Rice Cooker / Magic Com

Halo! Maaf baru aktif kembali sekarang. Entah kenapa sekarang kalau mau menulis itu suka banyaaak saja alasan malas-nya, hehe. Padahal topik tulisan yang mau ditulis sudah banyak lho. Sepertinya saya harus mengubah metode menulis saya seperti yang pernah diceritakan oleh salah seorang blogger favorit saya, Alodita. Disitu Alodita bilang kalau dia tiap hari mencatat di sebuah buku jurnal dan kemudian buku jurnal itulah yang akan memandu dia menulis blog di komputer. Hal ini bertujuan supaya ide-ide dadakan yang melintas tidak akan terlupakan begitu saja. Maybe I’ll try that method someday.

Kali ini saya mau membahas tentang salah satu peralatan dapur wajib emak-emak: Rice Cooker / Magic Com (penanak nasi). Tahu kah kalian kalau istilah rice cooker dan magic com itu berbeda? Rice cooker hanya penanak nasi saja, tidak ada fungsi untuk re-heat. Menurut saya sih kurang praktis ya. Soalnya kalau masak nasi pasti dong ada sisanya, tidak mungkin langsung dihabiskan. Sisa nasi yang ada ini kalau dingin kan kurang enak rasanya. Oleh karena itu saya tidak pernah menggunakan rice cooker. Beda dengan magic com yang bisa memasak nasi sekaligus menjaganya tetap hangat.

Memasak nasi dengan rice cooker / magic com sungguh meringankan beban seorang ibu rumah tangga. Saya ingat sekali dulu Mama saya kalau masak nasi harus 2 kali kerja, mengaron beras sampai lembek kemudian dimasukkan ke dandang untuk di kukus. Pekerjaan mengaron beras itu tidak bisa ditinggal kemana-mana karena khawatir gosong. Sungguh tidak praktis walaupun beberapa orang mengatakan bahwa nasi yang dimasak dengan cara tradisional seperti itu jauh lebih enak daripada yang dimasak dengan rice cooker / magic com. Kembali lagi ke selera sih. Kalau buat lidah saya sih sama-sama aja rasanya, hahaha.

Dari awal menikah ketika saya sudah resmi punya dapur sendiri sampai dengan sekarang saya sudah 3 kali berganti magic com:

  1. Magic com Cosmos CRJ 624
    Ini magic com pertama saya yang menemani dapur saya ketika tinggal di Sorowako. Setahun pertama masih oke tapi memasuki tahun ke-2, nasi yang saya masak cepat basi padahal beras yang dipakai kualitasnya bagus dan seperti biasa. Kapasitasnya 2 Liter dan menurut saya agak kebesaran kapasitasnya karena di rumah cuma ada saya dan suami saja. Selain itu saya melihat lapisan anti lengketnya sudah mulai menipis. Dengan alasan-alasan tersebut akhirnya saya berganti magic com baru. Info lebih lanjut mengenai spesifikasi magic com ini bisa cek di website Cosmos: http://www.starcosmosgroup.com/produk3.aspx?c=26#
  2. Magic com Miyako MCM 18 BHB
    Awal memilih magic com ini karena warnanya pink. Setahun pemakaian tidak ada masalah. Masuk tahun ke-2 mulai timbul masalah. Sama seperti masalah magic com sebelumnya yang bikin nasi cepat bau dan basi padahal kualitas berasnya bagus dan seperti biasa. Selain itu tonjolan magic cap-nya ada yang pecah sehingga tidak menempel sempurna lagi di bagian atas magic com. Beberapa goresan juga sudah mulai terlihat di lapisan anti lengketnya. Oleh karena itu saya berpikir untuk berganti magic com baru. Info lebih lanjut mengenai spesifikasi magic com ini bisa cek di website Miyako: http://www.miyako.co.id/product/MCM-18-BH 
  3. Magic com digital Yong Ma MC 1380
    Sudah lelah dengan perjalanan menemukan magic com yang awet dan bagus, saya pun mulai browsing sana-sini tentang merk magic com. Dari hasil penelusuran, banyak yang merekomendasikan magic com Jepang merk Zojirushi dan Tiger tapi terlalu mahal buat saya. Out of budget. Belum rela keluar uang berjuta-juta untuk sebuah penanak nasi saja. Berdasarkan penelusuran di internet, disebutkan bahwa merk Yong Ma (Korea) punya kualitas yang awet dan bagus dengan harga cukup terjangkau. Oleh karena itu kali ini saya memutuskan untuk mencoba magic com merk Yong Ma. Saya memilih magic com digital yang berbeda dengan pilihan magic com sebelumnya karena tampilan yang lebih modern dan punya banyak fitur, yaitu magic com Yong Ma MC 1380.
    Tipe MC 1380 memiliki 2 warna yaitu, merah dan hitam. Tentu saja saya memilih yang merah karena tampilannya lebih cantik menurut saya. Kapasitas magic com ini tidak besar, yaitu hanya 1,3 Liter sehingga cocok dengan porsi keluarga kecil seperti saya. Daya listriknya juga tidak terlalu besar yaitu 400 Watt (daya listrik ini adalah angka maksimum sesaat nasi akan selesai masak). Magic com ini juga menawarkan berbagai fitur memasak berbagai makanan : Bisa masak cook, cepat, bubur, beras merah, soup dan cake. Saya sih belum pernah coba fitur yang aneh-aneh, hanya sebatas cook dan re-heat saja, hehe. Satu hal yang bikin saya senang adalah magic com ini bisa menampilkan angka waktu berapa lama nasi sudah dihangatkan di dalam magic com. Waktu terhitung dari setelah nasi masak / hangat sampai dengan magic com di-off-kan. Konon menyimpan nasi di dalam magic com dengan kondisi dipanaskan terus-terusan selama 12 jam tidak baik untuk kesehatan.

    IMG_20170825_133132
    Magic Com Yong Ma MC 1380

    Saya sudah hampir 1 tahun menggunakan magic com ini dan so far puas sekali dengan hasilnya. Paling terasa beda dengan magic com sebelumnya adalah fitur re-heat-nya. Dalam waktu 13 menit (ada perhitungan waktu mundurnya di display jam-nya) nasi kita sudah panas sempurna. Kalau magic com sebelumnya saya butuh waktu paling tidak 30 menit untuk bisa mendapatkan nasi yang panas sempurna. Mudah-mudahan magic com Yong Ma ini bisa lebih awet daripada para pendahulunya. Info lebih lanjut mengenai spesifikasi magic com ini bisa cek di website Yong Ma: http://yongma.co.id/index.php/product/detail/5/10

Begitulah perjalanan saya mencari rice cooker / magic com yang pas di hati (dan juga kantong tentunya, hehe). Sekedar tips yang saya dapat dari forum tanya jawab Yong Ma tentang bagaimana merawat lapisan anti lengket panci magic com supaya tetap awet. Pertama, saat mencuci gunakan spons yang lembut dan hindari menggosok permukaan dengan kasar. Kalau sisa-sisa nasi masih banyak menempel di panci sebaiknya rendam panci dengan air terlebih dahulu 15 menit, nanti sisa nasi yang lengket itu akan rontok dengan sendirinya dan akan lebih memudahkan pencuciannya. Kedua, jangan mencuci beras menggunakan panci anti lengket bawaan magic com, gunakan tempat terpisah. Pengalaman saya, dulu saya selalu mencuci beras di panci anti lengket bawaan magic com karena malas cuci-cuci lagi tapi ujung-ujungnya lapisan anti lengketnya jadi cepat rontok. Jadi sekarang saya merubah cara mencuci beras saya dengan menggunakan wadah terpisah (saya pakai baskom plastik) kemudian beras yang sudah bersih baru saya tuang ke dalam panci anti lengket magic com dan dimasukkan air sesuai takaran masaknya. Beneran lho lapisan anti lengketnya jadi lebih awet.

Bagaimana dengan teman-teman? Apa magic com favorit kalian saat ini?

2 pemikiran pada “Rice Cooker / Magic Com

    • Masih dong.. YongMa MC 1380 di rumah masih dalam kondisi bagus. Cukup awet. Ga pernah rusak. Tapi, seiring dengan umurnya, panci anti lengketnya mulai ada gores, tapi wajar sih ini. Rencana kalau goresannya udah agak parah, aku mau beli panci anti lengket yang baru aja. Jadi cuma ganti panci, ga keseluruhan magic com.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s