Trip To Australia: Sydney – Day 4

29 September 2019

Hari ini adalah hari terakhir di Sydney karena besok sudah harus berangkat ke Melbourne. Karena waktu yang singkat, hari ini agenda jalan-jalannya hanya seputar kota Sydney saja.

Bondi Beach

Getting Here: Naik kereta dari Central Station ke arah Bondi Junction Station, kemudian lanjut naik bus 360 di halte A. Turun dari bus di Campbell Parade St. dan Bondi Beach tepat berada di seberang bus stop.

P_20190929_101706_vHDR_Auto
Suasana di Bondi Beach yang ramai

Bondi Beach adalah salah satu pantai yang populer di Sydney. Lokasinya mudah diakses dan hanya sekitar 7 km dari Sydney CBD. Selain itu, Bondi Beach juga memiliki keunggulan berupa pantai yang bersih, pasir putih dan laut yang biru. Garis pantainya juga panjang, sekitar 1 km. Banyak orang kesini untuk sekedar bersantai-santai atau melakukan water sport, seperti berenang dan surfing. Untuk masuk ke Bondi Beach kita tidak perlu membayar admission fee apapun.

P_20190929_105158_BF

Pak suami tiba di Bondi Beach sekitar jam 10 pagi dan saat itu kondisi di pantai sudah ramai. Banyak terlihat tourist juga disini. Di Bondi Beach tidak perlu khawatir kelaparan karena banyak restaurant yang berada di dekat pantai. Walaupun tentu harganya cukup mahal ya, hehe.

P_20190929_112042_vHDR_Auto
Bondi Iceberg Pool
P_20190929_114202_vHDR_Auto
Coastal Walk

Di Bondi Beach ada jalan setapak yang disebut sebagai Coastal Walk. Lokasi Coastal Walk dekat dengan Bondi Iceberg Pool yang terkenal itu. Coastal Walk menghubungkan 3 pantai sekaligus, yaitu Bondi, Tamarama dan Coogee. Jaraknya cukup jauh yaitu sekitar 6 km dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk berjalan sampai ujung. Karena waktu yang terbatas, pak suami hanya berjalan sampai ke pantai ke-2, Tamarama Beach. Pantai ke-2 ini tidaklah seluas Bondi Beach, tapi cukup ramai dengan pengunjung. Saat berjalan menyusuri Coastal Walk, kita akan disuguhi pemandangan pantai, taman, tebing dan juga teluk yang indah, sehingga sayang untuk dilewatkan. Disarankan untuk datang kesini lebih pagi supaya mataharinya tidak terlalu terik.

P_20190929_121210_vHDR_Auto
Tamarama Beach

Setelah selesai dari Bondi Beach, pak suami pergi ke Hay Market yang berada tidak jauh dari apartemen untuk berbelanja oleh-oleh, sekalian untuk beli lunch. Kemudian dia balik ke apartemen untuk menaruh barang-barang belanjaan dan beristirahat. Perjalanan baru dilanjutkan saat sore hari.

Luna Park

Address: 1 Olympic Dr, Milsons Point NSW 2061, Australia
Getting Here: https://www.lunaparksydney.com/how-to-get-here
Website: https://www.lunaparksydney.com/

P_20190929_181905_vHDR_Auto
Luna Park Sydney

Luna Park adalah taman bermain di Sydney yang menawarkan berbagai macam atraksi outdoor. Untuk masuk ke Luna Park tidak perlu membayar admission fee, kecuali kalau kalian mau main atraksi / wahana disana baru harus membayar biaya per atraksi yang dimainkan. Ada juga semacam pass yang bisa dibeli untuk akses unlimited rides. Harga bisa dicek di website mereka langsung. Kebetulan Pak suami datang ke Luna Park tidak untuk mencoba naik wahana, melainkan hanya untuk melihat-lihat saja dan mengambil foto.

Sydney Harbour Bridge

Dari Luna Park, pak suami berjalan kaki menuju Milsons Point Wharf. Di lokasi ini kita bisa melihat pemandangan Sydney Harbour Bridge dan juga Sydney Opera House dari angle yang berbeda. Tempat ini bisa diakses secara free tanpa harus membayar apapun.

P_20190929_182002_vHDR_Auto
Sydney Harbour Bridge

Sydney Harbour Bridge adalah salah satu ikon landmark kota Sydney. Dari Sydney Harbour Bridge kita bisa melihat Sydney Opera House secara berbeda. Jembatan ini memiliki jalur khusus untuk pejalan kaki sehingga cukup aman untuk dijelajahi sambil berfoto ria. Selain itu, kita bisa memanjat ke atas jembatan untuk melihat pemandangan kota Sydney dari ketinggian dengan bantuan operator khusus yang bernama “Bridge Climb Sydney”. Tapi, harga untuk aktivitas tersebut cukup mahal dan butuh nyali juga. Hahaha. Sebagai tourist biasa, pak suami sudah cukup puas dengan mengambil foto-fotonya saja. Setelah 1 jam duduk-duduk santai menikmati pemandangan, pak suami kembali ke apartemen.

Di apartemen, pak suami mendapat kabar yang kurang enak, yaitu Tiger Air membatalkan penerbangan Sydney ke Melbourne. Padahal sudah jadwalnya besok untuk pergi ke Melbourne. Penginapan di Melbourne juga sudah confirm dari jauh-jauh hari. Pihak Tiger Air memang berjanji untuk melakukan full refund dari tiket pesawat yang telah dibeli. Tapi, dengan waktu yang mepet begini, pak suami harus mencari-cari tiket pesawat baru ke Melbourne untuk besok. Tentunya harga tiket pesawatnya sudah lebih mahal dibanding beli dari jauh-jauh hari. Akhirnya pak suami beli tiket pesawat Virgin Air ke Melbourne yang harganya AUD 408.

Dari pengalaman ini, kalau booking tiket pesawat LCC (Low Cost Carrier), sebaiknya memang kita harus punya biaya contingency, kalau sewaktu-waktu drama seperti ini terjadi pada kalian. Kalau mau main aman, lebih baik beli tiket full service airline seperti Virgin Air yang lebih pasti.

Akhirnya part cerita jalan-jalan di Sydney selesai juga. Next post kita akan cerita tentang Melbourne ya.

To Be Continued…

Satu pemikiran pada “Trip To Australia: Sydney – Day 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s