Ganti Ban Mobil

Hai hai.. Akhirnya saya bisa online kembali di blog setelah pasang wifi di rumah Batam. Awalnya mau langsung tulis cerita tentang Batam, eh ternyata ada bagian yang belum dibahas tentang Tangerang. Hahaha. Supaya blog post-nya berurutan, saya akan selesaikan bahas tentang Tangerang, baru akan bahas tentang Batam ya.

Sebagai pengguna mobil, saya dan pak suami sama-sama tidak ahli dalam dunia otomotif. Segala sesuatunya hanya mengandalkan bengkel saja. Kami rutin melakukan pemeriksaan / service rutin yang dianjurkan oleh bengkel resmi sesuai dengan angka kilometer kendaraan. Meskipun dari segi harga bengkel resmi memang lebih mahal dari bengkel biasa, kami sebagai konsumen merasa tenang dan nyaman. Tidak pernah sekalipun kami merasa dirugikan karena pergantian sparepart yang sebenarnya tidak diperlukan seperti yang sering saya dengar tentang cerita bengkel-bengkel “nakal”.

Pada service rutin terakhir, kalau tidak salah service di angka kilometer 70 ribu-an, teknisi bengkel memberikan laporan kalau ban mobil kami mulai aus dan harus segera diganti. Jujur saja, kalau tidak ada laporan begitu, kami sebagai orang awam tidak akan tahu. Kalau dari segi fisik luar penampakan ban mobil kami masih bagus saja, tidak ada yang bocor dan tekanan cukup.

Dari hasil googling, kami mendapatkan info gambaran ban mobil yang telah aus itu seperti apa. Ternyata cara melihatnya mudah, yaitu lihat alur-alur lekukan pada karet mobil terluar, apabila lekukannya sudah dangkal dan hampir sama dengan sisi luar karet ban, maka sudah pasti ban itu aus. Ban yang aus harus segera diganti karena akan berpengaruh pada performa kendaraan dan juga keselamatan mengemudi. Dikarenakan pada bengkel resmi tidak menjual ban, maka kami pun mencari toko ban di luaran sana.

P_20200201_153319_vHDR_Auto.jpg
Toko Lautan Ban Serpong

Setelah mencari-cari review toko ban yang oke (dari segi harga) di Google, pilihan jatuh pada Toko Lautan Ban Serpong. Lokasi tokonya ada di sekitaran bundaran Alam Sutera, Serpong, Tangerang. Sebelum pergi kesana, pak suami sudah telepon ke toko untuk menanyakan stok ban mobil yang kami mau (sesuai dengan ukuran standar bawaan mobil) beserta harganya. Saat itu stok ada 5 buah. Tapi, di toko ini tidak bisa melakukan reservasi, jadi harus per kedatangan saja. Naasnya, ketika kami datang ke toko Lautan ban Serpong pada hari Sabtu Siang, stok ukuran ban yang kami mau sudah tinggal 1 saja. Hahaha. Pemilik toko cukup helpful dengan bantu menanyakan stok ban ukuran tersebut di cabang-cabang mereka yang lain. Akan tetapi stok dimana-mana juga kosong dan belum tahu kapan akan datang lagi dari pabrik. Akhirnya pemilik toko memberikan saran untuk mengganti ukuran ban dengan yang lebih besar (lebih lebar 2 mm) dan mengkordinasikan dengan teknisi lapangan, apakah memungkinkan mengganti ukuran ban tersebut. Teknisi lapangan menyanggupi dan mengatakan tidak masalah. Akhirnya kami sepakat mengganti ban mobil kami 4 buah dengan ukuran yang baru tersebut.

Selama ban mobil kami diganti serta melalui proses spooring dan balancing, saya dan suami menunggu di ruang tunggu yang disediakan. Ruang tunggu-nya cukup nyaman karena ber-AC dan ada TV, hanya saja memang agak bau karet (namanya juga toko ban, hehe). Total harga yang harus kami bayar untuk 4 buah ban mobil baru merk GT Radial, include spooring dan balancing adalah sekitar 2,1 Juta Rupiah. Lama pengerjaan sampai dengan selesai adalah sekitar 1-2 jam.

Toko Lautan Ban punya beberapa cabang di tempat lain. Untuk cabang Tangerang, pusatnya ada di Jalan Merdeka. Untuk cabang Jakarta, mereka punya toko di daerah Pluit. Menurut pemilik Toko Lautan Ban Serpong, khusus cabang Pluit harganya lebih mahal daripada cabang yang lain, kemungkinan karena harga sewa toko-nya yang lebih tinggi. Oh iya, Toko Lautan Ban ini dikelola oleh keluarga yang sama ya, jadi pemilik toko cabang satu dan lainnya masih ada hubungan keluarga.

Pemilik Toko Lautan Ban Serpong juga menyarankan, ban mobil harus diganti berkala setiap 60.000 km. Merk ban yang mau dipakai disesuaikan saja sama budget karena harga ban mobil kan cukup mahal, per buah sekitar 500 – 800 Ribu Rupiah. Semakin besar ukurannya maka akan semakin mahal harganya. Kebetulan saya memilih merk lokal, GT Radial, yang harganya lebih murah dibandingkan merk Bridgestone, Michellin, dan lain-lain.

Bagi teman-teman yang mungkin saat ini sedang bingung mencari toko ban, silakan telepon atau datang survey ke Toko Lautan Ban terdekat ya.

Lautan Ban Serpong
Jln. Raya Serpong, Blok Pakulon No. 18, Serpong, Tangerang.
Telp. 021-53125589
Operational Hours: Mon – Sat 08:00 – 17:00, Sun 09:00 – 16:00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s