Kursus Stir Mobil “Mutiara”

Hello! Bagaimana kabar kalian semua? Setelah sekian lama akhirnya saya baru sempat update blog lagi. Saya sempat menghilang akhir-akhir ini karena sibuk packing dan urus pindahan ke Batam. Nanti kapan-kapan saya ceritakan tentang kehidupan di Batam ya.

Bagi followers lama blog ini pasti pernah baca tulisan saya tentang kursus mengemudi mobil di Tangerang pada post awal saya. Hanya saja karena hampir tidak pernah practice karena belum ada nyali terjun ke jalan raya dan juga tidak ada SIM (Surat Ijin Mengemudi) saat itu, sepertinya ilmu mengemudi saya sudah menghilang dan perlu update lagi. Hahaha.

Kali ini saya mengambil tempat kursus yang berbeda dari yang terdahulu, tapi masih sama-sama di Tangerang. Nama tempat kursus stir mobil ini adalah “Mutiara”. Saya menemukan tempat kursus tersebut dari Google secara random. Saat itu review di Google-nya baru ada sedikit, kurang dari 10 reviews rasanya, tapi hampir semua memberikan penilaian positif. Dari nomor telpon yang ada di Google, saya kemudian coba menghubungi “Mutiara”.

Kenapa saya tidak memakai tempat kursus mengemudi (“Purnama”) yang sebelumnya? Karena “Purnama” tidak punya kursus mobil matic. Mereka hanya memberikan kursus mengemudi mobil manual dimana seingat saya cukup ribet. Perhatian saya terbagi antara urusan stir, kopling dan gas – rem. Akhirnya kemampuan stir saya tidak maksimal. Mungkin saya bukanlah orang dengan kemampuan multitasking. Hahaha. Jadi, supaya bisa fokus dengan stir saja, saya memilih kursus mobil matic. Alasan lainnya adalah mobil pribadi yang ada di rumah pun adalah mobil matic.

Sebelum deal dengan “Mutiara”, saya disuruh datang ke tempat mereka untuk registrasi sekaligus untuk survey. Saya diminta untuk lihat-lihat dulu kondisi tempat kursusnya, cocok atau tidak dengan ekspektasi saya. Kalau saya kemudian merasa tidak cocok, tidak apa kalau tidak lanjut. Perjalanan dari rumah saya ke “Mutiara” adalah sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Lokasi “Mutiara” ada di pinggir jalan K.H. Soleh Ali. Biasa orang Tangerang Kota menyebutnya dengan nama daerah Kapling.

Kalau mempertimbangkan lokasi tempat kursus yang lebih dekat rumah, sebenarnya ada tempat kursus lain yang berama “Tania Jaya”. Akan tetapi, dari kebanyakan review di Google, banyak yang komplain tentang instruktur yang tidak sabaran dan agak kasar omongannya. Karena saya sudah pasti tidak cocok dengan tipe instruktur yang seperti itu, saya tidak mempertimbangkan “Tania Jaya” sebagai pilihan.

Pada kunjungan survey pertama kali saya ke “Mutiara”, saya bertemu dengan Bapak H. Usman sebagai pemilik dan juga bagian administrasi pendaftaran. Beliau menjelaskan paket kursus yang ada beserta harganya. Di “Mutiara” kita bisa minta layanan antar jemput ke rumah tanpa biaya tambahan, hanya mengurangi jam kursus. Beliau juga menjelaskan bahwa mobil yang mereka gunakan sebenarnya ada mobil transmisi manual, akan tetapi bisa dipakai latihan mobil matic juga karena nanti instruktur yang akan mengendalikan tuas persneling mobilnya sehingga murid hanya perlu fokus dengan kendali stir. Dengan penjelasan tersebut, akhirnya saya setuju untuk mengambil paket kursus 10 jam.  Saat itu, saya melakukan pembayaran uang muka dulu sebesar Rp. 200.000 dan pelunasannya akan dilakukan saat kursus pertama kali dimulai. Pembayaran hanya bisa dilakukan secara tunai / cash ya.

P_20200222_183824_vHDR_Auto.jpg
Biaya Kursus Stir Mobil “Mutiara”

Mobil di “Mutiara” hanya ada 1 unit, yaitu Avanza (atau Xenia, saya lupa). Jadi saat mendaftar kursus, kita harus atur jadwal dulu dengan bagian administrasi. Durasi tiap pertemuan kursus adalah 2 jam. Jam kursus bisa kita pilih sendiri (selama mobilnya available) dari rentang waktu pk. 09:00 – 17:00, setiap hari Senin – Sabtu. Saya langsung bikin janji untuk 5 kali pertemuan kursus (Paket 10 jam) supaya tidak rebutan slot lagi ke depannya dengan murid lainnya.

PhotoGrid_1582783242503.jpg
Kartu Absensi Kursus di “Mutiara”

Instruktur di “Mutiara” bernama Bapak Asgar. Ternyata Bapak Asgar ini masih punya hubungan saudara jauh dengan Bapak H. Usman dan punya saham juga di “Mutiara”. Beliau orangnya cukup sabar, sopan dan asyik mengajar muridnya. Selama bersama beliau, saya sama sekali tidak pernah mendengar beliau ngomong kasar. Menurut cerita beliau, sebelum jadi instruktur kursus di “Mutiara”, beliau sempat jadi supir angkutan umum di kota Tangerang selama 15 tahun. Akan tetapi, tidak pernah sekalipun saya lihat beliau menyetir ugal-ugalan seperti supir angkutan umum lainnya. Rute perjalanan kursus dengan beliau adalah sekitaran Ciledug, Modernland dan Tangerang Kota. Murid diajarkan bagaimana bersikap dengan baik dan sesuai aturan di jalan raya. Sedikit demi sedikit saya mulai lebih percaya diri mengemudi di jalan raya.

Supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama, kali ini saya mendaftar untuk pembuatan SIM A baru lewat “Mutiara”. Mereka punya kenalan agen yang bisa bantu pengurusan SIM supaya cepat selesai. Target saya adalah saya harus punya SIM A Tangerang sebelum berangkat ke Batam tanggal 23 Februari 2020. Biaya pembuatan SIM A ini bervariasi antara Rp. 600 – 700 Ribu Rupiah tergantung asal KTP pemohon. Pemilik KTP Tangerang dikenakan biaya lebih murah tentunya. Harga tersebut bisa berubah-ubah tergantung kebijakan agen dan rate resmi yang berlaku.

Satu-satunya kekurangan “Mutiara” yang saya temukan adalah durasi kursusnya tidak pas 2 jam walaupun tidak terpotong waktu antar-jemput (saya yang datang langsung ke “Mutiara). Biasanya durasi kursus terpotong sekitar 15-20 menit-an yang digunakan instruktur untuk istirahat sebelum jam kursus berikutnya. Tapi, bagi saya hal tersebut bukanlah masalah besar dan masih bisa ditoleransi.

Demikian ulasan saya tentang kursus mengemudi “Mutiara” di Tangerang. Bagi yang bingung dengan lokasinya, bisa pakai aplikasi Maps dengan set tujuan ke “Mutiara Car Driving School”. Contact detail bisa dilihat pada tulisan dibawah ini.

Kursus Stir Mobil “Mutiara”
Jln K. H Soleh Ali No. 3, Tangerang.
Telp / WA: 081287302354 (Bagian Pendaftaran), 085694438474 (Instruktur)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s