Female Hormonal Balance With Young Living Essential Oil

Pernahkah kalian mendengar tentang nama Young Living? Jujur saja, saya baru dengar tentang Young Living sekitar 1 tahun yang lalu dari ipar saya. Dia menggunakan produk Young Living untuk anaknya yang masih balita. Jadi tanpa pikir panjang lagi, saya menganggap produk Young Living adalah produk untuk anak bayi dan balita. Apalagi dari testimonial yang saya baca di forum internet, kebanyakan memberikan kesaksian kehebatan produk Young Living pada anak mereka.

Ternyata pemikiran saya tersebut tidaklah benar. Saya baru tahu tentang ini karena ada teman saya yang menawarkan saya untuk mencoba produk Young Living. Tentu saja saya beli produknya pakai uang saya sendiri. Saya pun bukanlah member dari Young Living. Jadi review ini bukanlah sponsored review lho ya. Hahaha. Menurut teman saya, produk Young Living bisa digunakan siapa saja, dari bayi sampai orang tua. Hanya saja memang lebih populer di kalangan ibu-ibu muda dengan anak bayi.

Young Living adalah sebuah perusahaan pemimpin dalam industri essential oil. Young Living secara resmi masuk ke Indonesia sejak April 2017. Young Living menjamin produknya hanya menggunakan essential oil murni tanpa tambahan zat sintetis lainnya. Hal tersebut membuat kualitas essential oil Young Living menjadi lebih premium. Harga essential oil dari Young Living biasanya lebih mahal dibandingkan produk perusahaan lainnya. Produk Young Living hanya dipasarkan lewat MLM (Multi Level Marketing).

Kalau kalian penasaran kenapa harga essential oil yang bagus itu mahal? Hal itu karena untuk mendapatkan essential oil dari tanaman tertentu, kita harus menggunakan teknik destilasi / penyulingan. Prinsip penyulingan adalah pemisahan komponen-komponen suatu campuran yang terdiri atas dua cairan atau lebih berdasarkan perbedaan tekanan uap atau perbedaan titik didih komponen-komponen senyawa tersebut. Dari hasil penyulingan tersebut akan didapat minyak murni ekstrak tanaman. Untuk mendapatkan sebotol essential oil tersebut, dibutuhkan berkilo-kilo tanaman. Selain itu tanaman yang akan disuling juga harus lulus uji kualitas terlebih dahulu. Jadi sangat wajar kalau kita membayar lebih untuk produk kualitas premium.

Saat teman saya menawarkan produk Young Living Essential Oil (YLEO) kepada saya, dia memberikan highlight produk-produk yang bisa memberikan efek perbaikan hormon reproduksi wanita. Dia tahu bahwa saya menghadapi masalah infertilitas karena masalah hormon AMH (Anti-Mullerian Hormone). Hormon AMH saya yang rendah membuat saya kesulitan mendapatkan jumlah sel telur yang cukup dan kualitasnya pun dibawah standar. Terbukti dari beberapa kali IVF yang gagal. Saya tidak pernah mendapatkan kualitas embrio yang terbaik.

Saya tidak langsung meng-iya-kan untuk membeli produk YLEO karena harganya relatif mahal. Jadi saya minta ijin sama pak suami dulu. Hahaha. Setelah di-ijinkan baru saya proses pembeliannya lewat teman saya. Untuk percobaan pertama kali, saya diberikan harga member yang lebih murah daripada harga konsumen biasa. Oh ya, pada penjelasan produk YLEO tidak disebutkan tentang masalah perbaikan hormon apa saja, hanya disebutkan untuk memperbaiki / menjaga keseimbangan hormon reproduksi wanita. So, I give it a try. Perlu digarisbawahi disini bahwa YLEO bukanlah produk obat-obatan medis. Saya lebih mengkategorikannya sebagai home remedy / pengobatan alternatif.

Jenis Produk

Produk YLEO yang saya gunakan untuk memperbaiki / menjaga keseimbangan hormon kewanitaan bisa dilihat pada list dibawah ini. Sebenarnya selain untuk masalah hormonal, essential oil ini juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Tetapi, pada tulisan ini difokuskan pada fungsi hormonal saja.

P_20190814_153034_vHDR_Auto-01.jpeg

Progessence Phyto Plus (PPP)

  • Kategori: Blend Essential Oil
  • Kemasan: 15 ml
  • Harga: Rp. 772.000 (konsumen), Rp. 587.000 (member)
  • Komposisi: Copaiba, Frankincense, Cedarwood, Bergamot, Peppermint, Rosewood Leaf, Clove, Capric / Caprylic Triglycerides (Fractionated Coconut Oil), Vitamin E, USP Progesterone (P4 Progesterone from wild yam extract).
  • Fungsi: Mengatur hormon progesteron. Seperti kita ketahui, hormon progesteron pada wanita berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi (bersama-sama dengan hormon estrogen), mempersiapkan dinding rahim untuk implantasi (kalau terjadi pembuahan), menghambat kontraksi rahim sehingga mengurangi resiko keguguran saat hamil.

Sclaressence

  • Kategori: Blend Essential Oil
  • Kemasan: 15 ml
  • Harga: Rp. 632.000 (konsumen), Rp. 480.000 (member)
  • Komposisi: Clary Sage, Peppermint, Sage Lavender, Fennel.
  • Fungsi: Mengatur hormon estrogen. Hormon estrogen pada wanita berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi (bersama-sama dengan hormon progesteron), mengendalikan pertumbuhan dinding rahim selama awal siklus menstruasi, mengatur ovulasi, menjaga kekuatan dan ketebalan dinding vagina dan rahim, pelumasan vagina dan sejumlah fungsi tubuh lainnya (termasuk pembentukan tulang supaya tidak terjadi osteoporosis).

Lemongrass

  • Kategori: Single Essential Oil
  • Kemasan: 15 ml
  • Harga: Rp. 230.000 (konsumen), Rp. 175.000 (member)
  • Komposisi: Lemongrass
  • Fungsi: Mengatur hormon tiroid. Kelebihan atau kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi pada wanita. Selain itu pada wanita hamil bisa meningkatkan resiko keguguran, preeklamsia, kelahiran prematur dan pertumbuhan janin yang buruk.

Cedarwood

  • Kategori: Single Essential Oil
  • Kemasan: 15 ml
  • Harga: Rp. 230.000 (konsumen), Rp. 175.000 (member)
  • Komposisi: Cedarwood
  • Fungsi: Mengatur hormon wanita yang diproduksi kelenjar pituitari, antara lain FSH (Follicles Stimulating Hormone) yang merangsang pertumbuhan folikel sel telur, LH (Luteinizing Hormone) yang merangsang produksi estrogen dan Prolaktin untuk menyusui.

Seharusnya ada 1 lagi produk YLEO-nya: Mister, untuk menunjang fungsi testosteron. Akan tetapi, produk ini belum resmi masuk ke Indonesia.

Cara Pakai

Ada 2 cara untuk mendapatkan manfaat dari essential oil secara umum, yaitu: oles dan diffuse. Paling gampang dan murah adalah dengan cara oles karena untuk metode diffuse kita akan butuh alat tambahan diffuser. Diffuser yang disarankan pun adalah diffuser non-heat karena panas akan membuat sifat kimia dari essential oil menjadi berubah dan mengurangi manfaatnya.

Saya sendiri walaupun punya diffuser di rumah tapi lebih senang menerapkan metode oles. Lebih praktis kalau menurut saya. Terutama kalau sedang bepergian. Untuk metode oles, teman saya mengajarkan saya mengenai dosis dan juga lokasi pengolesan dari 4 jenis YLEO yang saya sebutkan diatas. Tabel-nya bisa dilihat pada gambar berikut.

IMG-20181115-WA0000.jpg

Contoh untuk hari pertama siklus menstruasi, olesan yang harus kita lakukan adalah Progessence Phyto Plus (PPP) sebanyak 2-3 tetes dan Sclaressence sebanyak 2-3 tetes. Hari kedua masih sama dengan hari pertama. Pada hari ke-3 olesan ditambah menjadi Progessence Phyto Plus (PPP) sebanyak 2-3 tetes, Sclaressence sebanyak 2-3 tetes, Lemongrass 2-3 tetes, dan Cedarwood 2-3 tetes. Demikian seterusnya. Apabila di gambar tersebut titik lingkarannya semakin besar maka dosis YLEO yang digunakan juga harus ditambahkan. Frekuensi oles adalah 2 kali sehari sehabis mandi.

Lokasi oles masing-masing YLEO yang dianjurkan adalah:

  • Progessence Phyto Plus (PPP): inner ankle (masing-masing kaki), lengan dalam (masing-masing pergelangan lengan), dan lower abdomen (bawah pusar).
  • Sclaressence: inner ankle (masing-masing kaki) dan lower abdomen (bawah pusar).
  • Lemongrass: Batang jempol kaki (masing-masing kaki) dan leher depan (dekat kelenjar tiroid)
  • Cedarwood: Jempol kaki (masing-masing kaki), tengkuk belakang (cekukan di tengkuk – brainstem) dan ubun-ubun. Ada juga yang bilang ditaruh di langit-langit mulut tapi saya tidak berani karena urusannya bisa kena ke pencernaan. Saya cari aman hanya oles di permukaan kulit saja.

Harap diperhatikan petunjuk keamanan penggunaan YLEO pada permukaan kulit. Tidak semua manusia kulitnya bisa mentolerir konsentrasi pekat dari essential oil. Bagi penderita kulit sensitif, essential oil bisa memberikan sensasi panas (burn) di kulit dan kulitnya jadi iritasi kemerahan. Termasuk hal-nya saya. Hahaha. Saat ini terjadi, penggunaan essential oil harus dicairkan (dilute) dengan minyak lain supaya konsentrasinya tidak terlalu pekat.

Young Living menyediakan produk minyak khusus untuk dilute essential oil atau biasa disebut sebagai carrier oil, bernama “V-6 Enchanced Vegetable Oil Complex”. Tapi menurut saya harganya mahal sekali, untuk kemasan 236 ml harganya Rp. 449.000 (konsumen) dan Rp. 341.000 (member). Komposisi dari “V-6 Enchanced Vegetable Oil Complex” adalah Coconut Oil, Sesame Seed Oil, Grape Seed Oil, Sweet Almond Oil, Wheat Germ Oil, Sunflower Seed Oil, dan Olive Fruit Oil. Oleh karena itu, saya mengganti “V-6 Enchanced Vegetable Oil Complex” dengan “Javara Extra Virgin Coconut Oil” yang murah meriah. Hahaha. Sebagian “Javara Virgin Coconut Oil” saya taruh di botol pipet untuk mempermudah pengambilannya.

Cara dilute essential oil adalah dengan mencampur langsung ditangan antara essential oil dengan 1-2 tetes carrier oil. Kemudian gosokkan di telapak tangan sebentar sampai tercampur sempurna dan oleskan ke permukaan kulit yang dituju. Dijamin tidak akan ada efek kemerahan atau panas lagi di kulit. Diantara ke-4 produk YLEO di atas, yang biasanya menimbulkan efek tidak nyaman di kulit saya saat penggunaan langsung adalah Lemongrass. Oleh karena itu sebelum dioleskan selalu saya dilute terlebih dahulu.

Review

Saya sebelumnya tidak punya gangguan siklus menstruasi. Selama ini menstruasi selalu lancar dan sangat jarang telat. Saat menstruasi juga saya tidak pernah merasakan sakit / nyeri di perut. Saya masih bisa beraktivitas dengan normal.

Permasalahan utama saya adalah hormon AMH yang rendah tapi kadar hormon ini menurut dokter adalah bawaan lahir karena tiap wanita memiliki jumlah sel telur yang berbeda-beda sejak mereka di dalam kandungan ibu-nya. Saya sangat sadar bahwa sangatlah sulit untuk merubah apa yang telah menjadi bawaan lahir. Jadi saya tidak terlalu muluk-muluk bahwa dengan menggunakan produk YLEO ini bisa memperbaiki hal tersebut.

Saya menggunakan semua produk YLEO diatas secara teratur selama sebulan penuh, kemudian saya melakukan test laboratorium sebagai prasyarat program IVF ke-2 di Family Fertility Center – RS Family Pluit di akhir tahun 2018. Hal yang saya notice adalah kadar LH dan FSH saya jadi lebih baik dibandingkan dulu saat program IVF pertama di Morula – Bunda International Clinic akhir tahun 2016. Kadar AMH pun juga bertambah dari 0,3 menjadi 0,57. Hasil test laboratorium yang lebih baik ini menurut saya sebagian besar terjadi karena perubahan gaya hidup dan frekuensi olahraga yang lebih sering. YLEO berperan sebagai support saja. Jadi jangan terlalu berharap banyak dengan manfaat YLEO apabila kita sendiri belum merubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat.

Manfaat paling nyata yang saya rasakan dengan penggunaan YLEO adalah efek rileksasi-nya. Aroma campuran essential oil di kulit itu bikin rileks saat dihirup. Karena tubuh dan pikiran rileks, tentunya mood jadi bagus juga. Selain itu, pada saat menstruasi biasa perut bawah kita akan lebih kembung karena banyak angin. Penggunaan YLEO di lower abdomen somehow bisa membuat perut bawah jadi lebih hangat, lega dan minim angin. Hehehe.

Apabila ada teman-teman disini yang pernah mencoba dan mendapatkan manfaat dari penggunaan YLEO untuk fungsi hormonalnya, bisa langsung tulis di kolom komentar ya!

Referensi:

https://www.youngliving.com/id_ID

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s