Singapore Trip With Parents (Day 2)

12 Oktober 2017 (Day 2): Merlion Park – Orchard – Sentosa Island

Sesuai itinerary yang saya buat, hari ini jadwal kami berempat baru akan dimulai pk. 10:00. Sengaja agak siang baru jalan dari hotel supaya orang tua bisa cukup istirahat dan menghindari rush hour. Tujuan pertama kami hari ini adalah Merlion Park untuk berfoto dengan patung singa maskot-nya negara Singapura. Kami menggunakan MRT untuk menuju ke Merlion Park. Kami turun di MRT station Raffles Place dan mengambil exit H dilanjutkan berjalan kaki ke Merlion Park sejauh 900 meter dengan waktu tempuh 10 menit-an. Sepanjang perjalanan banyak objek foto yang menarik, beberapa kali kami duduk santai untuk berfoto.

PhotoGrid_1509087938204.jpg
Duduk santai di taman sebelum lanjut jalan ke Merlion Park

Seperti biasa Merlion Park siang itu dipenuhi oleh turis yang hendak berfoto. Tapi karena kami berkunjung saat weekdays, kerumunan turis disana tidak terlalu penuh. Masih ada space untuk berfoto.

PhotoGrid_1509087793710.jpg
Papa, Mama dan Merlion
PhotoGrid_1509088075429.jpg
With Little Sister

Selesai foto-foto dengan Merlion kami melanjutkan perjalanan ke daerah Orchard. Kami memilih menggunakan bus untuk ke Orchard. Bus stop terdekat dari Merlion Park ada di seberang Esplanade. Pembayaran ongkos bus bisa menggunakan ez-link card. Begitu masuk bus di pintu dekat driver bus, kita tinggal tap ez-link card kita dan pas turun di tempat tujuan kita kembali tap di pintu tengah bus.

Kami tiba di area Orchard sekitar pk. 12:00. Karena sudah kelaparan kami memilih untuk makan dulu. Pilihan tempat makan jatuh di Lucky Plaza. Sebenarnya Lucky Plaza ini sebagai tempat belanja kurang asyik karena bangunannya kuno dan bentuk toko-nya mirip seperti ITC Mangga Dua. Belum pula banyaknya review negatif tentang penipuan saat belanja di Lucky Plaza membuat saya malas mampir. Satu-satunya yang membuat saya mau mampir adalah restoran Indonesia “Ayam Penyet Ria” yang ada di lantai 4 Lucky Plaza. Selera kami sekeluarga memang makanan Indonesia yang spicy dan berbumbu rempah. Harga makanan disini sekitar SGD 7,5 – 9, cukup mahal untuk ukuran menu ayam penyet kalau di Indonesia. Makan di restoran ini sedikit banyak mengobati rasa kangen dengan masakan Indonesia. Kami sempat bertemu dengan beberapa orang Indonesia juga yang makan di restoran ini.

Awalnya saya berencana untuk mengunjungi beberapa mall di daerah Orchard, tapi karena waktunya mepet dengan jadwal ke Sentosa Island akhirnya sehabis makan kami langsung menuju MRT station Orchard dan naik kereta menuju Vivo City. Vivo City ini adalah mall yang berada di atas MRT station terdekat dengan Sentosa Island. Untuk menuju Vivo City kita tinggal turun di MRT station Harbourfront dan ambil exit E.

Untuk menuju Sentosa Island dari Vivo City ada beberapa alternatif, yaitu:

  1. Berjalan kaki
    Pertama-tama kita harus menuju Vivo City Lobby F, level 1. Kemudian kita tinggal berjalan mengikuti papan petunjuk yang ada sepanjang Sentosa BoardWalk. Jarak yang akan ditempuh adalah sekitar 1,6 km dengan waktu tempuh 15 – 20 menit. Di Sentosa BoardWalk disediakan travellator untuk alat bantu jalan dan juga atap sehingga kita tidak perlu khawatir kepanasan atau kehujanan. Tapi dengan cuaca Singapura sih kita tetap akan merasa kegerahan karena di Sentosa BoardWalk tidak disediakan AC. Sepanjang perjalanan juga banyak spot foto yang bagus. Harga tiket masuk Sentosa BoardWalk ini adalah SGD 1 per orang tapi sedang ada promo free entry sampai dengan 31 Desember 2017. Opsi ini adalah opsi dengan biaya termurah.
  2. Bus
    Untuk naik bus yang menuju Resort World Sentosa, Bus RWS 8, kita harus berjalan ke bus stop no. 14141 di Vivo City. Untuk rute kembali ke Vivo City dengan bus yang sama kita harus menunggu di bus stop no. 14121 di Merrill Lynch, HarbourFront. Waktu tempuh dari Vivo City ke Resort World Sentosa dengan bus RWS 8 adalah sekitar 14 menit. Biaya tiket masuk Sentosa Island dengan bus adalah SGD 2 per orang tapi sedang ada promo free entry sehingga kita hanya perlu membayar ongkos bus-nya berdasarkan jarak tempuh.
  3. Sentosa Express Monorail
    Untuk mengakses Sentosa Express kita harus menuju Vivo City Lobby L, level 3. Biaya tiket masuk Sentosa Island dengan Sentosa Express adalah SGD 4 per orang. Harga tersebut termasuk unlimited ride dengan Sentosa Express dalam 1 hari. Waktu tempuh dengan Sentosa Express jauh lebih singkat, yaitu hanya sekitar 5 menit saja. Yang perlu diperhatikan disini adalah saat peak hour / peak season, antrian penumpang Sentosa Express biasanya panjang sekali karena Sentosa Express menjadi pilihan favorit para pengunjung Sentosa Island. Sentosa Express memiliki beberapa stasiun yaitu: Sentosa Station (Vivo City), Waterfront Station, Imbiah Station dan Beach Station. Silakan cek tempat tujuan kalian berada dekat stasiun yang mana ya.
  4. Cable Car
    Sampai sekarang saya tidak pernah menggunakan opsi ini karena mahal sekali harganya buat saya. Ada 2 jalur cable car, yaitu:
    – Sentosa Line dengan 3 stasiun pemberhentian: Merlion, Imbiah lookout dan Siloso Point. Harga: SGD 13 per orang (belum termasuk tiket masuk ke Sentosa Island)
    – Mount Faber Line dengan 3 stasiun pemberhentian: Mount Faber, Harbourfront dan Sentosa. Harga: SGD 29 per orang (sudah termasuk tiket masuk ke Sentosa Island).
    Ada paket juga combo Mount Faber + Sentosa Line dengan harga SGD 33 per orang (sudah termasuk tiket masuk ke Sentosa Island).
  5. Taxi / Mobil Pribadi
    Untuk kendaraan pribadi dan taxi yang memasuki Sentosa Island dikenakan biaya masuk sebesar SGD 2-7 per mobil tergantung jam masuknya.

Dari semua opsi diatas saya memilih Sentosa Express Monorail. Untuk Sentosa BoardWalk, saya dan adik saya sendiri sih sudah pernah melaluinya, hanya saja kali ini saya bawa orang tua jadi kalau memilih opsi jalan kaki takutnya mereka sudah kecapekan duluan. Lebih baik tenaga mereka disimpan untuk jalan-jalan di area Sentosa, hehe.

Sebelum naik Sentosa Express, kami menyempatkan diri untuk berbelanja snack, roti dan minuman untuk dibawa ke Sentosa Island. Saat kami tiba di stasiun Sentosa Express, antrian penumpang tidak begitu ramai karena kami berkunjung saat weekdays. Tidak lama menunggu kereta pun datang dan kami segera menaiki kereta.

Tujuan pertama kami adalah S.E.A Aquarium sehingga kami turun di Waterfront Station. Tiket masuk S.E.A Aquarium sudah saya beli jauh hari sebelumnya. Saya beli tiket di tempat langganan saya yang memberikan harga jauh lebih murah dari harga counter. Harga counter untuk Maritime Museum + S.E.A Aquarium adalah SGD 34 sedangkan tempat langganan saya memberikan harga SGD 25 bahkan dapat free kupon makan sebesar SGD 5 (untuk minimum purchase SGD 10). Best deal deh.

PhotoGrid_1509089352590.jpg
S.E.A Aquarium
PhotoGrid_1509089419014.jpg
Foto Keluarga di S.E.A Aquarium

Saat kami datang, Maritime Museum sedang ditutup untuk renovasi jadi kami langsung masuk ke S.E.A Aquarium saja. Waktu saat itu menunjukan pk. 15:30. S.E.A Aquarium menampilkan hewan-hewan biota laut di dalam aquarium besar. Sebenarnya di Jakarta sendiri sudah ada Sea World Ancol dengan konsep yang sama. Hanya saja di S.E.A Aquarium ini tempatnya lebih luas, lebih nyaman dan lebih banyak biota lautnya. Tapi dari segi show yang ditampilkan, menurut saya lebih bagus show di Sea World Ancol karena ada narasi dari pembawa acaranya untuk tujuan edukasi. Setelah berkeliling selama 1,5 jam kami pun keluar dari S.E.A Aquarium dan menuju tempat makan untuk dinner.

Sebelum dinner, saya menukarkan voucher tiket yang saya beli di langganan saya untuk show “Wings Of Time” pk. 19:40. Wings Of Time adalah laser & water show dengan narasi yang berlangsung di Pantai Siloso. Penukaran voucher dengan tiket asli dilakukan di counter ticketing dekat Waterfront Station. Harga tiket show “Wings Of Time” kalau beli di counter langsung adalah SGD 18 tapi di langganan saya hanya SGD 12 per orang. Lumayan berasa hematnya kalau kita harus beli tiket dalam jumlah banyak kan?

Selesai urusan tiket Wings Of Time, kami mampir di toko Watson yang terletak tidak jauh dari counter ticketing tadi. Saya beli air minum di Watson dengan harga yang cukup murah. Lagi ada promo SGD 2,2 dapat 2 botol air mineral ukuran 800 ml. Lumayan murah untuk ukuran harga air mineral di Singapura.

PhotoGrid_1509087768086.jpg
Globe Universal Studio Singapore

Kami dinner di Malaysian Food Street yang ada di dekat globe Universal Studio Singapore. Sekalian berfoto ria di depan globe tentunya mumpung pengunjung tidak begitu ramai. Kalau membawa orang tua sangat tidak disarankan untuk berkunjung ke Universal Studio karena tipe wahana permainan yang ada kebanyakan memacu adrenalin. Takutnya orang tua malah kenapa-kenapa pula karena mencoba wahana permainan disana, hehe.

Malaysian Food Street adalah food court dengan tema makanan khas Malaysia. Harganya berkisar SGD 5-10 dan porsinya banyak. Selesai makan kami nongkrong-nongkrong di food court sambil mengistirahatkan kaki sebelum lanjut jalan lagi ke Pantai Siloso untuk pertunjukan “Wings Of Time” pk. 19:40.

PhotoGrid_1509088005002.jpg
Wings Of Time

Untuk menuju pantai Siloso kami naik Sentosa Express dari Waterfront Station dan kemudian turun di Beach Station. Setibanya di Beach Station, hujan pun turun. Untungnya kami sudah persiapan bawa payung. Pertunjukan Wings Of Time tetap berlangsung walaupun saat itu sedang hujan. Karena tempat acaranya outdoor sangat disarankan untuk persiapan bawa jas hujan atau payung sendiri untuk antisipasi hujan. Di lokasi acara sih ada yang jualan jas hujan tapi saya tidak beli. Pertunjukan Wings Of Time berlangsung selama 25 menit dan pertunjukannya bagus sekali! Tidak percuma bela-belain nonton walaupun sedang hujan. Setelah selesai acara kami langsung naik kereta Sentosa Express yang menuju Vivo City dan pulang ke hotel dengan menggunakan MRT.

Website:

Sentosa Island
http://www.sentosa.com.sg/Plan-Your-Visit/getting-around

S.E.A Aquarium
http://www.rwsentosa.com/Homepage/Attractions/SEAAquarium

Wings Of Time
http://www.wingsoftime.com.sg/

Tempat langganan saya beli tiket wisata murah di Singapura: (Price list lengkap bisa dilihat di bagian notes-nya)
https://www.facebook.com/TiketMurahTempatWisataSingapore/

To Be Continued….

2 pemikiran pada “Singapore Trip With Parents (Day 2)

  1. Suka sekali dengan pembahasan trip-nya, sangat detil dan elderly-oriented. Saya juga ada rencana untuk ajak orangtua jalan2 ke SG-Malaysia akhir tahun ini, jadi terbantu dengan tulisan ini. Terima kasih πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s