Review: Shop& Drive

Semalam saat saya dan suami hendak pergi keluar rumah untuk nonton bioskop, tiba-tiba mobil kami ngadat, tidak bisa di-starter. Untungnya waktu itu kami belum melakukan pembelian tiket nonton secara online. Jadi hitungannya nothing to lose juga kalau sampai batal nonton karena masalah mobil ini. Akan tetapi, pak suami jadi galau dan menduga mobil kami ini mesinnya bermasalah karena faktor usia. Mobil kesayangan kami, Nissan March, memang telah menemani kami selama kurang lebih 5 tahun. Secara berkala, suami rutin melakukan service di bengkel resmi Nissan sesuai dengan anjuran angka kilometer di mobil. Mobil cenderung dipakai saat weekend saja karena kalau weekdays pak suami lebih memilih naik kereta Commuter Line untuk pergi dan pulang kantor.

28 Juni 2019

Pak suami menelpon bengkel Nissan dan juga Nissan ERA (Emergency Road Assistance) sekitar pk. 08:00 WIB mengenai masalah mobil semalam. Mereka mengatakan bahwa mobil harus dicek di bengkel dulu, ada 2 kemungkinan yang bisa jadi penyebab mobil tidak bisa distarter, yaitu: aki (accu) rusak atau starter motor-nya yang bermasalah. Untuk itulah mereka menyarankan mobil untuk di derek dari parkiran rumah kami menuju bengkel Nissan terdekat dengan harga sewa mobil derek Rp. 750.000 dan itu pun mobil derek Nissan terdekat adanya di Bintaro. Jauh sekali dari rumah saya di Tangerang. Oleh karena itu opsi ini sepertinya bukan jalan keluar yang baik.

Alternatif lain yang terpikirkan oleh pak suami adalah menelpon call center Shop & Drive yang melayani pembelian dan pemasangan aki, oli, shock absorber, dan lain lain. Shop & Drive ini merupakan anak perusahaan dari PT. Astra Otoparts, Tbk jadi dengan nama besar yang ada, kita sebagai customer juga lebih merasa secure dalam bertransaksi.

Shop N Drive
Source: Google

Saat menelpon call center, pak suami menceritakan permasalahan mobil dan oleh CSR (Customer Service Representative) disarankan untuk melakukan pengecekan aki (accu). Nanti akan dibantu untuk dicarikan cabang Shop & Drive terdekat dari lokasi rumah (karena mobil-nya ngadat di rumah). Kalau lokasi ngadat-nya tidak di rumah ya akan dicarikan lokasi terdekat dari posisi mobil yang bermasalah. Pak suami saat itu juga ditanya akan melakukan pembayaran dengan metode apa? Tunai atau non tunai (kartu debit / kredit)? Pihak Shop & Drive akan membawa serta mesin EDC bank yang kita tunjuk apabila kita memilih melakukan pembayaran non tunai. Dari hal ini saja saya sudah kagum dengan service mereka.

Sekitar 30 menit kemudian, teknisi Shop & Drive dengan baju seragam yang rapi datang ke rumah untuk mengecek aki (accu) mobil. Ternyata memang voltase-nya sudah rendah (angka 10,6), padahal voltase yang bagus adalah di range 11 – 14,8. Selain itu, saat dilihat tulisan tanggal terakhir penggantian aki (accu) adalah 3 tahun yang lalu! Menurut teknisi, biasanya aki (accu) diganti setiap 1,5 – 2 tahun sekali. Jadi terjawab sudah kenapa mobil kami bermasalah, karena aki (accu)-nya sudah soak. Teknisi Shop & Drive pun kemudian melakukan penggantian dan pemasangan aki (accu) baru. Merk yang dipakai sama dengan sebelumnya yaitu GS Astra (NS60L 45 ah).

Teknisi Shop & Drive menyarankan untuk melakukan pengecekan voltase aki (accu) secara berkala, setiap 3 bulan sekali. Pak suami diberikan kartu jadwal pengecekan aki (accu) yang bisa dilakukan di toko Shop & Drive cabang manapun secara gratis. Selain itu, ada garansi 1,5 tahun untuk aki (accu) baru yang dipasang. Apabila ada masalah di masa garansi itu, akan diganti oleh pihak Shop & Drive. Menurut saya, after sales service-nya Shop & Drive ini sungguh bagus sekali.

Harga penggantian dan pemasangan aki (accu) yang baru adalah Rp. 1.000.000. Tapi, lagi ada promo dari Shop & Drive sehingga pak suami hanya perlu membayar Rp. 820.000 saja. Oh ya, untuk aki bekas-nya dikembalikan ke pihak Shop & Drive lagi ya. Jangan pernah jual aki bekas ke pedagang asongan / tukang loak. Soalnya mereka tidak bertanggung jawab terhadap pengolahan limbah aki bekas yang merupakan limbah B3 dan butuh penanganan khusus.

Contact:
Call Center: 1500015 (24 jam, tarif lokal)
E-mail: cs.shopanddrive@component.astra.co.id
Website: http://www.shopanddrive.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s