Fang Shen

Tulisan ini masih berhubungan dengan post saya sebelumnya mengenai pertemuan saya dengan Brenda Ie-McRae untuk sesi hypnotherapy. Pada kesempatan itu, Ibu Brenda menyarankan saya untuk menambah perbuatan baik dalam hidup ini. Salah satu yang direkomendasikan oleh beliau adalah fang shen. Tradisi fang shen ini memang lebih erat kaitannya dengan umat Buddha. Tapi, tidak menutup kemungkinan orang lain juga bisa melakukannya dengan niat yang tulus.

Dikutip dari website dhammacitta, fang shen atau fang sheng berasal dari bahasa Mandarin, yang mana Fang berarti “melepas” dan Sheng menunjuk pada “makhluk hidup”. Dengan demikian Fang Shen memiliki pengertian yang sangat gamblang yakni melepaskan makhluk hidup ke habitatnya masing-masing agar mereka mereguk kembali kehidupan alam yang bebas dan bahagia.

Apabila dalam kehidupan ini ataupun kehidupan lampau kita pernah atau bahkan sering melakukan penyiksaan atau pembunuhan makhluk hidup, entah manusia atau binatang, maka salah satu cara untuk menetralisir karma buruk tersebut adalah dengan melakukan fang shen. Membebaskan makhluk hidup ke habitatnya untuk berbahagia akan membawa kita pada kebahagiaan pula. Menurut penjelasan Ibu Brenda yang juga seorang Dhammaduta, untuk mendapatkan manfaat yang nyata dari fang shen, sebaiknya fang shen dilakukan dengan cara berikut:

  1. Membangun niat untuk melakukan kebajikan.
  2. Memilih dan beli sendiri makhluk hidup yang akan dibebaskan ke habitatnya. Lebih baik lagi kalau kita bisa menyelamatkan makhluk hidup yang akan dibunuh. Misal ikan hidup di akuarium yang dijual di pasar.
  3. Sesaat sebelum melepaskan makhluk hidup tersebut ke habitatnya, kita wajib untuk memberinya makanan terlebih dahulu supaya mereka bisa sehat dan bertenaga. Pastikan kita menciptakan habitat sementara yang sesuai. Misalkan ikan air tawar diletakkan di air tawar, bukan air laut.
  4. Ketika akan melepaskan makhluk hidup tersebut, sebaiknya kita melakukan pembacaan paritta dan juga perenungan sebelumnya. Contoh perenungan yang diberikan Ibu Brenda untuk kasus saya yang susah mendapatkan keturunan adalah sebagai berikut:

    “Semoga dengan melepaskan nyawa-nyawa kalian, kalian bisa hidup sehat dan bahagia, mengkondisikan saya pun hidup terbebas dari penderitaan fisik dan mental, tercapainya keinginan saya untuk mendapatkan anak yang sehat. Saya limpahkan jasa-jasa kebaikan ini kepada semua makhluk yang berhubungan karma dengan saya. Semoga memaafkan saya dan ikut berbahagia atas kebajikan-kebajikan ini. Semoga semua makhluk berbahagia.”

  5. Lepaskan makhluk hidup tersebut dengan penuh cinta kasih. Jangan dibanting atau dijatuhkan.

Apabila dalam sesi hypnotherapy diketahui berapa jumlah makhluk yang kita sakiti maka biasanya Ibu Brenda akan memberikan jumlah minimum makhluk hidup yang harus kita lepaskan. Bahkan jenis makhluk hidupnya pun spesifik disesuaikan dengan kasus kita. Misalkan untuk kasus susah jodoh maka hewan yang dilepaskan adalah belut. Akan tetapi, bila dalam sesi hypnotherapy tidak ditemukan jumlah pembunuhan makhluk hidup, seperti kasus saya dan pak suami, maka jumlah dan jenis makhluk hidup yang dilepaskan tidak dibatasi.

Fang shen bisa dilakukan sendiri ataupun berkelompok bersama orang vihara lainnya saat event tertentu. Harus proaktif cari info di vihara tentang jadwal fang shen. Kalau saya pribadi lebih senang fang shen sendiri supaya bisa lebih khusyuk baca perenungannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s