Pasfoto Untuk Visa

Pasfoto biasa digunakan untuk berbagai keperluan administrasi sebagai bukti identitas diri. Tahukah kalian kalau istilah pasfoto ini sebenarnya berasal dari bahasa Belanda? Pasfoto adalah singkatan dari Passpoort Photo (in english: Passport Photo). Arti kata passpoort / passport ini adalah bukti identitas diri. Saya pun iseng test pakai Google Translate. Saat saya masukkan kata “pasfoto” (Indonesian), maka yang keluar adalah “passport photo(English). Hahaha.

Saya dan suami berencana untuk berlibur ke Australia pada bulan September 2019 nanti. Salah satu persyaratan wajibnya adalah harus memiliki Visa Australia. Untuk itu dibutuhkan pasfoto yang sesuai standar Visa Australia, yaitu foto diri dengan background putih polos / abu muda dan berukuran 45 mm x 35 mm. Untuk detail guidelines bisa dicek pada link berikut:
https://www.passports.gov.au/passports-explained/how-apply/passport-photo-guidelines

Dari hasil browsing, ada beberapa alternatif untuk bisa mendapatkan pasfoto visa ini:

  • Foto sendiri dari handphone atau kamera dengan resolusi yang sesuai.
    Agak kurang percaya pada awalnya tapi ternyata ada kisah nyatanya. Hahaha. Jadi mereka cuma foto di rumah bermodalkan background putih / abu muda dan pencahayaan yang cukup. Tapi opsi ini langsung saya coret karena di rumah saya pencahayaannya kurang bagus dan kebetulan tidak ada background warna putih / abu muda. Saya dan suami tidak cukup percaya diri untuk melakukan sesi foto sepenting itu di rumah sendiri by ourselves.
  • Photo box.
    Tidak semua photo box bisa digunakan untuk membuat pasfoto visa lho ya. Sebaiknya cari yang memang benar-benar diklaim untuk pasfoto visa. Hal ini berkaitan dengan resolusi foto dan background foto-nya. Jangan sampai kesalahan kecil membuat pasfoto kalian tidak memenuhi standar yang ada. Saya dan suami agak kesulitan mencari photo box untuk pasfoto visa di sekitar Tangerang karena kurangnya info. Lagipula kekurangannya menggunakan photo box ini adalah tidak ada pengarah gaya-nya yang bisa mengkoreksi apabila posisi kita atau pakaian kita tidak pada tempatnya. Jadi pada akhirnya kami juga tidak memilih opsi ini.
  • Photo studio.
    Menurut kami ini cara yang paling terjamin untuk mendapatkan hasil pasfoto visa yang bagus. Pencahayaan dalam studio sudah pasti oke, kamera yang dipakai merupakan kamera fotografer profesional, selain itu ada pengarah gaya yang akan membenarkan posisi kita apabila kurang tepat. Tapi, tidak semua photo studio memberikan pelayanan pasfoto visa.

13 Juli 2019

Saya dan suami pergi ke Puri Indah Mall untuk jalan-jalan dan mencari photo studio untuk membuat pasfoto visa. Pilihan jatuh ke Star Studio yang terletak di lantai 2. Di depan studio, terpampang jelas bahwa service mereka mencakup pembuatan foto visa sesuai dengan standar masing-masing negara.

PhotoGrid_1563848020163.jpg
Pasfoto Visa di Star Studio

PhotoGrid_1563848095140.jpg

Saat kami datang, kondisi Star Studio tidak begitu antri. Kami hanya perlu menunggu 3 orang sebelum kami untuk melakukan pembayaran dan masuk ke studio foto. Sesaat sebelum melakukan pembayaran, kami ditanya mengenai visa negara tujuan kami dan kami menjawab Australia. Tanpa perlu repot-repot lagi kita menjelaskan requirement foto-nya apa saja, mereka sudah tahu standar-nya.

PhotoGrid_1563848157268.jpg
Kasir Star Studio Puri Indah Mall

Setelah menunggu antrian selama hampir 30 menit, kami akhirnya masuk ke dalam studio foto. Disana terdapat bilik untuk merapikan diri dan touch up make up. Setelah itu, kita langsung disuruh duduk di spot yang ditentukan. Pengarah gaya akan mengkoreksi posisi kita sampai sempurna baru mengambil foto kita beberapa kali. Hasil foto terbaik akan diperlihatkan ke kita. Apabila disetujui, foto akan lanjut ke proses cetak.

PhotoGrid_1563848207629.jpg
Pintu masuk menuju studio foto

Harga untuk pasfoto visa di Star Studio adalah Rp. 55.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk cetak foto ukuran 45 mm x 35 mm sebanyak 6 lembar. Soft file akan dikirim via e-mail di hari yang sama. Hasil cetakan foto baru akan kita terima 1 jam setelah selesai sesi foto, sedangkan untuk soft file akan diterima 2 jam kemudian.

Fun Fact: Ternyata ketentuan pasfoto visa Australia dan visa Schengen itu sama lho. Jadi hasil cetak foto ini masih bisa digunakan untuk apply visa Schengen tahun depan. Mudahan ada rejeki bisa Europe Trip tahun depan. Sekarang lagi giat menabung dulu biar kesampaian. Hehehe.

Overall, saya dan suami cukup puas dengan pelayanan Star Studio Puri Indah Mall. Semua dilakukan dengan profesional. Hasil foto-nya juga bagus. Buktinya visa Australia saya dan suami lolos tuh. Hahaha. Untuk detail cara apply visa Australia akan saya bahas di tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s