Di Rumah Saja

Hai teman-teman.. Bagaimana kabar kegiatan #DiRumahAja? Apakah tingkat kewarasan masih terjaga? Hahaha. Setiap kali baca berita nasional tentang wabah Corona rasanya jadi tambah takut sendiri. Mana banyak berita-berita hoax pula yang beredar dan menambah kecemasan masyarakat.

Dalam situasi seperti ini, yang bisa kita lakukan adalah menjalankan himbauan pemerintah dengan #DiRumahAja. Sebagai Tim Rebahan, kita-kita pun bisa punya andil dalam memutus rantai penyebaran virus Corona (COVID-19) ini. Walaupun kita sebagai anak muda tidak merasakan gejala apapun, tapi masih ada kemungkinan kita jadi carrier yang bisa menyebarkan virus ke orang-orang sekitar kita, terutama orang tua dan orang-orang dengan komplikasi riwayat penyakit medis. Kalau terpaksa keluar rumah karena urusan mendesak, pakailah masker, rajin cuci tangan dengan sabun / hand sanitizer dan jaga jarak minimal 1 meter dengan orang sekitar.

Sejujurnya, #DiRumahAja sudah menjadi kehidupan saya sehari-hari selama hampir 8 tahun menjadi ibu rumah tangga. Jadi diam di rumah bukan suatu hal yang baru. Bedanya dulu kalau bosan di rumah, saya bebas keluar rumah. Entah pergi ke mall, bioskop, salon atau gym. Nah, sekarang keluar rumah kalau ada keperluan saja. Untunglah di apartemen (Batam) punya wifi sehingga akses internet tetap lancar jaya. Hiburan utama selama #DiRumahAja adalah internet. Hahaha.

Kegiatan saya selama #DiRumahAja adalah:

  • Beres-beres rumah
    Kebetulan di Batam saya tidak punya helper / Asisten Rumah Tangga, jadi semua dilakukan sendiri mulai dari menyapu, mengepel, bersihkan kamar mandi, mencuci dan menyetrika pakaian. Lumayan lah untuk mengisi waktu luang sembari sedikit olahraga. Hahaha
  • Movie Marathon di Netflix
    Biasanya saya paling malas nonton film serial, tapi sejak #DiRumahAja saya sudah berhasil menyelesaikan nonton 2 film serial di Netflix: Crash Landing On You dan Handsome Siblings. Lumayan cuci mata liat yang ganteng-ganteng. Hehehe.
  • Masak-masak
    Saya berusaha mengurangi frekuensi beli makan diluar dengan Go-Food / Grab Food. Bukan karena saya anti makan diluar atau penghematan, tapi kalau pesan-pesan makanan seperti itu, saya harus jemput di lobby apartemen dan artinya saya harus terpapar udara luar dan ketemu orang-orang. Tapi, kalau bosan masak ya saya order makanan juga kok.
  • Groceries shopping
    Belanja di supermarket biasanya saya lakukan seminggu sekali. Saya tidak melakukan panic buying, benar-benar beli seperlunya saja untuk stok seminggu. Pertimbangan lainnya adalah di apartemen sekarang, kulkas dan tempat penyimpanannya tidak sebanyak rumah di Tangerang. Saya lebih memilih belanja di supermarket daripada di pasar karena biasanya di pasar lebih ramai. Saya menghindari keramaian dulu saat ini. Kadang-kadang saya juga belanja makanan ke warung, bakery atau minimarket.
  • Main game di handphone
    Lumayan untuk killing time disaat bosan melanda. Game favorit saya: Disney Magic Kingdom, Hay Day, dan Cooking Diary.
  • Workout
    Nah kalau ini baru berjalan di minggu ini. Saya sebenarnya kurang suka exercise sendirian, lebih suka group exercise seperti ikut kelas Zumba, Body Combat, dan lain sebagainya. Tapi karena dalam situasi ini tidak memungkinkan olahraga ramai-ramai, mau tidak mau saya olahraga sendiri dengan menonton Youtube. Seminggu sekali saya dan suami juga jogging di kompleks apartemen.
  • Quality time dengan suami
    Pak suami jadi teman saya satu-satunya dalam situasi ini. Di kantor pak suami ada kebijakan WFH (Work From Home) dengan metode shift. Jadi seminggu masuk kantor, seminggu WFH. Lumayan saya jadi ada teman ngobrol di rumah saat siang hari. Hahaha.
  • Blogging
    Dikala #DiRumahAja begini, jujur saja agak bingung mau setor konten apa. Tapi, diusahakan paling tidak ada post tulisan seminggu sekali.
  • Online shopping
    Ini juga jadi penghiburan buat saya dikala #DiRumahAja. Tapi saya suka sedih karena sejak pindah ke Batam, ongkos kirimnya jadi mahal banget, sekitar Rp. 35.000 per kilogram dari Jabodetabek. Jadi saya hanya belanja kalau benaran penting dan butuh saja. Hahaha.
  • Ngemil
    Kalau sudah terlalu bosan, saya suka ngemil yang manis-manis, seperti es krim, cokelat, dan lain-lain. Makanan manis itu bisa membuat mood yang jelek jadi semangat lagi. Yang penting tidak dikonsumsi secara berlebihan.
  • Tidur cukup
    Di saat ini, saya merasa lebih cukup tidur dibanding sebelumnya. Saya tidur 7-8 jam per hari. Penting untuk bisa punya waktu istirahat yang cukup supaya badan tetap fit dan tidak gampang sakit.
  • Rajin minum suplemen
    Saya cukup sadar diri bahwa makanan yang saya makan sehari-hari mungkin belum bisa mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin harian. Apalagi disaat wabah virus begini, saya merasa penting untuk mengkonsumsi suplemen secara rutin demi menjaga kesehatan. Vitamin yang saya minum setiap harinya adalah Vitamin C 500 mg, Vitamin D3 1.000 IU dan Asam folat 400 mcg.
  • Telepon / Video Call dengan keluarga dan teman
    Thanks to technology, disaat harus #DiRumahAja kita masih bisa telepon atau video call dan keep in touch dengan keluarga dan teman-teman diluar sana. Biarpun mereka jauh tapi tetap berasa dekat di hati.
  • Skincare-an
    Dengan banyaknya waktu luang yang ada, saya lebih rajin merawat diri dengan skincare. Bisa lebih rutin eksfoliasi dan juga sheetmasking (demi kulit kinclong paripurna). Saat harus #DiRumahAJa dan tidak bisa pergi-pergi ke klinik kecantikan atau salon, kita harus inisiatif melakukan home treatment sendiri. Hitung-hitung penghematan, kan?! Hehe.

Semoga saja wabah Corona ini bisa cepat hilan dari negeri tercinta Indonesia. Saya sungguh kangen untuk bebas jalan-jalan dan beraktivitas. Pray for Indonesia. Stay safe and healthy ya teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s