Singapore Trip With Parents (Day 1)

Halo semua..! Apa kabar? Maaf baru sempat update blog lagi. Dua minggu yang lalu saya baru saja pulang liburan ke Singapura bersama orang tua dan adik perempuan saya. Akhirnya salah satu wish list saya untuk bisa mengajak orang tua saya jalan-jalan ke luar negeri kesampaian juga. Papa saya sama sekali belum pernah travel ke luar negeri sedangkan Mama saya hanya pernah ke Melaka (Malaysia) sekali, itu pun untuk menemani Nenek saya berobat disana. Jadi bisa dikatakan mereka sama sekali belum pernah merasakan pengalaman liburan ke luar negeri.

Pada liburan keluarga ini saya mengatur semua urusan perjalanan sendiri. Saya sengaja untuk tidak menggunakan jasa tur dari travel agent supaya orang tua saya lebih nyaman dan tidak terikat jadwal acara yang biasanya dibuat mepet oleh pihak penyelenggara tur. Saya mau liburan ini menjadi santai dan tidak tergesa-gesa. Selain itu, saya ingin liburan ini bisa menjadi ajang untuk kami bisa spend time together as family dan hal itu menurut saya susah didapatkan kalau kita ikut paket tur. Sekedar informasi, saya dan orang tua saya tinggal terpisah. Saya di Tangerang dan orang tua saya di Samarinda (Kalimantan Timur).

Ada beberapa alasan saya memilih negara Singapura untuk liburan keluarga ini:

1. Tiket pesawatnya tidak terlalu mahal.
    Untuk rute Jakarta – Singapura PP biasanya harga tiket hanya sekitar 1 juta Rupiah per orang. Bahkan kalau lagi ada promo, harga tiket bisa jadi jauh lebih murah.
  2. Bebas visa
    Untuk pemegang paspor Indonesia kita bisa bebas berkunjung ke Singapura selama maksimum 30 hari per kunjungan tanpa perlu mengurus visa. Tentunya yang dimaksud disini adalah untuk visa kunjungan turis ya. Kalau visa pekerja sih lain lagi urusannya.
  3. Sistem transportasi umumnya nyaman dan teratur
    Dikarenakan biaya transportasi pribadi seperti taxi di Singapura itu mahal maka sebagai turis yang pas-pasan kita terpaksa harus memilih sarana transportasi umum untuk kemana-mana. Nah, di Singapura ini sistem transportasinya sudah rapi sekali. Bus & MRT menjadi pilihan terbaik karena selain harganya relatif murah, armadanya juga nyaman dan cukup friendly untuk orang tua. Selain itu, peta MRT Singapura termasuk sederhana dan gampang dipelajari.
  4. Saya sudah beberapa kali travel ke Singapura.
    Oleh karena itu saya jadi lebih percaya diri untuk menjadi tour guide bagi orang tua saya.

Dalam perjalanan ke Singapura ini saya juga mengajak serta adik perempuan saya dengan pertimbangan ada tambahan tenaga untuk menenteng barang-barang dan juga untuk mengawasi keadaan orang tua. Walaupun orang tua saya masih dalam keadaan sehat dan mampu berjalan dengan baik tapi saya juga harus waspada karena umur orang tua saya sudah tidak muda lagi. Papa berumur 61 tahun dan Mama berumur 56 tahun (Khusus Mama saya ada penyakit diabetes). Selain itu, karena saya travel tanpa pak suami, adik saya ini juga berguna untuk menemani tidur di kamar hotel, hahaha.

11 Oktober 2017 (Day 1): Changi Aiport – Gardens By The Bay – Marina Bay Sands

Kami naik pesawat Jetstar pk. 09:50 WIB dari Soekarno-Hatta Airport Terminal 2D. Saya sengaja memilih flight yang tidak terlalu pagi untuk menghindari macet jam kerja (rush hour) dan supaya orang tua saya cukup istirahat. Karena kami berangkat saat weekdays maka antrian check in / drop baggage dan imigrasi tidak terlalu panjang.

Ada satu kejadian di pesawat yang membuat saya shock, yaitu harga air mineral botol (ukuran 600 ml) di pesawat adalah SGD 4 per botol! Luar biasa mahalnya tapi tidak ada pilihan lain saat itu, ditambah semua orang haus dan Mama saya harus minum obat. Akhirnya saya beli 2 botol air mineral di pesawat. Oya, lebih baik bayar dalam pecahan SGD karena kalau bayar pakai rupiah nilai tukar kursnya jelek banget.

Pesawat kami landing di Changi airport Terminal 1 pk. 12:40 waktu Singapura (waktu Singapura sama dengan WITA). Setelah melewati imigrasi dan mengambil bagasi kami memutuskan untuk lunch terlebih dahulu di terminal 1 sebelum naik MRT ke hotel di kota. Pilihan tempat makan jatuh ke staff canteen “Orchis Food Court” karena harganya terjangkau, tempatnya nyaman dan varian menunya banyak, terutama chinese food dan prasmanan. Walaupun namanya staff canteen, tempat ini juga terbuka untuk public hanya saja harga untuk public lebih mahal sedikit dibanding untuk staff. Untuk menuju ke Orchis Food Court ini cukup mudah. Setelah mengambil bagasi dan keluar dari bagian bea cukai, berjalanlah menuju pintu keluar. Kemudian jalan ke kiri sampai menemukan Burger King. Berjalanlah keluar lewat pintu yang ada di dekat Burger King. Belok kiri dan berjalan sampai mentok dan menemukan tulisan “Orchis Food Court”. Tinggal turun tangga dan kalian sudah masuk ke area food court. Harga makanan disini berkisar SGD 5-7 dan porsinya banyak. Menu ada yang halal dan non halal. Best deal untuk makanan di airport. Sekedar info, untuk mencapai area food court ini kita harus menuruni tangga manual, tidak ada lift / elevator, jadi mungkin akan menyusahkan kalau kalian membawa koper yang berat.

Tinggal turun tangga ke bawah sudah sampai di Orchis Food Court Terminal 1
Menu di salah satu kedai di Orchis Food Court

Selesai lunch kami menuju ke skytrain untuk berpindah gedung terminal dari terminal 1 ke teminal 2 karena MRT yang menuju ke kota terdapat di gedung terminal 2. Untuk menuju MRT station juga tidak susah, kita tinggal mengikuti papan petunjuk yang ada. Begitu sampai di MRT station saya langsung menuju counter untuk membeli ez-link card untuk kedua orang tua saya. Untuk saya dan adik saya menggunakan ez-link card edisi lama yang masih aktif (karena sisa saldo sebelumnya tidak di-refund). Harga ez-link card baru adalah SGD 12 dimana SGD 7 adalah saldo yang bisa kita gunakan dan SGD 5 adalah untuk biaya kartu (non refundable).

Kami tiba di penginapan kami, Tai Hoe Hotel, sekitar pk. 15:30. Tai Hoe Hotel terletak tidak jauh dari MRT station Farrer Park. Harga kamar di hotel ini tidak terlalu mahal (tentunya untuk standar living cost Singapura ya) yaitu sekitar 750 ribu Rupiah per kamar per malam dan nilai tambah lain adalah lokasinya hanya berjarak 350 meter dari MRT station Farrer Park, City Square Mall dan Mustafa Center. Kalau membawa orang tua memang sebaiknya lokasi tempat tinggal tidak begitu jauh dari MRT station atau bus stop supaya mereka tidak terlalu capek berjalan kaki. Selain itu kamar di Tai Hoe Hotel juga cukup luas untuk ditinggali oleh 2 orang dalam 1 kamar dan tentunya ada kamar mandi dalam untuk tiap kamar. Tidak disarankan untuk memilih tempat tinggal dengan kamar mandi sharing apabila ada orang tua karena semakin tua biasanya mereka cenderung lebih sering untuk buang air. Untuk masalah kebersihan dan kerapian kamar, Tai Hoe Hotel ini cukup oke tapi jangan berharap banyak untuk masalah interior bangunan hotel dan kamar karena menurut saya ruangannya agak kuno, hehe. Oiya, saat proses check in saya diminta uang SGD 20 per kamar untuk deposit dan akan dikembalikan saat check out.

Kami berempat beristirahat sejenak di kamar hotel sekitar 1 jam sebelum melanjutkan perjalanan. Sekitar pk. 16:30 kami memulai perjalanan dari hotel menuju Gardens By The Bay dengan menggunakan MRT. Untuk menuju Gardens By The Bay kita tinggal turun di MRT station Bayfront dan ambil exit B. Sebenarnya di Gardens By The Bay ada beberapa objek atraksi seperti Flower Dome, Cloud Forest dan OCBC Skyway (di Supertree Grove), akan tetapi semua atraksi itu adalah atraksi berbayar. Selain itu saat kami kesana, pameran yang tengah berlangsung kurang menarik. Contohnya di Flower Dome berlangsung festival labu dengan suasana Haloween. Menurut saya agak kurang pas saja mengajak orang tua kesana. Ditambah orang tua saya sudah tampak kelelahan untuk berjalan ke arah Flower Dome dan Cloud Forest yang terletak di area belakang (sekitar 1,6 km) yang apabila ditempuh dengan berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 15 menit-an. Oiya, kalau malas jalan jauh, Gardens By The Bay menyediakan shuttle service dengan biaya SGD 3 per orang untuk unlimited ride dalam sehari. Akhirnya kami memutuskan cuma foto-foto di area depan saja, dekat Dragonfly & Kingfisher Lakes. Tentu saja wajib hukumnya untuk mengabadikan foto Marina Bay Sands, sebagai salah satu ikon Singapura, dari tempat ini. Kita harus pintar-pintar mencari angle foto supaya bisa mendapatkan gambar dengan latar belakang Marina Bay Sands yang bagus. Pencahayaan yang paling bagus adalah saat siang hari (tapi panas terik, hehe). Kalau sudah sore seperti saya jadinya ada back light di foto.

Gardens By The Bay
Foto dengan background Marina Bay Sands ini diambil dekat danau di Gardens By The Bay

Selesai foto-foto, kami berjalan kaki dari Gardens By The Bay ke Marina Bay Sands melalui jembatan Lions Bridge. Jembatan ini menghubungkan Gardens By The Bay dan Marina Bay Sands Hotel dan Mall (The Shoppes). Kami tiba di mall pk. 18:00 dan langsung menuju food court untuk dinner. Menu dan harga di food court ini cukup variatif, yaitu berkisar SGD 5-12. Setelah dinner, saya dan adik saya menyempatkan jajan frozen yoghurt di Llaollao yang counter-nya tidak jauh dari lokasi food court. Jajan seperti ini juga dimaksudkan untuk mengurangi jumlah koin receh di dompet, haha.

Pemandangan dari Event Plaza Marina Bay Sands sebelum pertunjukan “Spectra” dimulai
A light & water show “Spectra” at Marina Bay Sands

Selesai jajan kami berjalan ke Event Plaza yang ada di area outdoor di tengah gedung mall untuk menonton pertunjukan “Spectra”. Spectra adalah light & water show yang bisa kita nikmati secara gratis saat berkunjung ke Marina Bay Sands. Ada beberapa jadwal pertunjukan, yaitu pk. 20:00 & 21:00 (Minggu – Kamis) dan 20:00, 21:00, 22:00 (Jumat & Sabtu). Pertunjukan berlangsung selama 15 menit dengan background gedung-gedung bertingkat Singapura. Untuk ukuran pertunjukan gratis menurut saya tampilannya cukup bagus dan patut ditonton. Kami menonton pertunjukan Spectra pk. 20:00 supaya tidak kemalaman balik ke hotel. Setelah pertunjukan selesai, kami berjalan kaki menuju MRT station Bayfront yang terletak di basement mall Marina Bay Sands dan pulang ke hotel.