Throwback: Kuliner Favorit Sorowako dan Makassar

Masih dalam rangka edisi throwback tentang Sorowako, dalam tulisan ini saya mau share tentang kuliner favorit saya dan suami selama tinggal di Sorowako dan beberapa kali mengunjungi Makassar. Berikut adalah list-nya.

Sorowako

  1. Coto Makassar Daeng Rimang
    Tempat makannya berupa warung tenda di Pasar F. Sudah buka dari pagi dan biasanya sebelum sore sudah habis atau tutup. Kalau malas makan di warungnya, bisa dibungkus juga. Favorit saya disini adalah coto daging (karena saya tidak suka jeroan) yang dimakan dengan ketupat kecil, jeruk nipis, sambal dan juga kerupuk emping. Oh iya, biasanya kuah yang disajikan cenderung tawar jadi kita harus menambahkan garam sesuai selera. Nikmat banget dimakan panas-panas.
  2. Bakso Pak Amat (kalau tidak salah ingat namanya)
    Berlokasi di Pasar F dan berupa warung tenda juga. Bakso disini mengingatkan saya dengan bakso abang-abang di Jawa. Saya lebih sering bungkus daripada makan di tempat, nitip belanja sama pak ojek langganan. Selain disajikan dengan mie, ada pilihan buras juga.
  3. Es Pisang Ijo
    Kuliner khas Sulawesi ini juga favorit saya untuk snack sore. Lokasinya di pasar F dekat dengan Bakso Pak Amat.
  4. Nasi Uduk dan Ayam Bakas Mas Yanto
    Juga berlokasi di pasar F deretan depan. Jualan dari siang. Nasi uduknya enak banget seperti nasi uduk umumnya di Jawa. Ayam bakarnya pakai bumbu kecap. Sambalnya manis dan tidak terlalu pedas. Ini favorit saya untuk makan siang saat weekend.
  5. Warung Seafood Mas Yudi
    Masih berlokasi di pasar F deretan belakang. Dekat warung Mas Yanto. Saya suka banget ikan gorengnya. Disajikan dengan nasi, sambal dan sop bening. Karena warungnya suka banyak lalat, saya lebih sering pesan untuk bungkus.
  6. Mie Ayam Persesos
    Sebetulnya mungkin nama warungnya bukan Persesos tapi karena lokasinya dekat dengan lapangan bola Persesos maka kebanyakan orang menyebutnya Mie Ayam Persesos. Mie ayam-nya khas abang-abang di Jawa hanya saja ada tambahan minyak wijennya sehingga jadi wangi.
  7. Sate Ayam / Sapi Koperasi
    Saya kurang tahu nama asli warungnya apa tapi lokasinya tepat di lapangan koperasi di Sorowako. Buka hanya saat malam hari. Bumbu kacangnya enak menurut saya.
  8. Nasi Padang Teluk Bayur
    Satu-satunya warung nasi padang yang berjaya di Sorowako. Rasanya enak dan khas Padang sekali.
  9. Jalangkote
    Saya lupa nama tokonya. Lokasinya di pinggir jalan tidak jauh dari Pasar Sorowako. Jalangkote adalah sejenis pastel khas Sulawesi. Selain jalangkote juga menjual berbagai kue tradisional / jajanan pasar lainnya. Terima pesanan juga jadi bisa dijadikan menu snack arisan.
  10. Nasi Kuning Pasar Sorowako
    Tidak ada nama warungnya. Warungnya kecil, terletak di pinggir jalan Pasar Sorowako dekat Hotel Transisco. Hanya buka di pagi hari jadi cocok untuk sarapan. Porsinya banyak sekali menurut saya.
  11. Siomay
    Yang jualan ibu-ibu pakai gerobak. Biasa mangkal-nya pinggir jalan dekat pasar Sorowako, tidak jauh dari warung nasi kuning. Untuk rasanya sih memang lebih banyak adonan tepungnya daripada daging ikannya tapi saya suka bumbu kacangnya. Apalagi dimakan dengan kerupuknya. Cukup mengobati rasa kangen makan siomay di kota. Siomay ini hanya jualan pagi hari diatas jam 9.
  12. Mie Hokkian
    Ini kesukaan saya juga. Kalau biasanya di kota mie hokkian pakai daging babi, maka mie hokkian di Sorowako ini adalah versi halalnya. Terletak di Sorowako daerah rumah-rumah penduduk, saya lupa nama jalannya apa. Rasanya enak dan porsinya juga banyak sekali. Selain mie hokkian di kedai ini juga menjual nasi goreng merah khas Makassar.
  13. Bebek goreng DJ
    Lokasinya di seberang bandara Sorowako. Saya sering belinya saat makan malam. Tempat makannya lesehan. Bebek gorengnya tidak alot dan enak rasanya. Disajikan dengan nasi, sop bening dan sambal pedas.
  14. Nasi Goreng Warung DJ
    Warung DJ ini lokasinya berbeda dengan bebek goreng DJ. Lokasi warung DJ ini dekat dengan Masjid Sorowako. Ada berbagai menu di warung ini tapi saya sukanya nasi goreng-nya.
  15. Cafe Toko Baru
    Kalau Toko Baru adalah swalayan yang menjual kebutuhan bahan-bahan makanan maka cafe ini menyajikan makanan western food ala cafe. Salah satu tempat nongkrong di Sorowako karena ruangannya nyaman, ber-AC dan ada meja bilyard-nya. Lokasinya ada di Dormitory PT. Vale Indonesia.
  16. Restoran TAB
    Lokasinya ada di kompleks perumahan karyawan PT. Vale Indonesia. Tipe makanannya buffet, all you can eat. Harganya cukup mahal, beberapa ratus ribu per orang, saya lupa berapa harganya, yang pasti dibawah 200 ribu Rupiah per orang. Menu makanannya ada Asian dan Western. Kadang di hari tertentu mereka ada bikin tema khusus seperti BBQ.
  17. Restoran Hotel Grand Mulia
    Di restoran ini saya dan suami suka pesan menu cakalang dabu-dabu. Enak dan pedasnya mantap! Lokasinya di Hotel Grand Mulia di daerah Sumasang. Dikarenakan restoran hotel, harga makanan disini agak mahal.
  18. Warung Cempaka
    Lokasinya di perumahan Sumasang juga. Menu-nya ala chinese food yang dimasak sesuai pesanan kita. Rasanya enak dan harganya affordable. Kekurangannya hanya tempat makannya suka banyak lalat.
  19. Ayam Goreng Pangkep
    Lokasinya agak keluar dari Sorowako, yaitu di Wawondula. Sekitar setengah jam dari Sorowako. Kedainya ada di dekat pasar. Menu utamanya adalah ayam goreng kampung. Menurut saya rasa ayamnya enak, bumbunya pas dan tidak alot.
  20. Aroma Laut
    Lokasinya dipinggir laut, daerah Lampia. Sekitar 1 jam dari Sorowako. Menu utamanya seafood. Karena lokasinya di pinggir laut dan langsung dapat hasil laut-nya dari nelayan maka kondisi hasil lautnya masih segar. Harga seafood-nya pun tidak terlalu mahal kalau dibanding di kota. Kalau lagi beruntung dan pas ada stok, di kedai ini juga ada menu lobster.

Makassar

  1. Ayam Goreng Sulawesi Ibu Tini
    Nasi uduk dan ayam goreng-nya enak, mirip dengan masakan di Jawa. Sate ayam-nya juga enak. Tiap kali ke Makassar pasti selalu singgah makan disini. Lokasinya ada di jalan Gn. Lompobattang. Tempat makannya nyaman dan ber-AC. Tiap kesini pasti tempat makannya selalu penuh pengunjung.
  2. Coto Gagak
    Coto Makassar yang terletak di jalan Gagak ini buka 24 jam lho. Seperti biasa saya selalu pesan coto daging dengan ketupat. Kuah coto-nya pas tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
  3. Bakso Ati Raja
    Kuah baksonya bening tapi gurih. Dimakan dengan buras. Saya baru kali ini makan bakso tipe begini tapi ternyata enak juga lho. Bikin ketagihan. Buktinya saya beberapa kali mampir makan di tempat ini, hehe. Lokasi ada di jalan Gn. Merapi.
  4. Sop Konro Karebosi
    Awal pertama kesini saya belum punya bayangan tentang konro. Ternyata konro adalah tulangan rusuk / iga sapi. Saat itu saya memesan menu konro bakar dengan bumbu kacang. Ternyata enak juga. Rasanya mirip dengan sate. Lokasinya tidak jauh dari Ayam Goreng Sulawesi Ibu Tini di jalan Gn. Lompobattang.
  5. Pallu Basa Serigala
    Jangan salah paham dulu ya dengan namanya. Pallu basa ini tidak menggunakan daging serigala. Dinamakan demikian karena terletak di jalan Serigala. Hehe. Pallu basa ini semacam sop, mirip dengan coto Makassar, hanya saja kuahnya lebih kental dan kaya rempah. Disajikan dengan telur mentah. Saya sih kurang suka tapi pak suami suka dengan pallu basa ini.
  6. Ikan Bakar Lae-Lae
    Tempat makan ini terletak dekat pantai Losari dan selalu ramai pengunjung. Keunggulannya adalah menggunakan hasil laut yang segar sehingga rasanya gurih. Sekedar informasi ikan bakar khas Makassar biasanya cenderung tawar atau minim bumbu. Yang memberikan rasa adalah sambal-nya ditambah sedikit kecap manis dan perasan jeruk nipis. Beda dengan ikan bakar di Jawa yang banyak bumbu.
  7. Nasi Kuning Riburane
    Nasi kuning ini sedikit banyak mengingatkan saya dengan nasi kuning Samarinda. Porsinya banyak dan lauknya melimpah. Lokasi kedai nasi kuning ini ada di Jalan Riburane, dekat gedung RRI Makasar.

Sebenarnya ada makanan khas di Sorowako yang pada umumnya disukai ibu-ibu disana akan tetapi saya tidak bisa makan karena tidak suka dengan teksturnya, yaitu kapurung. Saya tidak suka karena ada gumpalan sagu yang kenyal-kenyal di sop-nya. Oleh karena itu saya tidak tuliskan tentang kapurung disini.

Apabila para pembaca disini ada yang mau menambahkan, silakan comment ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s