mei 2020

Dikarenakan saat kami menginap kamar yang terisi oleh tamu hanya 4 unit, breakfast buffet ditiadakan dan diganti breakfast yang sudah disediakan di meja dan tidak ada pilihan menu. Tapi, sekali lagi kami memaklumi hal ini dan tidak menuntut banyak terhadap pihak hotel. Kalau dari segi rasa makanan, menurut saya tidak istimewa, standar hotel saja.

20200522_103030
Satu-satunya kolam renang yang dibuka saat itu: Rocksalt Infinity Pool

Setelah selesai sarapan, pak suami berenang di Rocksalt Infinity Pool. Setelah itu, balik ke kamar untuk mandi. Selesai mandi, pak suami jalan-jalan keliling area hotel untuk hunting foto. Banyak taman hijau yang bagus dan area jalanan yang bisa dijadikan jogging track. Jangan lupa untuk mengambil foto jembatan Barelang yang merupakan jembatan ikonik kota Batam. Entah kenapa, di daerah Barelang ini saya merasa cuacanya lebih lembab daripada di kota Batam. Rasanya gerah dan bikin lengket di badan. Cuaca yang lembab ini juga bikin banyak nyamuk. Beberapa kali saya jalan di area taman-taman hotel dapat bonus gigitan nyamuk. Jadi, ada baiknya juga kalau kesini siapkan mosquito repellent.

20200522_121122
Foto Jembatan Barelang yang diambil dari area hotel

Walaupun hanya menginap semalam di tempat ini, saya dan suami benar-benar merasa jadi fresh kembali dan siap menghadapi rutinitas keesokan harinya. Memang kadang saat lagi bosan dengan suatu situasi, kita harus mengambil tindakan untuk break sejenak dari rutinitas, demi menjaga kesehatan mental juga. Hehe.

Tips staycation di hotel selama masa pandemi:

  • Pastikan hotel yang kita pilih menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah
  • Pilih hotel yang tidak terlalu ramai supaya nyaman dan bisa menerapkan social distancing tentunya
  • Tetap jaga diri dengan pakai masker dan hand sanitizer
  • Jauhi kerumunan orang
  • Kalau punya anak kecil, mungkin wajib bawa peralatan makan sendiri beserta UV sterilizer untuk menjaga kebersihan mainan dan peralatan anak.

Demikian sharing dari saya tentang liburan singkat kami. Saya harap tulisan ini jangan sampai dihujat oleh netizen. Hahaha. Satu hal lagi yang perlu saya bahas disini, untuk mendapatkan harga paket hotel yang terbaik, kita harus banyak membandingkan harga, tidak cuma hunting di Travel Agent Online saja, tapi kadang special price juga bisa didapatkan dari laman social media hotel yang bersangkutan lho. Seperti halnya saya, saya dapat harga special seperti di atas karena lihat info di Instagram-nya Harris Resort Barelang. Kemudian tinggal contact ke nomor yang tercantum disana untuk melakukan reservasi. Silakan dicoba ya tips ini.

Contact:
Harris Resort Barelang
Instagram: harris_barelang
Website: https://www.harrishotels.com/en-us/Barelang

2 pemikiran pada “Staycation at Harris Resort Barelang

  1. halo ci salam kenal, sy temukan blog ini karena sedang mencari referensi untuk promil.
    cici jadinya terakhir promil dimana ? Terima kasih

    Suka

    • Haii..
      Terakhir promil pas ivf ke-3 aja.. dan hasilnya gagal. Habis itu, 3 bulan kemudian bisa hamil alami tapi janin stop berkembang di 7 week dan berujung kuret. Habis kuret, 6 bulan kemudian hamil alami lagi dan skr uda 17 week 😊 Doain ya supaya sehat dan lancar sampe persalinan.. Nanti rencana mau aku tulis di blog ttg kehamilan ini.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s