Hong Kong – Macau Trip With Parents (Day 5)

Minggu, 21 Oktober 2018

Hari ini jadwal kami kembali ke Jakarta. Batas check out dari apartemen adalah pk. 12:00 siang sehingga kami bisa punya waktu bangun lebih siang dari biasanya. Kami bangun pk. 07:00 dan pergi sarapan bubur ala Hong Kong di kedai bubur dekat apartemen. Kami memesan 2 porsi besar bubur (porsi sharing), 1 cakwe dan 4 minuman seharga HKD 110. Setelah itu kami kembali berjalan kaki ke apartemen dan melakukan packing koper.

Sebenarnya pesawat kami ke Jakarta baru berangkat pk. 16:35 sore yang artinya kami masih punya kesempatan untuk explore Hong Kong sebentar. Akan tetapi karena kedua orang saya sudah kecapekan dan malas jalan kaki jauh jadinya mereka mau langsung ke airport saja. Nanti jalan-jalannya pas di airport saja katanya.

Tepat pk. 12:00 kami meninggalkan apartemen. Tidak lupa kami pun membawa bekal makan siang untuk dibawa ke airport. Dari apartemen tinggal berjalan sedikit sampai ketemu bus stop untuk bus A21 dengan tujuan airport. Tidak perlu menunggu lama dan bus pun tiba. Biaya perjalanan bus A21 menuju airport adalah HKD 33 per orang dengan lama perjalanan sekitar 50 menit.

Kami turun di Hong Kong International Airport Terminal 1. Kami melakukan proses drop baggage di counter check in China Airlines. Setelah semua urusan administrasi selesai, kami mencari bangku umum untuk menikmati bekal makan siang yang kami bawa.

Dikarenakan waktu boarding masih cukup lama, kami memutuskan berjalan-jalan di sekitar airport. Dari departure hall terminal 1, saya turun ke bawah, arrival hall, untuk melakukan administrasi refund Octopus Card di counter ticketing Airport Express Train. Hanya 3 Octopus Card yang di-refund karena adik saya mau menyimpan Octopus Card-nya untuk next visit ke Hong Kong. Dikarenakan waktu refund kurang dari 3 bulan dari waktu diaktifkan, maka Octopus Card kami dikenakan charge refund fee sebesar HKD 9 per kartu. Total dana yang berhasil di-refund dari 3 kartu adalah HKD 243,4.

Selesai urusan refund, kami berjalan kaki ke arah Terminal 2. Di Terminal 2 ini orang tua dan adik saya berbelanja di gerai Best Mart 360 yang menjual aneka snack / makanan / minuman import. Harga barang di gerai airport ini sama dengan di Tsim Sha Tsui. Malahan saya merasa lebih nyaman belanja di airport karena tidak hectic seperti di gerai Tsim Sha Tsui. Tapi, kalau dari segi kelengkapan barang, gerai di Tsim Sha Tsui jelas lebih unggul. Pada kesempatan belanja disini, saya dan adik saya membayar dengan menggunakan uang koin HKD yang kami miliki. Uang koin ini tidak bisa ditukarkan di money changer Indonesia jadi sebisa mungkin dihabiskan saat di Hong Kong.

Dari Best Mart 360, orang tua saya memilih untuk duduk di tempat istirahat sedangkan saya dan adik saya beredar melihat toko-toko di Terminal 2. Adik saya mampir ke toko original Disney untuk membelikan oleh-oleh temannya. Setelah selesai, kami menjemput orang tua kami untuk berjalan kembali ke Terminal 1.

Demi menghindari keterlambatan, saya memutuskan untuk memasuki gate departure dan melewati counter imigrasi. Selesai dari sana kami berjalan ke arah ruang tunggu pesawat. Orang tua saya duduk di ruang tunggu sementara saya dan adik saya pergi ke food court untuk membeli makanan. Food court ada di lantai atas dan memiliki berbagai pilihan makanan. Dari sekian banyak pilihan, kami memilih McDonald’s karena harganya paling ekonomis. Paket burger + fries + minum hanya sekitar HKD 45 per porsi. Saya membeli 4 paket burger disini untuk dibungkus. Saya dan adik saya kemudian kembali ke ruang tunggu pesawat untuk menemui orang tua saya. Kami memakan burger di ruang tunggu sambil menunggu waktu boarding yang dikabarkan telat 20 menit.

Ketika panggilan boarding tiba, kami segera mengantri untuk masuk pesawat. Tidak sabar rasanya untuk segera sampai di Jakarta dan dijemput oleh pak suami. Saat ini punggung saya makin menjadi encoknya karena kebanyakan jalan kaki. Hahaha.

Expenses:

  • Breakfast at porridge shop = HKD 110 = IDR 216.150
  • Bus A21 = HKD 33 x 4 person = HKD 132 = IDR 259.380
  • Refund fee Octopus Card = HKD 9 x 3 cards = HKD 27 = IDR 53.055
  • Meals at McDonald’s = HKD 180 = IDR 353.700

Total Expenses = HKD 449 = IDR 882.285

For further information please check this links:

Hong Kong International Airport:
https://www.hongkongairport.com/
Bus A21:
https://www.hongkong.net/transportation/to-from-airport/bus/a21
Best Mart 360:
https://www.bestmart360.com/en/shops/
McDonald’s Hong Kong:
https://www.mcdonalds.com.hk/en.html

The End.

(Make sure you’ve visited my previous blog post for the complete story.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s