Lady Finger Untuk Layer Tiramisu

Niat untuk bikin tiramisu sebetulnya sudah lama ada, bahan-bahannya pun sudah dibeli, tapi belum ada nyali buatnya, hahaha. Alhasil kepikiran bikin Lady Finger-nya dulu deh untuk layer tiramisunya. Biar kalau sudah ada nyali dalam waktu dekat ini bisa coba bikin. Sebenarnya untuk tiramisu, selain Lady Finger bisa menggunakan Sponge Cake untuk layer-nya. Tapi saya sih merasa lebih original dan autentik kalau tiramisu pakai Lady Finger. Lady Finger ini kalau malas bikin bisa beli jadi di TBK, tapi bentuknya kayak kue lidah kucing gitu. Biasa kalau buat tiramisu cake, Lady Finger yang bentuk seperti itu dipakai untuk pagar sekeliling cake-nya dan disusun di loyang untuk layer tiramisunya. Nah kalau yang mau bikin tiramisu dalam bentuk cup, sepertinya harus berjuang sendiri ya karena harus custom ukuran Lady Finger-nya sesuai dengan ukuran cup-nya. Berikut resep Lady Finger yang saya ambil dari blog Hesti’s Kitchen. Tekstur adonan dengan resep ini cukup kental sehingga bisa di-spuit sesuai selera. Kalau saya sengaja membuat bentuk bundar karena menyesuaikan dengan bentuk cup.

Lady Finger

Bahan:

  • 3 butir kuning telur, kocok lepas.
  • 90 gram tepung terigu protein sedang, ayak.
  • 3 butir putih telur.
  • 75 gram gula pasir halus / gula castor, ayak.
  • 1 sdm tepung maizena, ayak.
  • 50 gram gula halus untuk taburan (kalau saya pakai secukupnya saja).

Cara Membuat:

  1. Kocok putih telur sampai berbusa. Masukkan sedikit demi sedikit gula pasir halus dan maizena sampai habis sambil terus dikocok. Kocok sampai adonan putih telur jadi kaku mengkilat.
  2. Masukkan kuning telur, aduk asal rata secara perlahan.
  3. Tambahkan tepung terigu, aduk balik asal rata. Jangan overmix karena adonan bisa turun kembali.
  4. Masukkan adonan ke dalam piping bag. Spuit sesuai selera diatas loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung / dialasi silpat (lebih baik oles margarinnya agak tebal karena hasil kuenya akan cenderung lengket di loyang). Beri jarak satu sama lain (sekitar 2 cm) karena adonan akan sedikit mengembang.
  5. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 10-15 menit, sampai tepi kue-nya berwarna kecoklatan. Angkat dan dinginkan.

Hasil jadi lady finger ini cukup banyak, bisa untuk 2-3 kali resep tiramisu NCC (1 resep menggunakan 250 keju mascarpone). Lady finger yang tidak langsung digunakan bisa disimpan terlebih dahulu di wadah kedap udara. Tekstur lady finger tidak sama seperti biskuit pada umumnya yang kering dan renyah lho ya. Kalau menurut saya sih lady finger ini teksturnya seperti perpaduan antara cake dan biskuit.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s